HUBUNGAN ANTARA MOTIVASI BELAJAR SISWA DENGAN HASIL BELAJAR SISWA
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i2.5125Kata Kunci:
Motivasi belajar, hasil belajarAbstrak
Motivasi belajar merupakan hal yang dibutuhkan untuk mengembangkan potensi diri secara optimal dan mampu melakukan yang lebih baik,berprestasi, dan kreatif. Oleh karena itu motivasi belajar pada siswa sangat penting untuk membangkitkan semangat pada diri siswa dalam belajar untuk mencapai kesuksesan. Hasil belajar merupakan sebuah pencapaian atau prestasi yang didapat oleh siswa disertai dengan suatu perubahan tingkah laku dalam kegiatan pembelajaran. Hasil belajar dapat berupa kemampuan pengetahuan, keterampilan, sikap dan perilaku setelah belajar. Tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Kristen Palangka Raya Tahun 2021/2022. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kuantitatif dengan metode kuantitatif korelaisonal atau hubungan. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dan XI dengan Anggota sampel diambil sebanyak populasi dalam penelitian ini yaitu 73 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu, angket, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini menggunakan korelasi product moment. Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa sebanyak 12 siswa atau 16,43% motivasi belajarnya cukup, 46 siswa motivasi belajarnya cukup, dan 15 siswa hasil belajarnya kurang. Adanya hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar dibuktikan dengan diperolehnya rxy sebesar 0,343 yang berada pada kategori rendah. Kemudian dilakukan uji t dan diperoleh harga thitung > tabel = 3,076 > 2,000, sehingga H0 ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa “Terdapat hubungan antara motivasi belajar dengan hasil belajar siswa SMA Kristen Palangka Raya Tahun 2021/2022”.
Unduhan
Referensi
Bastari, E. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran IPS Kelas IV SD Negeri 1 Sukabumi Indah Bandar Lampung Tahun 2018/2019. Jurnal Pendidikan, 1–174. http://repository.radenintan.ac.id/5912/1/SKRIPSI ELVINA BASTARI.pdf
Fuadi , Totok Agus Suryanto, M. S. (2021). Memahami Bimbingan dan Konseling Belajar : Teori dan Aplikasi Dasar-Dasar Bimbingan dan Konseling Belajar. In Andre (Ed.), E-Book (p. 185). Penerbit Adab. https://www.google.co.id/books/edition/Memahami_Bimbingan_dan_Konseling_Belajar/kVYsEAAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=bimbingan+dan+konseling&printsec=frontcover
Juleha, K. A. (2019). “ Hubungan Antara Motivasi Belajar Siswa Dengan Cara Belajar Yang Efektif Kelas Xi SMA Isen Mulang Palangka Raya.” Gastronomía Ecuatoriana y Turismo Local., 1(69), 5–24.
Lestari, E. T. (2020). Cara Praktis Meningkatkan Motivasi Siswa Sekolah Dasar ( avinda yuda Wati (ed.)). Deepublish. https://www.google.co.id/books/edition/Cara_Praktis_Meningkatkan_Motivasi_Siswa/5mL2DwAAQBAJ?hl=en&gbpv=1&dq=motivasi+belajar+siswa&printsec=frontcover,
Oktavia, D. S. A. (2020). Motivasi belajar dalam perkembangan remaja (H. & Titis (ed.)). Deepublish publisher.
Putu Budiarawan, I. (2019). Hubungan Motivasi Belajar dengan Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Kimia. Jurnal Pendidikan Kimia Indonesia, 3(2), 103–111.
Rahayu, P. (2017). Pengaruh Karakteristik Individu Dan Lingkungan Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Angkasa Pura Di Bandar Udara Yogyakarta Internasional Airport. 35–43.
Sugiyono, P. D. (2017). Metode Penelitian (kuantitatif, kualitatif dan R&D) (P. D. Sugiyono (ed.)). ALFABETA.
Sugiyono, P. D. (2019). Statistika untuk penelitian. ALFABETA.
Sumartini, Harahap, K. S., & Sthevany. (2020). Kajian Pengendalian Mutu Produk Tuna Loin Precooked Frozen Di Perusahaan Pembekuan Tuna X. Aurelia Journal, 2(1), 29–38.
Wahyudi. (2016). Pengertian Definisi Oprasional. 4(1), 1–23.
Yuliany, N. (2018). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Siswa SDN Emmy Saelan Makassar. AULADUNA: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 5(2), 126. https://doi.org/10.24252/auladuna.v5i2a1.2018
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Eka Kristin
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.