MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN BK DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO TIKTOK DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA

Penulis

  • zikraiyah zikraiyah SMK Negeri 4 Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.12345/pandohop.v1i2.3431

Kata Kunci:

Layanan Informasi; Whats App Group; Tiktok; Pemahaman Peserta didik

Abstrak

Layanan Bk di sekolah bertujuan untuk menyiapkan peserta didik secara psikologis untuk secara optimal dapat menerima pembelajaran di sekolah. Fenomena yang terjadi di SMKN 4 Palangka Raya banyak peserta didik yang memiliki pemahaman yang negatif terhadap layanan BK di sekolah yang menyebabkan peserta didik enggan untuk memanfaatkan layanan BK. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan pemahaman peserta didik terhadap layanan Bk di sekolah. Metode yang digunakan adalah metode kualitatif dengan pendekatan penelitian tindakan bimbingan dan konseling (PTBK). Langkah-langkah penelitian dilakukan dengan siklus yang tiap siklusnya meliputi langkah perencanaan, tindakan, pengamatan dan refleksi. Teknik Pengumpulan datanya menggunakan wawancara, observasi dan angket. Hasil dari penelitian ini dengan 2 siklus di dapatkan hasil terdapat peningkatan pemahaman dari persentase angket sebesar 37%. Sebelum dilakukan penelitian tingkat pemahaman peserta didik berada pada 52%. Setelah diberikan intervensi dengan layanan informasi dengan mengggunakan video tiktok, terdapat peningkatan sebesar 89%. Selain dengan angket, melalui observasi terlihat peserta didik aktif dan antusias dalam mengikuti kegiatan layanan informasi dengan video tiktok. Berdasarkan paparan tersebut, peneliti menyimpulkan bahwa layanan informasi dengan menggunakan video tiktok berhasil meningkatkan pemahaman peserta didik di SMK Negeri 4 Palangka Raya. Peneliti berharap peneliti selanjutnya dapat menjadikan referensi dan mengembangkan penggunaan video tiktok khususnya dalam meningkatkan pemahaman peserta didik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aji, W. N., & Setiyadi, D. B. P. (2020). Aplikasi Tik Tok Sebagai Media Pembelajaran Keterampilan Bersastra. Metafora: Jurnal Pembelajaran Bahasa Dan Sastra, 6(2), 147–157.

Anisa, N. (2017). Related Papers. Over The Rim, 191–199. https://doi.org/10.2307/j.ctt46nrzt.12

Apriatama, D. (2018). Faktor-Faktor Yang Menghambat Siswa Dalam Memanfaatkan Layanan Informasi Karir Di SMP Negeri 6 Palangkaraya. Juenal Bimbingan Dan Konseling Indonesia, 3(2), 43–48.

Apriyani, D., Bhakti, C. P., & Bandono, B. (2020). UPAYA PENINGKATKAN MANAJEMEN EMOSI MELALUI BIMBINGAN KLASIKAL DENGAN TEKNIK SOSIODRAMA PADA SISWA KELAS X TKR SMK MUHAMMADIYAH 6 KARANGANYAR TAHUN 2020/2021.

GTK, D. (2021). GTK Kemdikbud | Kebijakan Kemendikbud di Masa Pandemi. https://gtk.kemdikbud.go.id/read-news/kebijakan-kemendikbud-di-masa-pandemi

Hutamy, E. T., Swartika, F., Alisyahbana, A. N. Q. A., Arisah, N., & Hasan, M. (2021). PERSEPSI PESERTA DIDIK TERHADAP PEMANFAATAN TIK TOK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN. Prosiding Penelitian Pendidikan Dan Pengabdian 2021, 1(1), 1270–1281.

Kemendikbud. (2016). PANDUAN OPERASIONAL PENYELENGGARAAN BIMBINGAN DAN KONSELING.

Kurniawati, R. D. (2018). PENGARUH PENGEMBANGAN PROGRAM LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK MELALUI MEDIA BK BERBASIS WHATSAPP SEBAGAI TINDAKAN PREVENTIF TERHADAP KENAKALAN REMAJA (Penelitian pada Siswa Kelas IX SMP Negeri 13 Kota Magelang). Skripsi, Universitas Muhammadiyah Magelang.

Nurihsan, A. J. (2016). Bimbingan dan Konseling: dalam berbagai latar kehidupan. Refika Aditama.

Rahmawati, F., & Handoyo, A. W. (2020). Peningkatan Pemahaman Peserta Didik Terhadap Layanan Dan Peran Bimbingan Dan Konseling. Jurnal Penelitian Bimbingan Dan Konseling, 5(2), 53–58.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Unduhan

Diterbitkan

2021-10-17

Cara Mengutip

zikraiyah, zikraiyah. (2021). MENINGKATKAN PEMAHAMAN PESERTA DIDIK TERHADAP LAYANAN BK DENGAN MENGGUNAKAN VIDEO TIKTOK DI SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 1(2), 1–9. https://doi.org/10.12345/pandohop.v1i2.3431