Peningkatan Kepercayaan Diri dan Pengurangan Kecemasan Masa Depan melalui Konseling Eksistensial: Studi Kasus Kualitatif pada Mahasiswa
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v6i2.18801Kata Kunci:
konseling eksistensial, kepercayaan diri, kecemasan masa depan, studi kasus, autentisitasAbstrak
Kepercayaan diri merupakan aspek penting dalam kesejahteraan psikologis, namun sering terganggu oleh ketakutan akan masa depan, terutama pada mahasiswa yang sedang membentuk identitas diri. Penelitian ini bertujuan mengeksplorasi efektivitas konseling eksistensial dalam meningkatkan kepercayaan diri dan mengurangi kecemasan masa depan pada mahasiswa yang mengalami krisis identitas akibat tekanan akademik, sosial, dan intrafamilial. Penelitian menggunakan desain studi kasus kualitatif dengan satu partisipan yang dipilih secara purposif. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam, observasi, dan dokumentasi proses konseling, kemudian dianalisis menggunakan teknik analisis isi untuk mengidentifikasi tema terkait perubahan perilaku, regulasi emosi, dan keberanian bertindak autentik. Hasil menunjukkan tiga temuan utama: (1) rendahnya kepercayaan diri dipicu perbandingan sosial negatif, khususnya intrafamilial, dan ekspektasi orang tua yang tinggi; (2) konseling eksistensial membantu mengendalikan pikiran negatif, memperkuat kesadaran nilai personal, serta meningkatkan regulasi emosi; (3) konseli menjadi lebih berani mengambil keputusan sesuai nilai pribadi dan menolak tekanan eksternal. Penelitian ini menyoroti perbandingan intrafamilial sebagai faktor jarang dibahas dalam literatur serta menunjukkan efektivitas intervensi hanya dalam lima sesi. Kesimpulannya, konseling eksistensial efektif membantu mahasiswa menghadapi ketidakpastian hidup dengan sikap optimis, autentik, dan percaya diri. Secara praktis, pendekatan ini direkomendasikan untuk mahasiswa yang mengalami krisis kepercayaan diri akibat tekanan akademik dan sosial-budaya.
Referensi
Anahdiah, S., Mustofa, M. L., & Habib, Z. (2025). Kebahagiaan Era Kontemporer Perspektif Eksistensialisme Jean Paul Sartre dan Logoterapi Viktor E. Frankl: Contemporary Happiness Perspective of Jean Paul Sartre’s Existentialism and Viktor E. Frankl’s Logotherapy. Jurnal Filsafat Indonesia, 8(2), 291–301.
Anggoro, L. S., Christiana, E. H., & Nathania, E. I. D. (2024). Efektivitas logoterapi untuk menurunkan tingkat depresi dan meningkatkan kebermaknaan hidup. Jurnal Integrasi Riset Psikologi, 2(2), 24–35.
Anggraini, E. S., Purba, G. V. S., Lingga, I. B., & Buulolo, S. H. (2025). Hilangnya Rasa Percaya Diri Anak Dalam Proses Pembelajaran Seringkali Disebabkan Oleh Kurangnya Komunikasi Efektif Antara Guru Dan Siswa. Socius: Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 2(12).
Corey, G. (2023). Theory and practice of counseling and psychotherapy. Cengage.
Damayanti, D., Tirtasari, N. A., Saraswati, A. R., Shakila, D. N., Santiko, P. W., Efendi, M. Y., Nuryono, W., & Ratnasari, D. (2025). Implementasi Konseling Eksistensial Humanistik untuk Menurunkan Kecemasan Kematian pada Mahasiswa. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 5(2), 10–17.
Fahrezi, F., Kurnianingsih, N., Aisyah, A. N., & Budiyono, A. (2024). Integrasi Konseling Berbasis Logoterapi dalam Meningkatkan Ketahanan Hidup Mahasiswa Bimbingan Konseling Islam (BKI) UIN Purwokerto dengan Keterbatasan Sumber Daya Ekonomi. Advice: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 6(2), 66–74.
Fayyaza, A. R., Al-Jannah, H. H., Chairina, N. A., Alyannisa, N. S., Amalia, S. F., & Damayanti, W. (2025). Analisis Faktor Akademis yang Memengaruhi Tingkat Kesejahteraan Psikologis Mahasiswa. Jurnal Psikologi, 2(4), 11.
