PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DIMASA PANDEMI

Penulis

  • Ida Ayu Putu Sri Andini SMP Kesatuan Bogor

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4373

Kata Kunci:

PBL, pemahaman, manajemen waktu

Abstrak

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menggambarkan pemahaman, aktivitas siswa kelas VIII SMP Kesatuan Bogor dalam mengikuti layanan bimbingan klasikal pada jam pelajaran Bombingan Konseling dengan model pembelajaran PBL. Penelitian ini merupakan penelitan tindakan kelas yang dilakukan dalam 1 siklus yang terdiri dari 1 kali pertemuan. Penelitian ini dilakukan dikelas 8 SMP Kesatuan Bogor. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, interview dan angket sedangkan analisis data menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Teknik observasi digunakan dilakukan guna mengetahui aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran dan angket digunakan untuk meggambarkan pemahaman belajar siswa selama mengikuti pembelajaran dengan model PBL. Adapun hasil penelitian ini menunjukan adannya peningkatan dalam pemahaman belajar peserta didik dan aktivitas belajar dari kondisi awal. Peningkatan tersebut menunjukan keberhasilan peneraan model pembelajaran PBL, dengan demikian dapat disimpulkan bahwa peningkatan pemahaman siswa terhadap manajemen waktu belajar di masa pandemi melalui model pembelajaran PBL telah berhasil dilakukan. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Hidayanto, D. N. (2021). Manajemen Waktu: Filosofi–Teori-Implementasi. Indonesia: Pt Rajagrafindo Persada.

Makbul, M. (2021). Metode Pengumpulan Data Dan Instrumen Penelitian.

Rodiah, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematis Siswa Kelas Ix Mts Pada Materi Sistem Persamaan Linear Dua Variabel Berdasarkan Gender. Jurnal Kajian Pembelajaran Matematika, 3(1), 1–8.

Septa, E. E., Yuningsih, C. R., & Sadono, S. (2021). Analisis Kreativitas Anak Berkebutuhan Khusus Selama Masa Pandemi Covid-19 Di Primagama Homeschooling Tahun 2020, Kota Jakarta Timur. Eproceedings Of Art & Design, 8(2).

Setiyoningsih, T. (2017). Pengelolaan Pembelajaran Ipa Berbasis Lingkungan Di Smpn 1 Gabus-Grobogan. Manajemen Pendidikan, 12(1), 1–9.

Widodo, H., Sari, D. P., Wanhar, F. A., & Julianto, J. (2021). Pengaruh Pemberian Layanan Bimbingan Dan Konseling Terhadap Komunikasi Interpersonal Siswa Smk. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(4), 2168–2175.

Yolantia, C., Artika, W., Nurmaliah, C., Rahmatan, H., & Muhibbuddin, M. (2021). Penerapan Modul Problem Based Learning Terhadap Self Efficacy Dan Hasil Belajar Peserta Didik. Jurnal Pendidikan Sains Indonesia, 9(4), 627–637.

Unduhan

Diterbitkan

31-03-2022

Cara Mengutip

Putu Sri Andini, I. A. (2022). PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PBL UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN SISWA TERHADAP MANAJEMEN WAKTU BELAJAR DIMASA PANDEMI. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 2(1), 23–37. https://doi.org/10.37304/pandohop.v2i1.4373