Pengembangan Lembar Kerja Siswa (LKS) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Materi Virus Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Di SMA
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.11175Kata Kunci:
Students Worksheets, Model Problem-Based Learning, critical thinking, Virus MaterialAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan Lembar Kerja Siswa (LKS) berbasis Problem Based Learning (PBL) untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa berdasarkan karakteristik LKS serta respon siswa dan respon guru terhadap produk LKS berbasis PBL yang dikembangkan. Tempat penelitian di SMAS PGRI 2 di Sampit kelas X dengan jumlah sampel sebanyak 45 orang siswa, uji coba I sebanyak 15 orang siswa dan uji coba II sebanyak 30 orang siswa. Metode penelitian pengembangan model ADDIE ( analysis, design, development, implementation, evaluation). Desain penelitian one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik produk LKS yang dikembangkan tersusun atas sintak model Problem Based Learning (PBL) dengan indikator keterampilan berpikir kritis mampu peningkatan berpikir kritis siswa pada materi virus. Lembar kerja siswa berbasis PBL dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa dengan rerata N-gain uji coba I sebesar 0,58 dan uji coba II rerata N-gain sebesar 0,67 dengan katagori sedang. Respon guru terhadap LKS berbasis PBL pada uji coba I nilai persentase di atas 61% katagori cukup baik dan uji coba II nilai persentase di atas 90% katagori sangat baik. Respon siswa setelah menggunakan LKS pada uji coba I cukup baik dengan nilai persentase di atas 67% dan pada uji coba tahap II respon sangat baik dengan nilai persentase di atas 82%.
Kata Kunci : LKS, Model Problem Based Learning, Berpikir kritis, Materi Virus
Unduhan
Referensi
Abidin, Y. 2014. Desain Sistem Pembelajaran dalam Konteks Kurikulum 2013: Refika aditama, Bandung.
Barus, G. 2015. Peningkatan kemampuan berpikir kritis dengan pembelajaran berbasis scientific approach siswa kelas X SMA Panjura Malang. Kinabalu, 11(2), 50–57.
Hewi, L., & Shaleh, M. (2020). Refleksi Hasil PISA (The Programme For International Student Assesment): Upaya Perbaikan Bertumpu Pada Pendidikan Anak Usia Dini). Jurnal Golden Age, 4(01), 30–41.
Juniarti, A. C., & Suyitno, A. (2022). Penyusunan E-Book Virus Sebagai Media Belajar Materi Virus Untuk Peserta Didik Kelas X Sma. Jurnal Edukasi Biologi, 8(1), 1–8.
Juliawati, 2020. Development of PBL-Based Biology Students Worksheets with Character Education to Enhance Learning and Critical Thinking Competencies in Class XI High School Students: https://api.semanticscholar.org/CorpusID:222244187
Jahara, E., Syarifah, P. 1, Ulfa, W., Ummi, 2, Afinni, N., Jayanti, D., Studi, P., Biologi, T., Tarbiyah, F., & Keguruan, I. 2023. Pengembangan Lkpd Berbasis Problem Based Learning Pada Pelajaran Biologi Materi Sistem Pernapasan Di Madrasah Aliyah. Jurnal Pendidikan Biologi (BIOEDUKASI), 14(1).
Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan. 2016. Peringkat dan Capaian PISA Indonesia Mengalami Peningkatan. Jakarta.
Murti, B. 2019. Berpikir Kritis. Jurnal Kedokteran UNS, 20 (22), 75. https://fk.uns.ac.id/static/file/criticalthinking.pdf
Rahayu, R., Iskandar, S., & Abidin, Y. 2022. Inovasi Pembelajaran Abad 21 Dan Penerapannya Di Indonesia Restu Rahayu 1 , Sofyan Iskandar 2 , Yunus Abidin 3. Jurnal Basicedu, 6(2), 2099–2104.
Sugiyono. 2018. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D: Alfabeta, Bandung.
Siti Umikasih, 2017, Tesis: “Pengembangan Lembar Kerja Siswa Berbasis Problem Based Learning Materi Pencemaran Lingkungan Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Siswa”, Bandar Lampung: Universitas Lampung.
Sulistyowati, Hadi, Hidayat. 2016. Buku siswa Biologi untuk SMA/MA Kelas X. Intan Pariwara, Klaten.
Saudi, A., Kong, H., Siddik, A., Belitung, B., Siddik, A., & Belitung, B. 2022. Machine Translated by Google JISAE (Jurnal Penilaian dan Evaluasi Pelajar Indonesia) Vol 8 No 1. 2022. ISSN Website : http://journal.unj.ac.id/unj/index.php/jisae Program Penilaian Siswa Internasional (Pisa) Analisis Negara Asia Menggunakan K-Mean C. 8(1), 35–44.
Syafitri, E., Armanto, D., & Rahmadani, E. 2021. AKSIOLOGI KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS (Kajian Tentang Manfaat dari Kemampuan Berpikir Kritis). Journal of Science and Social Research, 4(3), 320.
Svecova, Varelia, Lucia Rumanova dan Gabriela Pavlovicova. 2013. Support of Pupil’s Creative Thinking in Mathematical Education. Availablewww.sciendirect.comSciendirectProcedia –Social and Behavioral Science 116 (12 juni 2022).
Wati, R. T., & Yuliani, Y. 2020. Pengembangan Lembar Kegiatan Peserta Didik (LKPD) Berbasis Problem Based Learning (PBL) Submateri Transpor Membran untuk Melatihkan Keterampilan Berpikir Kritis. Berkala Ilmiah Pendidikan Biologi (BioEdu), 9(2), 340–349. https://doi.org/10.26740/bioedu.v9n2.p340-349
Winarti, E. R., Waluya, B., & Rochmad. 2018. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Melalui Problem Based Learning Dengan Peer Feedback Activity. Jurnal Elektronik Pembelajaran Matematika, 5(2), 197–207.
Yurnalis (2013) Efektivitas LKS Berbasis Problem Based Learning (PBL) Terhadap Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Pada Materi Pokok Ciri-Ciri Makhluk Hidup. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Lampung.
Zainab, Z., Kaspul, K., & Halang, B. 2022. Validitas LKPD elektronik berbasis Liveworksheet pada konsep virus untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa jenjang SMA. Practice of The Science of Teaching Journal: Jurnal Praktisi Pendidikan, 1(1), 36–43. https://doi.org/10.58362/hafecspost.v1i1.7
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Bunga Nilam, Agus Haryono, I Nyoman Sudyana; Yula Miranda
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.