Penggunaan Media Game Wordwall Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Al Qur'an dan Hadits

Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VIII MTs Darul Amin dalam Pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits Menggunakan Media Wordwall

Penulis

  • Diny Aminaty Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya
  • Jasiah Jasiah Institut Agama Islam Negeri Palangkaraya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.18372

Kata Kunci:

Student activeness, Learning Media, Wordwall

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penggunaan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan keaktifan siswa pada pembelajaran Al-Qur'an dan Hadits di kelas VIII MTs Darul Amin Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, dokumentasi, dan kuesioner. Hasil peggunaan media Wordwall melibatkan 24 siswa dan menunjukkan respon yang sangat positif. Sebanyak 100% siswa merasa pembelajaran menjadi lebih menarik dan tidak membosankan, serta 95,8% siswa merasa senang menggunakan Wordwall. Selain itu, 91,7% siswa menyatakan ingin menggunakan Wordwall lagi pada pembelajaran berikutnya, dan 83,3% siswa percaya bahwa media ini membantu mereka lebih memahami materi. Media Wordwall terbukti meningkatkan partisipasi siswa dalam diskusi kelompok, memotivasi mereka untuk bertanya, dan memfasilitasi latihan pemecahan masalah. Dengan demikian, Wordwall dapat menjadi solusi inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang interaktif dan menyenangkan. Guru diharapkan dapat menerapkan media ini secara berkelanjutan untuk mendukung pembelajaran yang lebih efektif dan sesuai dengan kebutuhan siswa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andriany, R., & Warsiman, W. (2023). Penggunaan Media Pembelajaran Berbasis Wordwall di Era Merdeka Belajar untuk Meningkatkan Minat Belajar Siswa SD. GHANCARAN: Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, 406–422. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.8209

Ferlina, L., & Fratiwi, N. J. (2024). Edugame Wordwall: Sebuah Media Untuk Meningkatkan Minat Belajar Matematika Siswa Sekolah Dasar. Walada: Journal of Primary Education, 3(2), 73–88. https://doi.org/10.61798/wjpe.v3i2.126

Khairunnisa. (2023). Analisis Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall Berbasis TPACK pada Pembelajaran IPA Materi Siklus Air Peserta didik Kelas IV SDN. Seminar Nasional LPPM UMMAT, 2(April), 353–361.

Khoriyah, R., & Muhid, A. (2022). Inovasi Teknologi Pembelajaran dengan Menggunakan Aplikasi Wordwall Website pada Mata Pelajaran PAI di Masa Penerapan Pembelajaran Jarak Jauh: Tinjauan Pustaka. Tarbiyah Wa Ta’lim: Jurnal Penelitian Pendidikan Dan Pembelajaran, 9(3), 192–205. https://doi.org/10.21093/twt.v9i3.4862

Nafisah, T. M. (2024). Peningkatan Keaktifan Peserta Didik Melalui Media Wordwall dengan Pendekatan Teaching at The Right Level (TaRL) Pada Pembelajaran IPA. Ppii, 1562–1570.

Nissa, S. F., & Renoningtyas, N. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Minat dan Motivasi Belajar Siswa pada Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(5), 2854–2860. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i5.880

Nurbaya Harahap, Sakban Sakban, Deprizon Deprizon, Wismanto Wismanto, Radhiyatul Fithri, & Salman Salman. (2024). Penerapan Media Pembelajaran Wordwall untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar pada Mata Pelajaran IPA Kelas III di SDIT Muhammadiyah 01 Kotapinang. ALFIHRIS : Jurnal Inspirasi Pendidikan, 2(4), 158–168. https://doi.org/10.59246/alfihris.v2i4.1031

Putri Fajri Ma’wa, & Panca Dewi Purwati. (2024). Penerapan Media Wordwall Kuis Wordsearch untuk Meningkatkan Minat Belajar dan Keaktifan Siswa pada Materi Sistem Tata Surya Siswa Kelas VI. Jurnal Bintang Pendidikan Indonesia, 2(2), 201–211. https://doi.org/10.55606/jubpi.v2i2.2945

Rafidah, H. N., Wibowo, S. A., & Assidiqi, M. M. (2024). dapat menjadi salah satu solusi dalam menciptakan keaktifan peserta didik . Menurut. 5(2), 2498–2504.

Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.

Sugiantara, I. P., Listarni, N. M., & Pratama, K. (2024). Urgensi Pengembangan Media Pembelajaran Lingkaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasi Digital, 4(1), 73–80. https://doi.org/10.54065/jld.4.1.2024.448

Waluyo Hadi, Yofita Sari, & Nadra Maulida Pasha. (2024). Analisis Penggunaan Media Interaktif Wordwall terhadap Peningkatan Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Mipa, 14(2), 466–473. https://doi.org/10.37630/jpm.v14i2.1570

Waruwu, M. (2024). Pendekatan Penelitian Kualitatif: Konsep, Prosedur, Kelebihan dan Peran di Bidang Pendidikan. Afeksi: Jurnal Penelitian Dan Evaluasi Pendidikan, 5(2), 198–211. https://doi.org/10.59698/afeksi.v5i2.236

Unduhan

Diterbitkan

2025-01-24

Cara Mengutip

Aminaty, D., & Jasiah, J. (2025). Penggunaan Media Game Wordwall Sebagai Upaya Meningkatkan Keaktifan Siswa dalam Pembelajaran Al Qur’an dan Hadits: Meningkatkan Keaktifan Siswa Kelas VIII MTs Darul Amin dalam Pembelajaran Al-Qur’an dan Hadits Menggunakan Media Wordwall. JURNAL PENDIDIKAN, 25(2), 144–154. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i2.18372