Pengunaan Pembelajaran ATI (Aptitude Treatment-Interaction) Dalam Upaya Peningkatan Pemahaman Perkembangbiakan Tumbuhan Pelajaran Ipa pada Siswa Kelas VI SDN Sampurna 2
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v21i2.2027Kata Kunci:
IPA Aptitude, Treatment, InteractionAbstrak
Penelitian ini berdasarkan permasalahan: a) Apakah pembelajaran Pendekatan Ketrampilan berpengaruh terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam?; b) Seberapa tinggi tingkat penguasaan materi pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam dengan diterapkannya metode pembelajaran Quantum Teaching? Tujuan dari penelitian ini adalah: a) Untuk mengungkap pengaruh pembelajaran Pendekatan Ketrampilan terhadap hasil belajar Ilmu Pengetahuan Alam; b) Ingin mengetahui seberapa jauh pemahaman dan penguasaan mata pelajaran Ilmu Pengetahuan Alam setelah diterapkannya pembelajaran Quantum Teaching.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan (action research) sebanyak tiga putaran.Setiap putaran terdiri dari empat tahap yaitu: rancangan, kegiatan dan pengamatan, refleksi, dan refisi. Sasaran penelitian ini adalah siswa Kelas VI. Data yang diperoleh berupa hasil tes formatif, lembar observasi kegiatan belajar mengajar.
Dari hasil analis didapatkan bahwa prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari siklus I sampai siklus III yaitu, siklus I (60 %), siklus II (80 %), siklus III (95%).Simpulan dari penelitian ini adalah metode Pendekatan Ketrampilan dapat berpengaruh positif terhadap motivasi belajar Siswa SDN Sampurna 2 serta model pembelajaran ini dapat digunakan sebagai salah satu alternative Ilmu Pengetahuan Alam.
Unduhan
Referensi
Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta
Darmojo. 1993. Pendidikan IPA SD. Semarang: PGSD UNNES.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1985. Komponen Dasar Kependidikan. Jakarta:
Depdikbud Universitas Terbuka.
Dimyati, M. 1999. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.
Direktorat Pembinaan TK dan SD, 2009. Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Prestasi Belajar
Anak. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari: http://www.ditptksd.go.id.
Puskur. 2006. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.
Soli, A. 2008. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Dirjen Dikti Depdiknas.
Sudjana, N. 1991. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. Remaja
Rosdakarya.
Tantoy, 2008. Prestasi Belajar. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari:
Trihastuti, S. & Rimy, Y. 2008. Pembelajaran Ketrampilan Proses, Inquiry dan Discovery
Learning. Dikutip pada tanggal 28 Juli 2009 dari: http://lpmpjogja.diknas.go.id.
Diterbitkan
Versi
- 2021-01-20 (3)
- 2021-05-20 (2)
- 2021-01-21 (1)
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Nyai Erot Mali
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.