I IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI

Penulis

  • Susanti Etnawati susantietnawati.2021@student.uny.ac.id

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824

Kata Kunci:

language development, , early childhood, zone of proximal development and scaffolding

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perkembangan bahasa pada anak usia dini berdasarkan teori Vygotsky. Jenis penelitian ini adalah bibliografi. Data diperoleh dari riset kepustakaan (library research). Teknik pengumpulan data yang digunakan peneliti ini adalah studi kepustakaan. Teknik analisis data pada penelitian ini dengan menggunakan teknik analisa kualitatif dengan cara deduktif.

Hasil penelitian yang diperoleh bahwa perkembangan kemampuan bahasa anak dapat berkembang baik sangat dipengaruhi oleh lingkungan sekitar dan bantuan dari orang dewasa disekitar anak. ZPD (zone of proximal development) dan scaffolding sangat membantu anak mencapai kemampuan tertingginya hingga anak dapat melakukan sendiri tanpa bantuan orang dewasa disekitarnya.  Dampak dari hasil penelitian yaitu rekomendasi untuk guru agar berperan sebagai fasilitator bagi anak dalam belajar, membantu dan memberi dukungan kepada  anak ketika dibutuhkan agar anak dapat mencapai perkembangan kemampuan maksimal dari dalam dirinya.

Kata kunci: perkembangan bahasa, anak usia dini, ZPD (zone of proximal development) dan scaffolding

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Mahabbati, A. 2013. Language and mind menurut vygotsky,aplikasi terhadap pendidikan anak dan kritiknya. Jurnal Pendidikan Edukasia, II.

Chomsky, N. 2006. Language and Mind. In Language and Mind. Cambride, UK: Cambridge University Press. https://doi.org/10.1017/cbo9780511791222

Machali, R. 2009. Pedoman Bagi Penerjemah: Panduan Lengkap Bagi Anda yang Ingin Menjadi Penerjemah Profesional. Bandung: Kaifa.

Paud, G. T. K. 2020. Perkembangan anak usia dini.

Robingatin, & Ulfah, Z. 2019. Perkembangan bahasa anak usia dini (analisis kemampuan bercerita anak).

Sari, R. 2018. Program studi pendidikan islam anak usia dini fakultas tarbiyah dan tadris institut agama islam negeri bengkulu 2018.

Suardipa, I. P. 2020. Social-revolution ala vygotsky dalam konteks pembelajaran. 1.

Utami, I. G. A. L. P. 2016. Teori konstruktivisme dan teori sosiokultural: aplikasi dalam pengajaran bahasa inggris. Prasi, 11(01), 4–11.

Sujiono, Y. N. 2013. Konsep dasar pendidikan anak usia dini (Bambang Sarwiji (ed.); VIII, p. 260). PT Indeks.

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Etnawati, S. (2022). I IMPLEMENTASI TEORI VYGOTSKY TERHADAP PERKEMBANGAN BAHASA ANAK USIA DINI. JURNAL PENDIDIKAN, 22(2), 130–138. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3824