The Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat

Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat (Studi Kasus Pada Kelas VII SMP Katolik ST Paulus Palangka Raya)

Penulis

  • Sisilia Malau SMP Katolik St Paulus
  • Sugilar . Universitas Terbuka
  • Yumiati . Universitas Terbuka

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3994

Kata Kunci:

learning obstacles, learning integers operation, memory, motivation, interest

Abstrak

Penelitian ini membahas tentang hambatan belajar Matematika yang dialami oleh siswa kelas VII semester ganjil tahun pelajaran 2018/2019 di  SMP Katolik St Paulus Palangka Raya dalam mempelajari materi Operasi Bilangan Bulat. Hambatan tersebut dapat dilihat berdasarkan kesalahan-kesalahan yang dilakukan dalam menyelesaikan soal-soal yang diberikan. Tujuan dari penelitian ini adalah analisis secara mendalam tentang hambatan-hambatan belajar (learning obstacles) berupa kesulitan belajar bilangan bulat yang dialami oleh siswa dan hambatan guru dalam memilih metode belajar dalam menjelaskan bilangan bulat. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang menekankan pada karakter penelitian deskriptif. Sesuai pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini maka analisis yang digunakan adalah secara induktif. Berkaitan dengan hal itu, teknik pengumpulan data dilakukan dengan triangulasi yaitu gabungan dari tes tertulis, wawancara dan studi dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ketiga subjek penelitian mengalami hambatan belajar Learning obstacle tipe 1 siswa dalam memahami sifat operasi bilangan bulat, khususnya bilangan bulat negatif; Learning obstacle tipe 2 siswa kesulitan dalam menentukan analisa rumus operasi bilangan bulat; dan Learning obstacle tipe 3, yaitu kesulitan siswa dalam mengoperasikan operasi bilangan bulat dalam penyelesaian soal. Ketiga siswa terebut merupakan siwa pada tingkat rendah yang mengalami kesulitan belajar dilihat dari perolehan nilai ulangan yang selalu di bawah rata rata. Penyebab terjadinya  learning obstacles tersebut disebabkan siswa mengalami kelemahan memory, kurangnya motivasi dan, rendahnya minat belajar.

 

Kata Kunci: Hambatan belajar, operasi bilangan bulat, memory, motivasi, minat belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Almeida, R., & Bruno, A. 2014. Strategies of pre-service primary school teachers for solving addition problems with negative numbers. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 45(5), 719-737. http://dx.doi.org/10.1080/002073999287482.

Altiparmak, K., & Ozdogan, E. 2010. A Study on the teaching of the concept of negative numbers. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology, 41(1), 31-47. http://dx.doi.org/10.1080/00207390903189179

Creswell, J. W. 2009. Research Design Pendekatan Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penterjemah Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fernandes, L. Appulembang, O.D., & Winardi, Y. 2019. Hambatan Belajar Matematika: Studi Kasus Di Kelas Viii Suatu Sekolah Di Semarang [Barriers To Learning Mathematics: A Case Study Of Grade 8 Students At A School In Semarang. JOHME: Journal of Holistic Mathematics Education, 3(1), 16-31.

Fuadiah, N.F., Suryadi, D., & Turmudi. 2017. Some difficulties in Understanding Negative Numbers Faced by Students: A Qualitative Study Applied at Secondary Schools in Indonesia. International Education Studies, 10(1), 24-38.

Khairani, E. 2014. Meningkatkan Pemahaman dan Mengurangi Kecemasan Matematis Siswa dengan Menggunakan Model Pembelajaran ARIAS. Thesis. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Mirani, F. & Retnawati, H. 2020. Analisis Faktor Penyebab Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP pada Materi Geometri dan Pengukuran. Prosiding Pendidikan Matematika dan Matematika Volume 2, 1-11. Universitas Negeri Yogyakarta, Yogyakarta.

National Research Council. 2002. Helping Children Learn Mathematics. Washington, DC: The National Academies Press. https://doi.org/10.17226/10434.

Purnama, V. I. 2017. Analisis Kesulitan Belajar Matematika Siswa SMP Negeri 2 Badegan Kelas VIII E dalam Mempelajari Aljabar. Skripsi. Ponorogo: Universitas Muhamadyah Ponorogo.

Reys, R., Lindquist, M.M., Lambdin, D.V., dan Smith, N.L. 2009. Helping Children Learn Mathematics (9th edition), Nebraska: John Willey & Sons, Inc.

Shantel, B. 2015. .Learning Disabilities 101: Everything You Need to Know about how learning disabilities affect reading skills. USA: Reading Horizons.

Slameto, 2010. Belajar dan factor-faktor yang mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Susilo, F. 2004. Matematika humanistik. Yogyakarta: Basis.

Syah, M. 2003. Psiklogi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Perkasa

Yustifa, Y., Neneng Titat R., Tutu Yuliawati W. 2017. Analisis Hambatan Belajar (Learning Obstacle) Siswa SMP pada Materi Statistika. Aksioma, 8(1), 76-86.

Diterbitkan

2022-01-26

Cara Mengutip

Malau, S., ., S., & ., Y. (2022). The Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat : Analisis Hambatan Belajar Operasi Bilangan Bulat (Studi Kasus Pada Kelas VII SMP Katolik ST Paulus Palangka Raya). JURNAL PENDIDIKAN, 22(2), 116–129. https://doi.org/10.52850/jpn.v22i2.3994