Pengembangan Media Komik (Nyak Ceghdas) Berbasis Budaya Lokal dengan Model ADDIE untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMK
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.19640Kata Kunci:
kematangan karir, media komik, budaya lokal, model ADDIE, bimbingan dan konselingAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media komik Nyak Ceghdas berbasis budaya lokal Lampung dalam rangka meningkatkan pemahaman kematangan karir siswa SMK. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (RnD) dengan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Validasi media dilakukan oleh ahli materi, media, dan bahasa. Pengujian dilakukan melalui angket respons peserta didik dan uji Wilcoxon. Hasil validasi menunjukkan bahwa media berada dalam kategori sangat layak digunakan dengan skor ahli media 93%, ahli materi 90%, dan ahli bahasa 87%. Respon peserta didik menunjukkan ketertarikan tinggi dengan nilai rata-rata 92% (kelompok kecil) dan 91% (kelompok besar). Respon pendidik juga tinggi, yaitu 89%. Hasil uji Wilcoxon menunjukkan nilai Asymp. Sig. 0.000 (<0.05), yang berarti terdapat pengaruh signifikan dari penggunaan media komik terhadap peningkatan pemahaman kematangan karir siswa. Dengan demikian, media Nyak Ceghdas layak digunakan sebagai alternatif media bimbingan karir berbasis budaya lokal.
Referensi
Aryanti, N. S., Jamaludin, U., & Dewi, R. S. (2022). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Berbasis Komik Pada Mata Pelajaran PPKN Kelas VII SMPN 3 Kragilan. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 6(1), 38–48.
Barros, I. D., Naibili, M. J. E., & Rua, Y. M. (2024). Motif dan Risiko Kecanduan Konsumsi Alkohol di Kalangan Remaja SMA: Implikasi untuk Langkah Preventif dan Intervensi Keperawatan. ASJN (Aisyiyah Surakarta Journal of Nursing), 5(2), 121–131.
Fatimah, S. D. D., Isti’adah, F. N., & Sulistiana, D. (2025). Adaptasi Alat Ukur Mental Health Continuum-Short Form (MHC-SF) Untuk Siswa SMA Sederajat. Jurnal Bimbingan Konseling Dan Psikologi, 5(1), 11–26.
Firmansyah, B. H., Santoso, S., & Lindrawati, L. (2024). Desain Pembelajaran Universal Design for Learning (UDL) Berbasis Adaptive E-Learning System Dalam Program Merdeka Belajar. PROSIDING SENADIKA: Seminar Nasional Akademik, 1(1), 286–293.
Gall, M. D., Borg, W. R., & Gall, J. P. (1996). Educational research: An introduction. Longman Publishing.
Ginting, R. L., Hawa, A. D., Sinaga, C. A., Dwi, F. A., Gultom, F., & Cahya, S. R. (2024). Teknologi Informasi Dalam Layanan Bk Melalui Penggunaan Media Video Animasi Untuk Meningkatkan Efektivitas Bimbingan Karir Di Sekolah. Jurnal Ilmiah Kajian Multidisipliner, 8(6).
Hamidah, S., & Rizal, M. S. (2022). Edukasi kesehatan reproduksi dan perkembangan remaja di panti asuhan yatim muhammadiyah kecamatan gresik kabupaten gresik jawa timur. Journal of Community Engagement in Health, 5(2), 237–248.
Hati, S. T. (2024). Penggunaan Komik Sebagai Bahan Ajar IPS di Kelas IX MTS LAB Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan. Tarbiatuna: Journal of Islamic Education Studies, 4(3), 92–113.
Imania, K. A. N., & Bariah, S. H. (2019). Rancangan pengembangan instrumen penilaian pembelajaran berbasis daring. Petik: Jurnal Pendidikan Teknologi Informasi Dan Komunikasi, 5(1), 31–47.
Kharissidqi, M. T., & Firmansyah, V. W. (2022). Aplikasi canva sebagai media pembelajaran yang efektif. Indonesian Journal Of Education and Humanity, 2(4), 108–113.
Laras, P. B. (2019). Pengembangan komik edukatif tentang dampak pacaran pada remaja. Prophetic: Professional, Empathy, Islamic Counseling Journal, 2(1), 41–60.
Maghfirah, F., & Herowati, H. (2017). Pengembangan media komik strip sains †œpemanasan Global†untuk meningkatkan motivasi membaca siswa kelas VII SMPN 2 Sumenep. LENSA (Lentera Sains): Jurnal Pendidikan IPA, 7(2), 76–84.
Mikamahuly, A., Fadieny, N., & Safriana, S. (2023). Analisis pengembangan media komik pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar peserta didik. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 3(2), 256–263.
Muchlis, I. P., & Andromeda, A. (2020). Pengembangan Instrumen Tes Berbasis Higher Order Thinking Skill Pada Materi Hidrolisis Garam Untuk Siswa SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (Jep), 4(2), 218–225.
Ningrum, M. T. A., Purnomo, A., & Idris, I. (2021). Pengembangan media pembelajaran IPS berbasis android materi kerajaan dan peninggalan Hindu-Buddha. JINoP (Jurnal Inovasi Pembelajaran), 7(1), 19–31.
Nugraheni, N. (2017). Penerapan media komik pada pembelajaran matematika di Sekolah Dasar. Refleksi Edukatika: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(2).
Nurlina, N., Maharani, S. D., & Yosef, Y. (2024). Rancangan pengembangan media komik berbasis budaya lahat dengan menggunakan aplikasi Canva untuk pembelajaran di kelas II sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Indonesia (JPPI), 4(4), 1353–1363.
Nursalim, M. (2013). Pengembangan media bimbingan dan konseling. Jakarta: Akamedia.
Prof. Dr. Sugiyono. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitataif, dan R&D.
Puti, S., Latief, M., Rohandi, M., & Suwandi, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality Pada Materi Perakitan Komputer Kelas X TKJ di SMKN 1 Gorontalo. Inverted: Journal of Information Technology Education, 3(1), 80–93.
Ramdani, N. S., Nugraha, H., & Hadiapurwa, A. (2021). Potensi pemanfaatan media sosial tiktok sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran daring. Akademika, 10(02), 425–436.
Reynata, A. V. E. (2022). Penerapan youtube sebagai media baru dalam komunikasi massa. Komunikologi: Jurnal Ilmiah Ilmu Komunikasi, 19(02).
Verdian, F., Jadid, M. A., & Rahmani, M. N. (2021). Studi penggunaan media simulasi phet dalam pembelajaran fisika. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Fisika, 1(2), 39.
Wahyu, A., Smaragdina, A. A., Akbar, I. P. F., Nasmansyah, W., Sari, A. Y., Fauziah, N., & Wardhani, E. R. (2024). Pemanfaatan Augmented Reality (AR) Dalam Pengembangan E-Modul Gamifikasi Berbasis Problem Based Learing untuk Meningkatkan Motivasi Belajar. Jurnal Riset Dan Inovasi Pembelajaran, 4(3), 1975–1988.
Widiastari, Ni Gusti Ayu Putu Puspita, R. D. (2024). Penggunaan Media Pembelajaran Digital Dalam Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Kelas IV SD Inpres 2 Nambaru. ELEMENTARY: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 4(4), 215–222.
Zamroni, E. (2016). Urgensi career decision making skills dalam penentuan arah peminatan peserta didik. Jurnal Konseling Gusjigang, 2(2).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Diah Telogowiyah, Tika Febriyani, Andi Thahir

Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.