Intervensi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Remaja

Penulis

  • Sofia Rasyidah Salsabila UIN Raden Mas Said Surakarta
  • Agit Purwo Hartanto Universitas Islam Negeri Raden Mas Said Surakarta

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.20361

Kata Kunci:

kematangan karir, teknik modeling, bimbingan klasikal, remaja, intervensi konseling

Abstrak

Kematangan karier mencerminkan kesiapan individu dalam mengambil keputusan karier secara mandiri, rasional, dan bertanggung jawab. Rendahnya tingkat kematangan karier pada remaja dapat menghambat perencanaan masa depan dan meningkatkan risiko pengangguran usia muda. Penelitian ini bertujuan menguji efektivitas intervensi bimbingan klasikal dengan teknik modeling (covert dan symbolic) dalam meningkatkan kematangan karier remaja. Menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain pre-eksperimen one-group pretest-posttest, penelitian ini melibatkan 23 remaja anggota Posyandu Remaja Mawar 3 Taman Baru. Instrumen berupa kuesioner kematangan karier telah diuji validitas dan reliabilitasnya (α = 0,898). Intervensi dilakukan dalam dua sesi dengan media video dan aktivitas reflektif. Hasil uji Paired Sample t-Test menunjukkan nilai signifikansi 0,000 (p < 0,05), dengan rata-rata skor meningkat dari 72,43 menjadi 81,39. Temuan ini menunjukkan bahwa teknik modeling efektif dalam meningkatkan pemahaman, perencanaan, eksplorasi, dan orientasi karier remaja. Secara praktis, hasil ini menegaskan pentingnya integrasi teknik modeling dalam layanan bimbingan klasikal di sekolah dan komunitas sebagai strategi intervensi preventif. Penelitian ini juga memperkaya literatur tentang efektivitas teknik modeling dalam konteks konseling remaja berbasis komunitas.

Referensi

Alamsyah, M. N., Hidayah, N., & Wahyuni, F. (2023). Strategi Layanan Bimbingan Dan Konseling Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Remaja. Prosiding Seminar Nasional Sehati Abdimas, 6(1), 103–112.

Amalia, K., Fitriana, S., & Dian, P. (2025). Pengaruh Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Simbolik Terhadap Perencanaan Karir Siswa Kelas XII SMA Negeri 1 Randudongkal. GUIDING WORLD (BIMBINGAN DAN KONSELING), 8(1), 136–145.

Anafi, K., Wiryokusumo, I., & Leksono, I. P. (2021). Pengembangan media pembelajaran model ADDIE menggunakan software Unity 3D. Jurnal Education and Development, 9(4), 433–438.

Attika, S., Nurihsan, J., & Budiamin, A. (2020). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling untuk Mengembangkan Kematangan Karier Peserta Didik. SCHOULID: Indonesian Journal of School Counseling, 5(1), 19. https://doi.org/10.23916/08534011

Ayu, M. N. K., Widarnandana, I. G. D., & Retnoningtias, D. W. (2022). Pentingnya Perencanaan Karier Terhadap Pengambilan Keputusan Karier. Psikostudia : Jurnal Psikologi, 11(3), 341. https://doi.org/10.30872/psikostudia.v11i3.7021

Dian Safitri, R., & Rezza, M. (2025). Analyzing the High Open Unemployment Rate Among Gen Z in Indonesia. Jiic: Jurnal Intelek Insan Cendikia, 2(1), 1–4. https://jicnusantara.com/index.php/jiic

Dyah Puspitaningrum, T. (2019). Teknik Modeling Terhadap Perencanaan Karir Peserta Didik Sma. G-Couns: Jurnal Bimbingan Dan Konseling, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.31316/g.couns.v3i1.76

George, A. D. (2023). Pengembangan Panduan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Modeling Berbasis Steam untuk Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP. Universitas Pendidikan Ganesha.

Ghassani, M., Ni’matuzahroh, N., & Anwar, Z. (2020). Meningkatkan Kematangan Karir Siswa SMP Melalui Pelatihan Perencanaan Karir. Jurnal Intervensi Psikologi (JIP), 12(2), 123–138. https://doi.org/10.20885/intervensipsikologi.vol12.iss2.art5

Hamzati, N., & Naqiyah, N. (2023). Bimbingan Karier dengan Teknik Modeling pada Peserta Didik Sekolah Menengah : Systematic Literature Review. Indonesian Journal of Guidance and Counseling: Theory and Application, 12(1), 1–17.

Hapsyah, D. R., Jabbar, A. A., & Hidayat, D. R. (2019). Implementasi Teori Donald E. Super Pada Program Layanan BK Karir di SMK. 17, 7661–7680.

Kurniawati, H., Widiasari, E., Zalafi, Z., Putri, S. A., Hidayah, K., & A’yun, N. Q. (2023). Career Intervention to Enhance Students’ Career Maturity. International Journal of Multidisciplinary Research and Analysis, 06(04), 1812–1820. https://doi.org/10.47191/ijmra/v6-i4-55

Lailatunnikma, L., & Nastiti, D. (2021). Overview of Career Maturity in Class XII Students in High School. Academia Open, 4, 1–10. https://doi.org/10.21070/acopen.4.2021.2756

Lau, P. L., Chung, Y. B., & Wang, L. (2021). Effects of a Career Exploration Intervention on Students’ Career Maturity and Self-Concept. Journal of Career Development, 48(4), 311–324. https://doi.org/10.1177/0894845319853385

Masnur, M., Mitah, M., Marlina, M., Pawelloi, I., & Alam, S. (2025). Aplikasi Berbasis Web Untuk Penanganan Pelaporan Kehilangan Bagasi di Bandara NOP Goliat Dekai. Jurnal Janitra Informatika Dan Sistem Informasi, 5(1), 54–60.

Peralaiko, E., & Indrawati, E. (2020). Career Maturity Training in Bogor. European Journal of Education Studies, 6(10), 232–244. https://doi.org/10.5281/zenodo.3612219

Setiawan, A. (2025). Strategi Peningkatan Indeks Pembangunan Manusia (Ipm) Di Kota Cilegon. Jurnal Kebijakan Pembangunan Daerah, 9(1), 102–127.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif dan R&D. In ke-26.

Tartila, T., Supriatna, E., & Irmayanti, R. (2023). Layanan Bimbingan Klasikal Berbasis Online Melalui Teknik Modeling Untuk Kematangan Karier Siswa Smp. FOKUS (Kajian Bimbingan & Konseling Dalam Pendidikan), 6(1), 1–10. https://doi.org/10.22460/fokus.v1i1.8352

Unduhan

Diterbitkan

14-07-2025

Cara Mengutip

Rasyidah Salsabila, S., & Purwo Hartanto, A. . (2025). Intervensi Bimbingan Klasikal Dengan Teknik Modeling Untuk Meningkatkan Kematangan Karier Remaja. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 5(2), 60–66. https://doi.org/10.37304/pandohop.v5i2.20361

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama

Obs.: Plugin ini minimal membutuhkan satu plugin statistik/laporan aktif. Jika plugin statistik menghasilkan lebih dari satu metrik, pilihlah metrik utama pada pengaturan halaman admin dan/atau pada halaman pengaturan manajer jurnal.