Lisensi Profesional Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling

Penulis

  • Alifah Charisma Rahmadhani Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nandang Budiman Universitas Pendidikan Indonesia
  • Nadia Aulia Nadhirah Universitas Pendidikan Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.11428

Kata Kunci:

Lisensi Profesional, Praktik Bimbingan dan Konseling

Abstrak

Bimbingan dan konseling merupakan profesi penting dalam mendukung perkembangan peserta didik. Lisensi profesional adalah praktik bimbingan dan konseling memiliki peran penting untuk memastikan kualitas layanan. Tujuan penelitian adalah untuk menjelaskan pentingnya lisensi dalam praktik bimbingan dan konseling dari konselor dan konseli. Metode penelitian adalah Systematical Literature Review (SLR) yang mengumpulkan dan mengevaluasi hasil penelitian. Hasilnya menunjukkan bahwa lisensi adalah tanda kompetensi, kualifikasi dan surat izin konselor, untuk meningkatkan kepercayaan konseli dan melindungi dari praktik yang tidak kompeten. Kesimpulannya, lisensi profesional adalah elemen penting dalam meningkatkan kualitas bimbingan dan konseling dan perlu di dorong lebih lanjut untuk menuju praktik bimbingan dan konseling yang berkualitas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Anniez Rachmawati Musslifah. (2021). Implementasi Pelayanan Bimbingan Konseling Dalam Panduan Kemendikbud 2016. Ahlimedia Press.

Arifatun, S. (2015). Profesionalisasi Pebimbing Rohani Islam Di.

Aslan, A. (2018). Kurikulum Pendidikan Islam di Amerika. Journal of Al-Adzka: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 8(2), 117. https://doi.org/10.18592/aladzkapgmi.v8i2.2361

Astawa, I. M. O. (2016). Profesi Tenaga Bimbingan Dan Konseling Yang Bermartabat. Jurnal Penjaminan Mutu, 1(2), 49. https://doi.org/10.25078/jpm.v1i2.50

Cahyono T. (2022). Implementasi Layanan Bimbingan dan Konseling dalam Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tri Cahyono. Prophetic : Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 5(2), 125–134. http://syekhnurjati.ac.id/jurnal/index.php/prophetic

Evi, T. (2020). Manfaat Bimbingan dan Konseling Bagi Siswa. JURNAL PENDIDIKAN Dan KONSELING, 2, 2–5.

Fakhrozi, M. I., Wahyumiani, N., & Nurkholidah, E. (2023). Peran guru bimbingan dan konseling dalam mengatasi kecanduan bermain game online pada siswa sekolah menengah pertama. 8(1), 130–136.

Firosad, A. M. (2020). Profesi Konselor Berwawasan Islami Dalam Bimbingan dan Konseling. Al-Taujih, 6(1), 10–23.

Harita, A., Laia, B., & Zagoto, S. F. L. (2022). Peranan Guru Bimbingan Konseling dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa SMP Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022. Counseling For All (Jurnal Bimbingan Dan Konseling), 2(1), 40–52.

Ilfana, A., & M, H. K. (2022). Kompetensi Supervisor Dalam Supervisi Guru Bimbingan Konseling (Suatu Tinjauan Studi Pustaka). Jurnal Paedagogy, 9(1), 192. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4534

Illahi, N. (2020). Peranan Guru Profesional Dalam Peningkatan Prestasi Siswa Dan Mutu Pendidikan Di Era Milenial. Jurnal Asy-Syukriyyah, 21(1), 1–20. https://doi.org/10.36769/asy.v21i1.94

Juftiar Mahendra Zainur Putera. (2013). Studi Tentang Pelaksanaan Aplikasi Instrumentasi Bimbingan dan Konseling. Journal Mahasiswa Bimbingan Konseling, 1(1), 110.

Kibtyah, M. (2017). Pendekatan Bimbingan Dan Konseling Bagi Korban Pengguna Narkoba. Jurnal Ilmu Dakwah, 35(1), 52–77. https://doi.org/10.21580/jid.v35.1.1252

Lianawati, A. (2017). Implementasi Keterampilan Konseling dalam Layanan Konseling Individual. Indonesian Counselor Association Journal, 3, 190–195. http://jambore.konselor.org/

Lilis. (2022). Implementasi Konstruktivisme dalam Praktik Layanan Bimbingan dan Konseling. Jurnal Pendidikan Dan Konseling, 4, 1707–1715.

