Bimbingan Kelompok Mengunakan Teknik Cinematherapy Untuk Meningkatkan Pemahaman Kepercayaan Diri Peserta Didik
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v4i1.15476Kata Kunci:
Layanan bimbingan kelompok, teknik cinematherapy, pemahaman kepercayaan diriAbstrak
Kepercayaan diri adalah keyakinan yang dimiliki setiap individu terhadap dirinya sendiri atas segala hal yang mereka lakukan. Permasalahan yang dialami oleh perserta didik adalah rendahnya kepercayaan diri terkait dengan keyakinan akan kemampuan dalam diri sendiri, optimis, objektif, bertanggung jawab, rasional, berani dan mampu menyesuaikan diri. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat efektifitas layanan bimbingan kelompok menggunakan teknik Cinematherapy untuk meningkatkan pemahaman kepercayaan diri pada peserta didik dikelas XI MIPA 6 SMAN 2 Palangka Raya yang masih rendahnya pemahaman peserta didik terkait kepercayaan diri. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen dengan desin one group pretest- posttest desain. Jumlah populasi dalam penelitian 50 peserta didik dan sampel berjumlah 6 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket, wawancara, observasi, dokumentasi, buku, artikel, jurnal. Penghitungan data terdistrubusi normal, menggunakan statistic parametrik Kolmogrov-Smirnov dan perhitungan uji-t menggunakan uji paired sampel t test dengan batuan (Program SPSS Versi 25). Analisis data menggunakan Uji normalitas dan Uji-t. dengan kriteria pengujian hipotesis negatif, nilai t-tabel yaitu 22,345 kurang dari 2,015. Dapat disimpulkan bahwa bimbingan kelompok menggunakan teknik Cinematherapy efektif untuk meningkatkan pemahaman kepercayaan diri pada peserta didik dikelas XI MIPA 6 SMAN 2 Palangka Raya.
Unduhan
Referensi
Adawiyah, D. P. R. (2020). Pengaruh Penggunaan Aplikasi TikTok Terhadap Kepercayaan Diri Remaja di Kabupaten Sampang. Jurnal Komunikasi, 14(2), 135–148. https://doi.org/10.21107/ilkom.v14i2.7504
Afif, Z., Azhari, D. S., Kustati, M., & Sepriyanti, N. (2023). Penelitian Ilmiah (Kuantitatif) Beserta Paradigma, Pendekatan, Asumsi Dasar, Karakteristik, Metode Analisis Data Dan Outputnya. INNOVATIVE: Journal Of Social Science Research, 3(3), 682–693.
Amri, S. (2018). Pengaruh kepercayaan diri (self confidence) berbasis ekstrakurikuler pramuka terhadap prestasi belajar matematika siswa SMA Negeri 6 Kota Bengkulu. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 3(2), 156–170.
Anita Chaudhari, Brinzel Rodrigues, S. M. (2019). Upaya Peningkatan Percaya Diri Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Di Sma Negeri Sengkai Utara Lampung Utara. FKIP Bimbingan Dan Konseling, I(02), 390–392.
Ariana, R. (2016). Efektifitas Hipnoterapy Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Kepada Mahasiswa Di ITS PKU Muhammadiyah Surakarta. 1–23.
Aswida, W., & Syukur, Y. (2020). Efektifitas layanan bimbingan kelompok dalam mengurangi kecemasan berkomunikasi pada siswa. 1–11.
Edeltrudis, K., Korohama, P., Wibowo, M. E., & Tadjri, I. (2020). Jurnal Bimbingan Konseling Model Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa Abstrak. 6(1), 68–76.
Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2Fadilah, S. N. (2019). Layanan Bimbingan Kelompok dalam Membentuk Sikap Jujur Melalui Pembiasaan. Islamic Counseling: Jurnal Bimbingan Konseling Islam, 3(2), 167.), 167. https://doi.org/10.29240/jbk.v3i2.1057
Fauzan, G., & Aripin, U. (2019). Penerapan Ice Breaking dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri Siswa VIII B SMP Bina Harapan Bangsa. JPMI (Jurnal Pembelajaran Matematika Inovatif), 2(1), 17–24.
Fitriyanti, W., & Muwakhidah, M. (2022). Efektivitas Teknik Cinema Therapy Dalam Layanan Konseling Kelompok Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik. Konseling Gusjigang, 8(2), 188–194.
Hadiyati, H., & Fatkhurahman, F. (2021). Dampak Kepercayaan Diri Mahasiswa Berwirausaha Melalui Lingkungan Keluarga dan Kemandirian. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis Dan Manajemen Indonesia, 5(1), 77–84. https://doi.org/10.31842/jurnalinobis.v5i1.213
Hadriani. (2019). Pengaruh Bimbingan kelompok Teknik Cinematherapy dalam Meningkatkan Self Confidence Siswa Kelas VIII SMP Negeri 10 Palopo. Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 224(11), 122–130.
Ningsih, A. M., Hidayat, D. R., & Setiyowati, E. (2019). Pengaruh Penggunaan Cinematherapy terhadap Peningkatan Motivasi Belajar siswa (Studi Kuasi Eksperimen Terhadap Siswa Kelas XI di SMA Negeri 59 Jakarta). Insight: Jurnal Bimbingan Konseling, 5(1), 1. https://doi.org/10.21009/insight.051.01
Patioran, D. N. (2010). Hubungan antara Kepercayaan Diri dan Aktualisasi Diri pada Karyawan PT. Duta Media Kaltim Press (Samarinda Pos). 10–18.
Purnamaningsih, E. H. dkk. (2003). Kepercayaan Diri Dan Kecemasan Komunikasi Interpersonal Pada Mahasiswa Fakultas Ekonomi Di UKRIM Yogyakarta. Jurnal Psikologi, 2(2), 67–71.
Sugiyono, D. (2013). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R&D.
Saidah, C., Restu Dwi Ariyanto, & Khususiyah. (2022). Pengembangan Media Panduan Cinematherapy Untuk Meningkatkan Self Management Pada Siswa Kelas X Di Sma Pawyatan Daha Kediri. HELPER : Jurnal Bimbingan dan Konseling, 39(2), 43–56.
Syam, A., & Amri. (2019). Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence)Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar Mahasiswa (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5, 87–102.
Tanjung, Z., & Amelia, S. (2017). Menumbuhkan Kepercayaan Diri Siswa. JRTI (Jurnal Riset Tindakan Indonesia), 2(2), 2–6.
Yam, J. H., & Taufik, R. (2021). Hipotesis Penelitian Kuantitatif. Perspektif : Jurnal Ilmu Administrasi, 3(2), 90-102
Sugiyono, (2019), Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif dan R&D.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Sriyani, Fendahapsari Singgih Sendayu, Mimi Suriatie
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.