Naskah ini versi lama yang diterbitkan pada 2021-01-21. Baca versi terbaru.

Pengunaan Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment-Interaction) Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran Ipa pada Siswa Kelas VI SDN Sampurna 2

Penulis

  • Nyai Erot Mali SDN Sampurna 2, Kec. Jajangkit, Kab. Kapuas, Kalteng

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2027

Kata Kunci:

IPA Aptitude, Treatment, Interaction

Abstrak

Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a) Apakah pembelajaran Pendekatan Ketrampilan berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam?; b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode pembelajaran Quantum Teaching? Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Pendekatan Ketrampilan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam; b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran Quantum Teaching. 

Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar. 

Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60 %), siklus II (80 %), siklus III (95%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode Pendekatan Ketrampilan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Sampurna 2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Ilmu Pengetahuan Alam. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Darmojo. 1993. Pendidikan IPA SD. Semarang: PGSD UNNES.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1985. Komponen Dasar Kependidikan. Jakarta:

Depdikbud Universitas Terbuka.

Dimyati, M. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Direktorat Pembinaan TK dan SD, 2009. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar

Anak. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari: http://www.ditptksd.go.id.

Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Soli, A. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.

Sudjana, N. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja

Rosdakarya.

Tantoy, 2008. Prestasi Belajar. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari:

http://www.scribd.com/tantoy.

Trihastuti, S. & Rimy, Y. 2008. Pembelajaran Ketrampilan Proses, Inquiry dan Discovery

Learning. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari: http://lpmpjogja.diknas.go.id.

Diterbitkan

2021-01-21

Versi

Cara Mengutip

Nyai Erot Mali. (2021). Pengunaan Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment-Interaction) Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran Ipa pada Siswa Kelas VI SDN Sampurna 2 . JURNAL PENDIDIKAN, 21(2), 105–117. https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2027