ANALISIS PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN KARAKTER DI SEKOLAH
Pendekatan Pendidikan Karakter
DOI:
https://doi.org/10.1234/jt.v2i1.4755Kata Kunci:
Pendidikan, Karakter, Sekolah, Seni Budaya, NilaiAbstrak
Pendidikan karakter pada dasarnya bertujuan menciptakan bangsa yang tangguh, berakhlak mulia,beretika,sopan santun, bergotong royong,toleransi, berkembang dalam ilmu pengetahuan dan teknologi yang di dasari kepercayaan akan Tuhan Yang Maha Esa. Penerapan pendidikan karakter dapat berlangsung dimana saja, disekolah,dikeluarga,dimasyarakat, dan berlangsung sepanjang hayat. Pendidikan berfungsi membangun bangsa untuk terus maju, melalui pendidikan sebagai motor penggerak bangsa. Selain ilmu pengetahuan karakter juga merupakan hal yang penting, dan paling menonjol, manusia yang berpengetahuan biasanya akan ditandai dengan karakter yang baik. Oleh karenanya pendidikan karakter sangatlah penting. Penerapan pendidikan karakter disekolah sangat berpengaruh, pendekatan yang dilakukan akan menentukan hasil dari ilmu yang diberikan yang di implikasikan dalam kehidupan sehari-hari siswa.
Pada mata pelajaran Seni dan Budaya, penerapan pendidikan karakter di sekolah dapat di laksanakan melalui penerapan pendekatan-pendekatan pendidikan karakter, yaitu: Pendekatan penanaman nilai, pendekatan perkembangan moral kkognitif, pendekatan analisis nilai, pendekatan klarifikasi nilai, pendekatan pembelajaran berbuat.
Kata Kunci: Pendidikan, Karakter, Sekolah, Seni Budaya, Nilai
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jurnal Tambuleng
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution 4.0 International License.