Feriyansyah, F., & Supartiningsih, S. (2024). Isu-isu Kontemporer Filsafat Sosial dalam Perpektif Aliran Eksistensialis: Contemporary Issues in Social Philosophy from an Existentialist Perspective. Jurnal Filsafat Indonesia, 7(1), 24–33.
Heriyanto, H., & Nurislaminingsih, R. (2025). From Code to Theme: Coding Technique for Qualitative Researchers. Anuva: Jurnal Kajian Budaya, Perpustakaan, Dan Informasi, 9(2).
Idati, A. L. A. (2024). Pendekatan Eksistensial Humanistik Dalam Konseling Islam. CONS-IEDU, 4(1), 156–167.
Judijanto, L., Wibowo, G. A., Karimuddin, K., Samsuddin, H., Patahuddin, A., Anggraeni, A. F., Raharjo, R., & Simorangkir, F. M. A. (2024). Research design: Pendekatan kualitatif dan kuantitatif. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Juita, F., Effendi, M., & Maryam, S. (2025). Buku ajar mata kuliah metode penelitian kualitatif: Penelitian kualitatif untuk menilik berbagai fenomena sosial. Penerbit NEM.
Kharisma, I. P., & Safitri, G. (2023). Efikasi Diri Dan Kestabilan Emosi Pada Prestasi Belajar. Educational Leadership: Jurnal Manajemen Pendidikan, 3(1), 28–39.
Mariah, W. (2024). Analisa Keyakinan Diri Pada Pengambilan Keputusan: Untuk Bergabung Dengan Jama’ah Tabligh Di Desa Tanjung Seumantoh. ALMUSTOFA: Journal of Islamic Studies and Research, 1(01), 47–60.
Masyitoh, A., & Safmi, C. A. (2024). Peran Guru dalam Membangun Kepercayaan Diri Siswa melalui Pembelajaran Aktif di Kelas Dasar. Journal Educational Research and Development| E-ISSN: 3063-9158, 1(2), 89–95.
Muktamar, A. (2025). Psikologi Kepemimpinan. Dira Media Kreasindo.
Ratih, R., Dermawan, N. S., & Setiaji, A. (2025). Pengaruh Media Sosial Terhadap Kesehatan Mental Dan Identitas Diri Generasi Z. Jurnal Edukasi Dan Literasi Pendidikan, 6(3).
Rohmah, N. R., & Mahrus, M. (2024). Mengidentifikasi Faktor-faktor Penyebab Stres Akademik pada Mahasiswa dan Strategi Pengelolaannya. JIEM: Journal Of Islamic Education and Management, 5(1), 36–43.
Rumina, R. (2024). Otentisitas Penelitian Pendidikan Dalam Meningkatkan Validitas Data. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi: Edunomi, 1(02), 114–120.
Sabilla, S. N. (2021). Mindful Parenting pada Orangtua dengan Anak Gangguan Pemusatan Perhatian dan Hiperaktivitas (GPPH): Tinjauan Sistematis. Psikologika: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian Psikologi, 26(1), 195–216.
Sitinjak, S., Kumala, S. A., Simamora, R. M. P., & Halomoan, H. S. (2024). Mengatasi Kecemasan dan Rasa Takut dalam Public Speaking: Pelatihan Public Speaking pada Siswa SMK Karmel Tangerang. Abdi Dharma, 4(2), 209–220.
Sulhan, N. A. A. (2024). Periodisasi Perkembangan Anak Pada Masa Remaja: Tinjauan Psikologi. Behavior, 1(1), 9–36.
Swari, N. K. E. P., & Tobing, D. H. (2024). Dampak perbandingan sosial pada pengguna media sosial: sebuah kajian literatur. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 10(7), 853–863.
Syahrul, M., Setiawati, N., & Ag, M. (2020). Konseling (Teori dan aplikasinya). Penerbit Aksara Timur.
Wijaya, A. D. (2024). Dampak rendahnya self efficacy pada mahasiswa tingkat akhir: Sebuah studi literatur. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 4(2), 115–126.
Winarso, W. (2024). Model konseling ekspresif Islam untuk kesehatan mental holistik. PT. Literasi Nusantara Abadi Grup.
Zahrah, D. I., Zalukhu, M. W., Zahratunnisa, N., & Kurnia, I. R. (2024). Pentingnya Membangun Hubungan Antar Kualitas Pribadi Konselor Dan Kualitas Pribadi Konseling. Realisasi: Ilmu Pendidikan, Seni Rupa Dan Desain, 1(3), 121–128.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Wiryo Nuryono, Devi Ratnasari, Dhiya Khofifah, Talitha Hasnabila F

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.