HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DAN KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA DI YOGYAKARTA

Penulis

  • Mitta Kurnisari Universitas Negeri Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.12345/pandohop.v1i2.3432

Kata Kunci:

kesepian; kontrol diri; game online

Abstrak

Di era yang serba online seperti saat ini, banyak hal dapat dilakukan secara online, salah satunya bermain game online. Kesepian menjadi salah satu alasan seseorang memilih bermain game online untuk mengisi waktu. Kemudahan dalam mengakses semakin mendukung game online memikat banyak kalangan, tak terkecuali siswa. Namun sayangnya kebebasan akses tersebut bisa menjadi sebuah masalah jika siswa tidak memiliki kontrol diri yang baik. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kesepian dan kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada siswa. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian korelasional. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan positif dan signifikan antara kesepian dengan intensitas bermain game online siswa.  Sehingga dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kesepian individu maka semakin tinggi pula intensitas bermain game onlinenya. Hasil penelitian juga menunjukkan adanya hubungan negatif yang signifikan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online siswa. Artinya, semakin rendah kontrol diri yang dimiliki siswa maka semakin tinggi intensitas bermain game onlinenya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Atmoko, H. D. (2020). Hubungan Antara Dukungan Sosial Dengan Kesepian Pada Anggota Persit Kartika Chandra Kirana Yang Ditinggal Tugas Suami. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Budhi, F. H., & Indrawati, E. S. (2017). Hubungan antara kontrol diri dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa pemain game online di game center X Semarang. Jurnal Empati, 5(3), 478–481.

Fitri, E., Erwinda, L., & Ifdil, I. (2018). Konsep Adiksi Game Online dan Dampaknya terhadap Masalah Mental Emosional Remaja serta Peran Bimbingan dan Konseling. Jurnal Konseling Dan Pendidikan, 6(3), 211–219.

Intani, C. P., & Ifdil, I. (2018). Hubungan kontrol diri dengan prestasi belajar siswa. Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 4(2), 65–70.

Karnadi, H., Zuhdiyah, Z., & Yudiani, E. (2019). Hubungan Antara Kontrol Diri dengan Kecanduan Internet pada Siswa Kelas XI SMA Negeri 16 Palembang. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial Dan Sains, 8(2), 161–170.

Khairunnisa, A. (2013). Hubungan religiusitas dan kontrol diri dengan perilaku seksual pranikah remaja di MAN 1 Samarinda. Psikoborneo: Jurnal Ilmiah Psikologi, 1(3).

Kurniawati, Y. (2010). Hubungan bermain game online terhadap perilaku agresif remaja. PRODI PSIKOLOGI UNIKA SOEGIJAPRANATA.

Latif Iskandar, I. (2013). Membangun game shooter-adventure Teh Legend of Cursed Amulet berbasis desktop. Universitas Komputer Indonesia.

Lebho, M. A., Lerik, M. D. C., Wijaya, R. P. C., & Littik, S. K. A. (2020). Perilaku Kecanduan Game Online Ditinjau dari Kesepian dan Kebutuhan Berafiliasi pada Remaja. Journal of Health and Behavioral Science, 2(3), 202–212.

Lesteri, T. S. (2015). Perubahan perilaku pacaran remaja sekolah menengah pertama negeri 2 Sendawar di Kutai Barat. Mahasiswa Program S1 Sosiatri-Sosiologi, Fakultas Ilmu Sosial Dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.

Pamukti, R. (2013). Kesulitan Mahasiswa Dalam Mengerjakan Soal Ujian Semester Akuntansi Manajemen Ditinjau Dari Aspek Kognitif Dan Motivasi Belajar Mahasiswa Program Studi Pendidikan Akuntansi FKIP UMS Angkatan 2010/2011. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Prabowo, O. (n.d.). PENERIMAAN TEMAN SEBAYA, KESEPIAN, DAN KECANDUAN BERMAIN GIM DARING PADA REMAJA.

Prabowo, O., & Juneman, J. (2012). Penerimaan Teman Sebaya, Kesepian, dan Kecanduan Bermain Gim Daring pada Remaja di Jakarta. MIMBAR: Jurnal Sosial Dan Pembangunan, 28(1), 9–18.

PRASETYANINGRUM, M. A. Y. U. S. (2012). Kebutuhan Remaja Usia SMA di SMA Stella Duce 2 dan SMA Taman Madya Jetis Yogyakarta dalam Mengakses Situs-situs Internet. UAJY.

Puspita Dewi, N. (2014). Hubungan Antara Intensitas Bermain Game Online Dengan Interaksi Sosial Pada Remaja. Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Retnowati, Y. (2015). Love Scammer: Komodifikasi Cinta Dan Kesepian Di Dunia Maya. KOMUNIKOLOGI: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 12(2).

Rochmah, S. (2011). pengaruh komunikasi interpersonal dan loneliness terhadap adiksi games online.

Sembiring, F. R. N. (2017). Hubungan antara kompetensi sosial dengan kecanduan game online pada remaja. Universitas Mercu Buana Yogyakarta.

Shatuti, P. (2012). Hubungan konformitas dengan intensitas bermain game online pada mahasiswa. Prodi Psikologi Unika Soegijapranata.

Syaibani, R., Darmayanti, N., & Hasanuddin, H. (2019). Hubungan Antara Dukungan Teman Sebaya Dan Kontrol Diri Dengan Kenakalan Remaja Sma Swasta Dharmawangsa. PROCEEDING: THE DREAM OF MILLENIAL GENERATION TO GROW, 2(1).

Wicaksono, K. S., & NRH, F. (2019). HUBUNGAN ANTARA HARGA DIRI DENGAN FEAR OF MISSING OUT PADA MAHASISWA TAHUN PERTAMA FAKULTAS PSIKOLOGI UNIVERSITAS DIPONEGORO. UNDIP.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-17 — Diperbaharui pada 2021-10-20

Versi

Cara Mengutip

Kurnisari, M. (2021). HUBUNGAN ANTARA KESEPIAN DAN KONTROL DIRI DENGAN INTENSITAS BERMAIN GAME ONLINE PADA SISWA DI YOGYAKARTA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 20–27. https://doi.org/10.12345/pandohop.v1i2.3432 (Original work published 17 Oktober 2021)