PERSEPSI TERHADAP BERITA KRIMINAL DI TELEVISI YANG BERLEBIHAN DAPAT MENIMBULKAN KECEMASAN PADA SISWA SMP

Penulis

  • jamiatul ilmi UIN Mahmud Yunus Batusangkar

DOI:

https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.7707

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara persepsi remaja terhadap berita kriminal di televisi dengan kecemasan mereka karena menonton berita kriminal di televisi. Ada sekitar 60 Siswa dari SMPN 3 Sijunjung yang mengikuti penelitian ini. Variabel bebasnya adalah persepsi siswa terhadap berita kriminal di televisi, sedangkan variabel terikatnya adalah kecemasan siswa karena menonton berita kriminal di televisi. Nilai r dari Skala Persepsi berkisar antara 36-.75, sedangkan r untuk Skala Kecemasan berkisar antara 336-.764. Analisis hipotesis menggunakan korelasi product moment menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara persepsi siswa terhadap berita kriminal di televisi dan kecemasan siswa karena menonton berita kriminal di televisi (r,.430, p P <.01). Kontribusi variabel persepsi dalam mempengaruhi variabel kecemasan hanya sebesar 18,5%. Beberapa rekomendasi untuk penelitian masa depan dan penjelasan tentang variabel lain yang mempengaruhi di luar variabel penelitian ini dibahas.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aisyah, S. (2015). Perkembangan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. Deepublish.

Anissa, L. M., Suryani, S., & Mirwanti, R. (2018). Tingkat Kecemasan Mahasiswa Keperawatan Dalam Menghadapi Ujian Berbasis Computer Based Test. Medisains, 16(2), 67–75.

Ari, I., & Astiti, D. P. (2014). Peran Persepsi Individu Terhadap Asuransi Dan Model Kepercayaan Kesehatan Dalam Pengambilan Keputusan Menggunakan Asuransi Jiwa. Jurnal Psikologi Udayana, 1(2), 381–388.

Asrori, A., & Hasanat, N. U. (2015). Terapi Kognitif Perilaku Untuk Mengatasi Gangguan Kecemasan Sosial. Jurnal Ilmiah Psikologi Terapan, 3(1), 89–107.

Devianto, Y. (2017). Sistem Informasi Indeks Kepuasan Masyarakat Dengan Metode Perbandingan Eksponensial (Mpe) Dan Skala Ordinal Pada Unit Pelayanan Masyarakat. Jurnal Ilmiah Fifo, 9(1), 31–40.

Effendi, H. (2016). Peranan Psikologi Olahraga Dalam Meningkatkan Prestasi Atlet. NUSANTARA: Jurnal Ilmu Pengetahuan Sosial, 1(1).

Giri, P. A. S. P. (2020). Mereduksi Kecemasan Dengan Teknik Desensitisasi Sistematis. Widyadari: Jurnal Pendidikan, 21(1).

Habiby, W. N. (2017). Statistika Pendidikan. Muhammadiyah University Press.

Hamali, S. (2018). Kepribadian Dalam Teori Sigmound Freud Dan Nafsiologi Dalam Islam. Al-Adyan, 13(2), 285–302.

Jayanti, F., & Arista, N. T. (2018). Persepsi Mahasiswa Terhadap Pelayanan Perpustakaan Universitas Trunojoyo Madura. Competence: Journal Of Management Studies, 12(2).

Mardhani, R. A. (2018). Perancangan Rumah Sakit Ibu Dan Anak Di Kabupaten Jombang. UNIVERSITAS 17 AGUSTUS 1945.

Matondang, Z. (2009). Validitas Dan Reliabilitas Suatu Instrumen Penelitian. Jurnal Tabularasa, 6(1), 87–97.

Patiung, D. (2016). Membaca Sebagai Sumber Pengembangan Intelektual. Al Daulah: Jurnal Hukum Pidana Dan Ketatanegaraan, 5(2), 352–376.

SETIAWATY, I. (2016). Pengaruh Menonton Tayangan Sinetron Remaja Di Televisi Terhadap Moralitas Remaja (Studi Deskriptif Terhadap Pelajar Di SMA Nasional Bandung). FKIP UNPAS.

Sinulingga, N. A. B., & Sihotang, H. T. (2021). Perilaku Konsumen: Strategi Dan Teori (Vol. 1). Iocs Publisher.

Sugiyono, D. (2017). Prof, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta Bandung.

Widigda, I. R., & Setyaningrum, W. (2018). Kecemasan Mahasiswa Pendidikan Matematika Universitas Riau Kepulauan Dalam Menghadapi Skripsi. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 6(2), 190–199.

Wulansari, N. M. D. (2017). Didiklah Anak Sesuai Zamannya: Mengoptimalkan Potensi Anak Di Era Digital. Visimedia.

Yulianingsih, I., & Parlindungan, D. P. (2020). Persepsi Mahasiswa Pendidikan Olahraga Terhadap Perkuliahan Daring Selama Pandemi Covid-19. Gelanggang Olahraga: Jurnal Pendidikan Jasmani Dan Olahraga, 4(1), 31–46.

Unduhan

Diterbitkan

28-02-2023

Cara Mengutip

ilmi, jamiatul. (2023). PERSEPSI TERHADAP BERITA KRIMINAL DI TELEVISI YANG BERLEBIHAN DAPAT MENIMBULKAN KECEMASAN PADA SISWA SMP. Jurnal Bimbingan Dan Konseling Pandohop, 3(1), 26–35. https://doi.org/10.37304/pandohop.v3i1.7707