Model Layanan E-Konseling Dengan Media Surat Elektronik Pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Iain Palangka Raya

Isi Artikel Utama

Arini Safitri

Abstrak

Abstrak


Layanan E-Konseling merupakan salah satu alternatif layanan dalam membantu permasalahan klien yaitu dengan memanfaatkan teknologi, seperti melalui media website, surat elektronik (email), telepon, video, dan jejaring-jejaring sosial lainnya. Teknologi sebagai salah satu media yang dapat memudahkan konselor untuk membantu konselee (klien), yaitu dimana klien dapat dengan lebih leluasa dan nyaman untuk menceritakan semua permasalahannya kepada konselor tanpa harus merasa malu atau takut dihakimi dengan permasalahan yang telah dialami klien. Penelitian ini memiliki tujuan sebagai berikut : (1) Untuk mendeskripsikan administrasi dan prosedur dalam proses e-konseling menggunakan media surat elektronik pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam FUAD IAIN Palangka Raya; (2) Untuk mengetahui keberterimaan pengguna dan ahli Model Layanan E-Konseling Menggunakan Media Surat Elektronik pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam FUAD IAIN Palangka Raya. Penelitian ini menghasilkan buku pedoman layanan e-konseling dengan media surat elektronik pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam FUAD IAIN Palangka Raya, serta model layanan yang berdasarkan aspek kegunaan, kelayakan, ketepatan dan kemungkinan dikerjakannya sudah siap digunakan dengan sedikit perbaikan pengembangan model lebih lanjut sesuai dengan komentar, saran dan perbaikan dari ahli dan praktisi.


Kata Kunci: E-Konseling, Surat Elektronik (e-mail)


 


 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Safitri, A. (2021). Model Layanan E-Konseling Dengan Media Surat Elektronik Pada Laboratorium Bimbingan Konseling Islam Fakultas Ushuluddin, Adab Dan Dakwah Iain Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(1), 8-15. Diambil dari https://e-journal.upr.ac.id/index.php/pdhp/article/view/2217
Bagian
Articles

Referensi

Blackburn, H. (2011). Millennials and the adoption of new technologies in libraries through the diffusion of innovations process. Library Hi Tech. https://doi.org/10.1108/07378831111189769

Deal, J. J., Altman, D. G., & Rogelberg, S. G. (2010). Millennials at work: What we know and what we need to do (if anything). Journal of Business and Psychology. https://doi.org/10.1007/s10869-010-9177-2

Murphy, L. J., & Mitchell, D. L. (1998). When writing helps to heal: E-mail as therapy. British Journal of Guidance and Counselling. https://doi.org/10.1080/03069889808253835

Pedhu, Y. (2014). Model Konseptual Cybercounseling Berbasis E-Mail. Jurnal Psiko Edukasi.

Stufflebeam, D. L. (1994). Empowerment Evaluation, Objectivist Evaluation, and Evaluation Standards: Where the Future of Evaluation Should Not Go and Where It Needs to Go. American Journal of Evaluation. https://doi.org/10.1177/109821409401500313

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.