Bimbingan dan konseling Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Penggunaan Permainan "I've Got You" Di SMA Negeri 1 Kurun, Kuala Kurun
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3494Kata Kunci:
Conselor, Group Guidance Service, “I’ve Got You” games, Teacher ParticipationAbstrak
Peran dan konstribusi guru tetap sangat diharapkan guna kepentingan efektivitas dan efisien pelayanan Bimbingan dan Konseling di sekolah. Guru pun dapat bertindak sebagai konselor bagi siswanya. Dengan demikian untuk membantu proses pendidikan dan kwalitas manusia salah satu kebijaksanaan pemerintah adalah mengangkat bimbingan dan konseling di sekolah-sekolah sesuai dengan SK Menteri pada tanggal 15 Januari 1975 No. 008d/1975 dan 008e/1975, berikut dipertegas lagi dengan SK maupun No. 84/1993 dan No. 118/1996, dan terakhir terkandung dalam kurikulum 2013 adalah peminatan. Tujuan pengabdian ini “ingin mengetahui partisipasi guru dalam melaksanakan layanan bimbingan kelompok dengan metode permainan “I’ve Got You” di SMA NEGERI 1 KURUN, KUALA KURUN ”, Sampel berjumlah 41 orang guru di sekolah. Alat pengumpulan data utama menggunakan teknik Check List, yaitu: suatu cara untuk memperoleh data dengan membuat daftar pertanyaan yang ditujukan kepada seluruh guru pada SMA NEGERI 1 KURUN, KUALA KURUN. Cara menganalisa data untuk menguji kenyataan yang ada partisipasi guru di sekolah terhadap pelaksanaan layanan bimbingan kelompok, pengabdi menggunakan perhitungan prosentase. Hasil pengabdian menunjukkan bahwa hampir semua komponen tujuan dalam pengabdian dilaksanakan dengan prosentase 100% cukup tinggi oleh guru-guru di sekolah. Ini berarti guru sangat berpartisipasi dan mendukung Layanan Bimbingan Kelompok di SMA NEGERI 1 KURUN, KUALA KURUN.
Unduhan
Referensi
Miller, M. H. & Modigliani, F. 1961. Dividend Policy, Growth, and the Valuation of Shares. Journal of Business, 34 (4), 411-433.
Nazir, M. 1983. Metode Penelitian. Ghalia Indonesia.
Kusumaningtyas, A.S. 2016. Layanan konseling kelompok teknik play theraphi untuk mengatasi siswa membolos. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, Volume 1, Nomor 1, 49-57. Surabaya 28 Mei 2016, Universitas Negeri Surabaya.
Leksana, D.M. 2017. Bimbingan kelompok dengan teknik permainan tradisional untuk meningkatkan penyesuaian social. Jurnal of Childhood Education, 1(1), 14-20. http://dx.doi.org/10.30736/jce.v1i1.2.
Lestariani, K., Sulastri, M. & Ambara, D.P. 2014. Efektifitas bimbingan kelompok melalui media permainan playdough untuk menignkatkan kreativitas. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Undiksha, 2(1), http://dx.doi.org/10.23887/paud.v2i1.4381.
Sangalang, O.K. dan Nopi. 2016. Bimbingan Kelompok Dengan Menggunakan Teknik Musik dan Permainan (games) Untuk Meningkatkan Kecerdasan Emosional Siswa Kelas X SMA Negeri 1 Palangka Raya. Jurnal Pendidikan. Volume 17. Lembaga Penelitian Universitas Palangka Raya.
Senjaya, W. 2006. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setyaputri, N.Y. 2016. Media Permainan “Roda Pelangi” sebagai Alternatif Pilihan Media Bimbingan dan Konseling di Sekolah. Prosiding Seminar Nasional Bimbingan dan Konseling, Volume 1, Nomor 1, 146-150. Surabaya 28 Mei 2016, Universitas Negeri Surabaya.
Suwarjo & Eliasa. 2011. 55 Permainan (Games) dalam Bimbingan dan Konseling. Yogyakarta: Paramitra Publishing.
SK Menteri Pada tanggal 15 Januari 1975 No. 008d/1975 dan 008e/1975
SK No. 84/1993
SK No. 118/1996
Kurikulum 2013
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Oktamia Karuniaty Sangalang
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.