DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Irma Andreani¹, Rayne Praticia1 & Intan Kamala1

PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B2 TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.849

Keywords:

Kemampuan Penguasaan Konsep Bilangan, PermainanTradisional Dakon

Abstract

ABSTRAK
Salah satu konsep matematika yang paling penting dipelajari
anak usia tiga, empat lima tahun ialah pengembangan kepekaan pada
bilangan. Penguasaan terhadap konsep bilangan pada anak usia dini
merupakan dasar untuk pembelajaran matematika di sekolah dasar
nantinya. Mengingat dunia anak adalah bermain, maka sangat tepat
kalau pembelajaran diberikan melalui permainan, dan dalam
penelitian ini peneliti memilih permainan tradisional kegiatan
bermain. Permainan dakon merupakan salah satu permainan
tradisional yang menggunakan biji dakon yang dimasukkan satu
persatu pada lobang dakon, kemudian pada akhir permainan anak
menghitung jumlah biji dakon yang diperolehnya. Sehubungan
dengan hal-hal tersebut, maka materi tentang konsep bilangan ini
dapat diberikan melalui dakon.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh permainan
tradisional dakon terhadap kemampuan penguasaan konsep bilangan
anak kelompok B2 TK Harapan Bunda Palangka Raya Tahun Ajaran
2018/2019. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimental dengan
one group pre-test dan post-test design, dan uji hipotesis
menggunakan Uji T. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok B2
TK Harapan Bunda Tahun Ajaran 2018/2019 berjumlah 20 orang.
Penguasaan konsep bilangan ini meliputi indikator-indikator :
menunjukkan sekelompok benda sesuai dengan lambang bilangan,
menunjukkan lambang bilangan sesuai dengan jumlah benda, dan
mengelompokan benda sesuai dengan bilangan.
Hasil penelitian dihitung dengan Uji T diperoleh
sebesar 9,58 sedangkan dengan taraf signifikan 0,05% dan db
(N-1=20-1=19) adalah sebesar 2,093. Dengan demikian
(9,58) > (2,093). Jika lebih dari maka Ha diterima
dan Ho ditolak. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat
pengaruh permainan tradisional dakon terhadap kemampuan
penguasaan konsep bilangan pada anak kelompok B2 TK Harapan
Bunda Palangka Raya.Pengaruh tersebut berupa peningkatan
Jurnal Pendidikan Dan Psikologi Pintar Harati Vol 15 No 1, Juni 2019 38
kemampuan anak dalam penguasaan konsep bilangan, dan juga pada
proses pembelajaran terlihat anak sangat senang dan penuh
semangat.
Kata Kunci : Kemampuan Penguasaan Konsep Bilangan, Permainan
Tradisional Dakon

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2020-02-17

How to Cite

DOI: https://doi.org/10.36873/jp , Irma Andreani¹, Rayne Praticia1 & Intan Kamala1: PENGARUH PERMAINAN TRADISIONAL DAKON TERHADAP KEMAMPUAN PENGUASAAN KONSEP BILANGAN PADA ANAK KELOMPOK B2 TK HARAPAN BUNDA PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2018/2019. (2020). Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 15(1), 37–46. https://doi.org/10.36873/jph.v15i1.849