Lusiana, & Suryani, M. (2018). Metode SLR untuk Mengidentifikasi Isu-Isu dalam Software Engineering. SATIN - Sains Dan Teknologi Informasi, 3(1), 1–11. https://doi.org/10.33372/stn.v3i1.347

Putri, A. A., & Juandi, D. (2022). Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Ditinjau dari Self Efficacy: Systematic Literature Review (SLR) di Indonesia. Symmetry: Pasundan Journal of Research in Mathematics Learning and Education, 7(2), 135–147. https://doi.org/10.23969/symmetry.v7i2.6493

Rahardjo, S. dan A. S. K. (2017). Pelaksanaan Kode Etik Profesi Guru Bimbingan dan Konseling SMP/MTS Kabupaten Kudus. Jurnal Konseling Gusjigang, 3(2), 185–196. https://jurnal.umk.ac.id/index.php/gusjigang/article/view/1740/1335

Rika Ariyani. (2008). Kepemimpinan Kelpala Sekolah dalam Pengebangan Profesionalisme Guru. 282.

Riyanti, R. (2019). Peran Guru Bimbingan Dan Konseling Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas Vii Mts Masyariqul Anwar Bandar Lampung Tahun Pelajaran 2018/2019. In Proceedings of the Institution of Mechanical Engineers, Part J: Journal of Engineering Tribology (Vol. 224, Issue 11).

Rofiq, A. A. (2019). Penanggulangan Perilaku Agresif Peserta Didik Menuju Sikap Kompetitif, Berkarakter Dan Berakhlakul Karimah. 9(2), 162–169.

Saiful Akhyar Lubis. (2019). Konseling Islami dan Karakteristrik Konselor Profesional. INTERNATIONAL SEMINAR AND CONFERENCE GUIDANCE AND COUNSELING.

Sari, M. P., & Marjo, H. K. (2022). Studi Literatur Kode Etik Konseling Online. Jurnal Paedagogy, 9(1), 168. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4518

Sari, R. P. (2017). Urgensi kompetensi guru bimbingan dan konseling di sekolah dan prestasi belajar siswa. TERAPUTIK: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 1(1), 41. https://doi.org/10.26539/119

Syafarudi, Ahmad Syarqawi, D. N. A. S. (2019). Dasar-Dasar Bimbingan Dan Konseling Telaah Konsep , Teori Dan Praktik. In Perdana Publishing.

Trijsburg, R. W. (1994). Issues and ethics in the helping professions. In Tijdschrift voor Psychotherapie (Vol. 20, Issue 6). https://doi.org/10.1007/BF03079201

Tubagus, S. (2021). Kajian Teologis Tentang Pastoral Konseling dalam Alkitab. Ra’ah: Journal of Pastoral Counseling, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.52960/r.v1i1.1

Ulfah, U., & Arifudin, O. (2019). Peran Konselor Dalam Mengembangkan Potensi Peserta Didik. Jurnal Tahsinia, 1(1), 92–100. https://doi.org/10.57171/jt.v1i1.45

Wibowo, M., E. (2015). Bimbingan dan Konseling di Sekolah Dasar sebagai Upaya Membangun Peserta Didik Berkarakter. Prosiding Seminar Nasional Dan Call for Papers, 1–28. https://publikasiilmiah.ums.ac.id/bitstream/handle/11617/6022/1_Mungin Eddy Wibowo.pdf?sequence=1&isAllowed=y

Zamroni, E., & Rahardjo, S. (2015). Manajemen Bimbingan Dan Konseling Berbasis Permendikbud Nomor 111 Tahun 2014. Jurnal Konseling Gusjigang, 1(1), 0–11. https://doi.org/10.24176/jkg.v1i1.256

Unduhan

Diterbitkan

01-03-2024

Cara Mengutip

Charisma Rahmadhani, A., Budiman, N., & Nadhirah, N. A. (2024). Lisensi Profesional Dalam Praktik Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 4(1), 7–13. https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.11428