Pengembangan Media Career Card untuk Kesadaran Karir di SMP Negeri 2 Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.11143Kata Kunci:
Media career card, career awarenessAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayanan media career card dan mengetahui apakah media career card berguna untuk kesadaran karir di SMP Negeri 2 Palangka Raya
Pada penelitian ini menggunakan pendekatan Research and Development (RnD) yaitu penelitian dan pengembangan yang hasil akhirnya menghasilkan sebuah produk yaitu career card untuk kesadaran karir. Model pengembangan yang digunakan peneliti diadatasi dari Born and Gall dengan 6 tahapan penelitian pengembangan. Sampel diambil dengan Teknik Purposive Sampling sehingga kriteria pemilihan sampel, yaitu 8 siswa dari kelas VII-7 SMPN 2 Palangka Raya. Alat pengumpulan data utama yang digunakan peneliti adalah kuesioner, peneliti memberikan kusioner untuk mengetahui ada atau tidaknya perubahan sebelum dan sesudah penggunaan media career card untuk kesadaran karir. Kemudian data dianalisis menggunakan statistik parametrik dari Kolmogorov-Sminrnov dengan bantuan SPSS 25 dengan hasil data berdistribusi normal. Peneliti akhirnya menari kesimpulan berdasarkan hasik dari statistik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dengan menggunakan uji paired sample t test menunjukkan sig. 0,000 < 0,05 dan nilai thitung dibandingkan dengan nilai ttabel yaitu 26,200 > 2,213 maka hipotesis null (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara sebelum dan sesudah penggunaan media career card untuk kesadaran karir siswa.
Unduhan
Referensi
Achmad, A. K., Aryani, F., & Sinring, A. (2021). Pengembangan Media Video Knowledge Virtual Career sebagai Layanan Informasi Karier bagi Siswa Sekolah Menengah Pertama di Kota Makassar The Development of Video Knowledge Virtual Career Media as a Career Information Service for Junior High School Students. 1(2), 186–193.
Alfaiz, A., Hidayat, H., Yandri, H., Sari, A. T. L., Sendayu, F. S., Suarja, S., & Arjoni, A. (2021). Identification of perceived self-efficacy to predict student’s awareness in career readiness. Islamic Guidance and Counseling Journal, 4(1), 124–132. https://doi.org/10.25217/igcj.v4i1.93.
Antarangsa Bimbingan Dan Konseling, S., LAYANAN BIMBINGAN DAN KONSELING DALAM MENGEMBANGKAN KESADARAN KARIR SISWA SEKOLAH MENENGAH PERTAMA Wahyu Nila Irdasari, S. DI, & Putra Bhakti, C. (n.d.). PROSIDING.
Bagaskara, A. P., Rosada, U. D., & Dahlan, U. A. (2021). Pengembangan media kartu karir melalui bimbingan. Jurnal Selaras, 2(2), 75–85.
Brown, S. D., & Lent, R. W. (2013). Career Development and Counseling: Putting Theory and Research to Work. In John Wiley & Sons (Vol. 53, Issue 9).
Febriyanti, N. (2021). Implementasi Konsep Pendidikan menurut Ki Hajar Dewantara Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 1631–1638.
Keke Oktina Fikri, C. P. B. (2021). Pengembangan modul digital career awareness bagi siswa SMP Kelas VII. Bimbingan Konseling Islam, 602–608.
Lidyasari, A. T. (2019). Inovasi Bimbingan Karir dalam Mengembangkan Career Awareness Siswa Sekolah Dasar di Era Revolusi Industri 4 . 0. Konvensi Nasional XXI Asosiasi Bimbingan Dan Konseling Indonesia, April, 47–53.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 hanikhatulmunawarah Radiyanto, Fendahhapsari Singgih, Esty Pan Pangestie
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.