Konseling Individual dengan Teknik Aversi untuk Menurunkan Perilaku Agresif pada Siswa Tunagrahita Ringan di SLB
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.15510Kata Kunci:
Konseling Individual, Teknik Aversi, Perilaku Agresif, Tunagrahita, Pendidikan KhususAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi efektivitas konseling individual dengan teknik aversi dalam menurunkan perilaku agresif pada siswa tunagrahita ringan. Perilaku agresif pada siswa tunagrahita ringan dapat menghambat perkembangan emosional dan sosial mereka, serta berdampak negatif terhadap lingkungan sekitar. Penelitian ini menggunakan desain Single Subject Research (SSR) dengan format A-B-A yang terdiri dari tiga fase: baseline awal, intervensi, dan baseline kedua. Subjek penelitian adalah seorang siswa kelas VII di SLBN 1 Gowa yang menunjukkan tingkat agresivitas tinggi. Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan dianalisis menggunakan teknik analisis visual serta statistik deskriptif untuk melihat pola perubahan perilaku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa teknik aversi efektif dalam menurunkan intensitas dan frekuensi perilaku agresif, dengan penurunan signifikan pada fase intervensi. Penurunan ini berlanjut, meskipun lebih lambat, setelah intervensi dihentikan. Kesimpulannya, teknik aversi terbukti efektif dalam mengurangi perilaku agresif pada siswa tunagrahita ringan. Untuk penelitian selanjutnya, disarankan untuk menggunakan sampel yang lebih besar dan memantau perubahan perilaku dalam jangka panjang untuk memastikan keberlanjutan hasil yang dicapai.
Unduhan
Referensi
Alremawi, S., & Arabiyat, A. A. (2022). The Effectiveness of a Behavioral Program in Reducing the Aggressive Behavior of Children with Mild Mental Disabilities at the Mu’tah Center for Special Education. Health Psychology Research, 10(1).
Behrhorst, K. L., Sullivan, T. N., & Sutherland, K. S. (2020). The impact of classroom climate on aggression and victimization in early adolescence. The Journal of Early Adolescence, 40(5), 689–711.
Bertsch, K., Back, S., Flechsenhar, A., Neukel, C., Krauch, M., Spieß, K., Panizza, A., & Herpertz, S. C. (2021). Don’t make me angry: frustration-induced anger and its link to aggression in women with borderline personality disorder. Frontiers in Psychiatry, 12, 695062.
Bravo-Sanzana, M., Bangdiwala, S. I., & Miranda, R. (2022). School violence negative effect on student academic performance: a multilevel analysis. International Journal of Injury Control and Safety Promotion, 29(1), 29–41.
Damoah, B. (2023). Ramifications of violent protest on the environment. International Journal of Environmental, Sustainability, and Social Science, 4(3), 652–663.
Franjić, S. (2022). Aggression is an Emotional Reaction. SAR J Psychiatry Neurosci, 3(2), 15–21.
Gast, D. L. (2007). Single subject research methodology in behavioral sciences. Routledge New York.
Latifah, L. (2023). Mereduksi Perilaku Agresif Siswa Melalui Konseling Behavioral Teknik Aversi. Jurnal Wahana Konseling, 6(1), 23–32.
Masters, J. C., & Burish, T. G. (1987). Behavior therapy: Techniques and empirical findings. Harcourt Brace Jovanovich.
Moroń, M., & Biolik-Moroń, M. (2021). Emotional awareness and relational aggression: The roles of anger and maladaptive anger regulation. Personality and Individual Differences, 173, 110646.
Nasyar, A., & Ahmad, R. (2020). Self-disclosure students reveal problem in individual counseling services. Jurnal Neo Konseling, 2(3).
Nur, E. W. (2022). Project-Based Learning counseling guidance in restoring student learning motivation after Covid-19. International Journal of Applied Guidance and Counseling, 3(2).
Orim, M. A., Orim, S. O., Adeleke, P. O., Essien, E. E., Olayi, J. E., Essien, C. K., Dada, O. A., Ewa, J. A., Eke, V. U., & Igba, I. U. (2022).
Cognitive behavioral therapy as treatment intervention for aggressive behaviors in clients with intellectual disabilities and concomitant mental health conditions. Journal of Education and Health Promotion, 11(1), 395.
Prior, D., Win, S., Hassiotis, A., Hall, I., Martiello, M. A., & Ali, A. K. (2023). Behavioural and cognitive‐behavioural interventions for outwardly directed aggressive behaviour in people with intellectual disabilities. Cochrane Database of Systematic Reviews, 2.
Ratni, R. (2021). Efektifitas Konseling Individual Teknik Aversi Untuk Mengurangi Perilaku Agresif Pada Siswa Di SMA Negeri 2 Lembor Selatan. Universitas PGRI Kanjuruhan Malang.
Rawls, E., & Lamm, C. (2021). The aversion positivity: Mediofrontal cortical potentials reflect parametric aversive prediction errors and drive behavioral modification following negative reinforcement. Cortex, 140, 26–39.
Saliha, E. A. E., Wibowo, M. E., & Awalya, A. (2021). The counseling group of anger management and social skills training techniques to reduce physical aggression behavior. Jurnal Bimbingan Konseling, 10(1), 14–21.
Sidman, M. (1960). Tactics of scientific research. Basic Books.
Skinner, B. F. (1965). Science and human behavior (Issue 92904). Simon and Schuster.
Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hajra Niswati, Abdullah Sinring, Suciani Latif
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.