Model Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Diskusi Untuk Meningkatkan Konsentrasi Belajar Siswa Fase F
DOI:
https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i1.15435Kata Kunci:
Bimbingan kelompok, Teknik Diskusi, KonsentrasiAbstrak
Penelitian ini dilatar belakangi adanya siswa yang masih kurang mampu berkonsentrasi dalam menghadapi tekanan saat pelajaran. Perhatian mereka justru semakin terpecah dengan berbagai hal, sehingga pembelajaran semakin tidak kondusif dan tidak terarah. Tujuan penelitian ini adalah untuk 1) mendeskripsikan konsentrasi belajar siswa. 2) Menguji model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa. Penelitian ini dilakukan dengan metode research and development. Jumlah populasi dalam penelitian ini adalah 252 orang. Sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik propotional random sampling dengan jumlah sampel 72 orang. Prosedur pengembangan yang digunakan dalam penelitian ini meliputi 5 langkah yaitu: 1) Potensi dan masalah, 2) Pengumpulan data, 3) Desain produk, 4) Validasi desain, 5) Revisi desain, sehingga menghasilkan desain produk final model layanan responsive bidang pengembangan sosial. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket menggunakan teknik analisis data persentase. Berdasarkan hasil penelitian tentang dapat dilihat dari: 1) Gambaran konsentrasi belajar siswa berada pada kategori baik. 2) Model rancangan layanan bimbingan kelompok dengan teknik diskusi untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa yang telah divalidasi oleh pakar teoritis dikategorikan “di terima” dan layak digunakan. Berdasarkan hasil penelitian ini direkomendasikan pada guru bimbingan dan konseling untuk menggunakan model tersebut untuk meningkatkan konsentrasi belajar peserta didik.
Unduhan
Referensi
Adila, A., Sucipto, S., & Hilyana, F. S. (2022). Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA. Jurnal Educatio FKIP UNMA, 8(4), 1261–1268.
Apriatama, D. (2018a). Bimbingan Kelompok Berbasis Nilai Budaya Belom Bahadat Untuk Meningkatkan Sikap Sopan Santun Peserta Didik Di Madrasah Aliyah Negeri Kota Palangka Raya. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Ar-Rahman, 4(2), 61. https://doi.org/10.31602/jbkr.v4i2.1515
Apriatama, D. (2018b). Pengembangan model bimbingan kelompok berbasis nilai-nilai budaya Huma Betang untuk mengurangi prasangka sosial siswa. Insight: Jurnal Pemikiran Dan Penelitian …. http://jurnal.unmuhjember.ac.id/index.php/INSIGHT/article/view/Apr
Cecep, C., Waskita, D. T., & Sabilah, N. (2022). Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Anak Usia Dini Melalui Metode Demonstrasi. Jurnal Tahsinia, 3(1), 63–70.
Depdiknas. (1990). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Balai Pustaka.
Isnawati, R. (2019). Cara Kreatif dalam Proses Belajar (Konsentrasi Belajar pada Anak Gejala Gangguan Pemusatan Perhatian (ADD)). CV. Jakad Media Publishing.
Puspitasari, T. O., Putri, Y. E., & Yohanes, Y. (2019). Sikap Terhadap Konsentrasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fisika di Sekolah Menengah Atas. JIPFRI (Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika Dan Riset Ilmiah), 3(2), 79–85.
Reba, Y. A., Sulistianingsih, Pemana, H., Muslimah, Nakhma’ussolikhah, & Susanti, D. (2024). Bimbingan dan Konseling Belajar di Sekolah Menengah. Kaizen Media Publishing.
Salim, R. R. M., Azzahra, A. F., Sembiring, A. S., & Saragih, Y. M. (2023). Evaluasi Usability Website Shopee.co.id Dan Bukalapak.com Dengan Menggunakan Metode Webuse. Remik (Riset Dan E-Jurnal Manajemen Informatika Komputer), 7(2), 946–954. https://doi.org/10.33395/remik.v7i2.12288
Sari, I. P., Afriyanti, E., & Oktarina, E. (2023). Kecanduan Gadget dan Efeknya pada Konsentrasi Belajar. CV. Adanu Abimata.
Setiani, A. C., Setyowani, N., & Kurniawan, K. (2014). Meningkatkan konsentrasi belajar melalui layanan bimbingan kelompok. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 3(1).
Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.
Sugiyono, P. D. . (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D (2nd ed.). Alfabeta CV.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Dina Yulianti, Triyono Triyono, Yasrial Chandra
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.