Penggunaan Media Wingeom untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika pada Materi Geometri Bangun Ruang Sisi Datar

Authors

  • jl.antang kalang V No 22 Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.927

Keywords:

wingeom, hasil belajar matematika

Abstract

Salah satu dynamic mathematics software yang dapat dijadikan
media sebagai inovasi pembelajaran konsep geometri adalah Wingeom. Program ini dapat digunakan untuk membantu pembelajaran geometri
dan pemecahan masalah geometri. Tujuan penelitian ini adalah untuk:
1) mengetahui aktivitas siswa selama proses pembelajaran kooperatif
tipe STAD berbantuan aplikasi Wingeom pada materi Bangun Ruang, 2)
mengetahui aktivitas guru selama proses pembelajaran kooperatif tipe
STAD berbantuan aplikasi Wingeom pada materi Bangun Ruang, dan 3)
mengetahui hasil belajar siswa setelah diimplementasikan pembelajaran
kooperatif tipe STAD berbantuan aplikasi Wingeom pada materi Bangun
Ruang.
Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII-3 SMP
Negeri 8 Palangka Raya tahun ajaran 2016/2017 yang terdiri dari 37
siswa. Subjek penelitian ini dipilih karena dalam kelas tersebut belum
pernah diadakan penelitian implementasi model pembelajaran kooperatif
STAD berbantuan aplikasi Wingeom pada materi bangun ruang. Data
diambil menggunakan observasi dan tes hasil belajar matematika.
Hasil penelitian dan pembahasan dapat ditarik kesimpulan: 1)
aktivitas siswa selama proses pembelajaran berlangsung terjadi
peningkatan keaktifan siswa dalam pembelajaran. Siswa terlihat semakin
bersemangat dalam pembelajaran, 2) aktivitas guru selama proses
pembelajaran kooperatif STAD berbantuan aplikasi Wingeom sudah
sesuai dengan langkah-langkah pembelajaran yang telah dibuat pada
RPP, guru dapat menyediakan informasi yang dibutuhkan siswa,
menyampaikan materi dengan berbantuan aplikasi Wingeom dan
mengarahkan siswa untuk berpikir dan mendefinisikan mengenai konsep- konsep materi bangun ruang., dan 3) hasil belajar siswa tidak tercapai
dan tuntas. Hal tersebut dapat dilihat mulai dari hasil tes 1 diperoleh
ketuntasan belajar klasikal 81,82 %, hasil tes 2 diperoleh ketuntasan
klasikal 82,35 %, hasil tes 3 diperoleh ketuntasan klasikal 79,41 , hasil
tes 4 diperoleh ketuntasan klasikal 88,24 % dan tes akhir diperoleh
ketuntasan klasikal 78,13 %.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2019-06-12

How to Cite

Ardo. (2019). Penggunaan Media Wingeom untuk Meningkatkan Ketuntasan Hasil Belajar Matematika pada Materi Geometri Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Pendidikan, 19(1), 41–57. https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.927