NUMERASI SISWA SMA IPA DAN IPS SERTA IMPLIKASINYA TERHADAP PENIADAAN JURUSAN DI KURIKULUM PROTOTYPE
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.5330Kata Kunci:
Positive dependence, prototype curriculum, mathematical literacy, Story Problems, numeracyAbstrak
Kurikulum prototype memiliki karakteristik berupa peniadaan jurusan dan penekanan pada literasi. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbedaan literasi matematika (numerasi) antara siswa jurusan IPA dan IPS. Numerasi adalah kemampuan siswa dalam menyelesaikan masalah dalam konteks kehidupan sehari-hari. Apakah peniadaan jurusan ini akan berdampak pada keberhasilan pelaksanaan kurikulum prototype?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitiannya adalah experimental dengan post-test two groups design. Populasinya adalah siswa SMA dari salah satu sekolah negeri di Kabupaten Barito Utara, Kalimantan Tengah. Sampelnya dipilih menggunakan purposive sampling karena pembelajaran tatap muka terbatas dengan sistem shifting. Instrumennya adalah dua masalah numerasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa IPA lebih dari siswa IPS. Walaupun demikian, literasi siswa secara keseluruhan masih rendah. Kondisi tersebut perlu diantisipasi dalam kurikulum prototype dengan menciptakan pembelajaran yang mendorong terjadinya interaksi sosial, ketergantungan positif, serta menekankan pada penggunaan masalah matematika.
Unduhan
Referensi
Anggraena, Y., Felicia, N., Eprijum, D., Pratiwi, I., Utama, B., Alhapip, L., & Widiaswati, D. 202). Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. 2022. Analisis Kemampuan Numerasi Siswa SMA dalam Menyelesaikan Soal Asesmen Kompetensi Minimum (AKM). MATHEdunesa Jurnal Ilmiah Pendidikan Matematika, 11(3), 837–849. https://doi.org/https://doi.org/10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849
Arends, R. I. 2012. Learning to Teach (9th ed.). The McGraw-Hill Companies, Inc.
Cohen, L., Manion, L., & Morrison, K. 2007. Research Methods in Education (6th ed.). Routledge.
Gufron, A. M., Basir, M. A., & Aminudin, M. 2021. Analisis Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Tes Kemampuan Literasi Numerasi Berdasarkan Newman’s Analysis Error. Seminar Nasional Pendidikan Sultan Agung 2, 2(1), 99–107.
Haqiqi, A. K., & Syarifa, S. N. 2021. Keefektifan Model Problem Based Learning Berbantuan Video dan Liveworksheets Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa. Jurnal Pendidikan Matematika (Kudus), 4(2), 193–210. https://doi.org/10.21043/jmtk.v4i2.12048
Mairing, J. P. 2016. Statistika Pendidikan: Konsep dan Aplikasi Menggunakan Minitab dan Excel. Andi Offset.
___________. 2018. Pemecahan Masalah Matematika: Cara Siswa Memperoleh Jalan untuk Berpikir Kreatif dan Sikap Positif. Alfabeta.
Mairing, J. P., Budayasa, I. K., & Juniati, D. 2011. Profil Pemecahan Masalah Siswa Peraih Medali OSN Matematika. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran, 18(1), 65–71.
Masitoh, Lisda Fitriana, and Harina Fitriyani. "Improving students' mathematics self-efficacy through problem based learning." Malikussaleh Journal of Mathematics Learning 1, no. 1. 2018: 26-30.
Masri, M. F., Suyono, & Deniyanti, P. 2018. Pengaruh Metode Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Self-Efficacy dan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis ditinjau dari Kemampuan Awal Matematika Siswa SMA. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 116–126. https://doi.org/10.30870/jppm.v11i1.2990.
Mulyanto, Heri, Gunarhadi, and Mintasih Indriayu. "The effect of problem based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skilss." International Journal of Educational Research Review 3, no. 2 (2018): 37-45.
National Council of Teachers of Mathematics [NCTM]. 2000. Principles and Standards for School Mathematics. The National Council of Teachers of Mathematics, Inc.
Priyonggo, Hendi Widi, Wardono, and T. S. N. A Asih. "Penggunaan modul agito dalam pembelajaran matematika SMA/SMK untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika." PRISMA 2. 2019: 668-678.
Purwanto, A. J. 2021. Pemahaman Siswa Kelas XI SMK Negeri 1 Pujer dalam Menyelesaikan Soal AKM Numerasi. Journal of Mathematics Education and Learning, 1(2), 109–115. https://doi.org/10.19184/jomeal.v1i2.24272
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2020. AKM dan Implikasinya pada Pembelajaran. Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan Kemdikbud.
Pusat Asesmen dan Pembelajaran. 2021. Kompetensi yang Diukur: Memahami dan Menggunakan Perbandingan Trigonometri. https://hasilun.puspendik.kemdikbud.go.id/akm/akm/soal?j=1&l=5&s=73
Rina, Herna, & Nur Fahri Tadjuddin. 2021. Pengaruh Minat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa dengan Aktivitas Belajar Sebagai Variabel Intervening. JTMT: Journal Tadris Matematika, 2(1), 19–27. https://doi.org/10.47435/jtmt.v2i1.648.
Sariningsih, R., & Purwasih, R. 2017. Pembelajaran Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis dan Self Efficacy Mahasiswa Calon Guru. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika, 1(1), 163–177. https://doi.org/ttp://dx.doi.org/10.33603/jnpm.v1i1.275.Anggraini, K. E., & Setianingsih, R. (2022). Analisis kemampuan numerasi siswa SMA dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum (AKM). MATHEdunesa, 11(3), 837-849. doi:10.26740/mathedunesa.v11n3.p837-849
Masitoh, L. F., & Fitriyani, H. 2018. Improving students' mathematics self-efficacy through problem based learning. Malikussaleh Journal of Mathematics Learning, 1(1), 26-30. doi:10.29103/mjml.v1i1.679
Masri, M. F., Suyono, & Deniyanti, P. 2018. Pengaruh metode pembelajaran berbasis masalah terhadap self-efficacy dan kemampuan pemecahan masalah matematis ditinjau dari kemampuan awal matematika siswa SMA [Effect of PBL to self-efficacy and problem solving ability of high school students']. Jurnal Penelitian dan Pembelajaran Matematika, 11(1), 116-126. doi:10.30870/jppm.v11i1.2990
Mulyanto, H., Gunarhadi, & Indriayu, M. 2018. The effect of problem based learning model on student mathematics learning outcomes viewed from critical thinking skilss. International Journal of Educational Research Review, 3(2), 37-45. doi:10.24331/ijere.408454
Priyonggo, H. W., Wardono, & Asih, T. S. 2019. Penggunaan modul agito dalam pembelajaran matematika SMA/SMK untuk meningkatkan kemampuan literasi matematika. PRISMA, 2, 668-678. Retrieved from https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/article/view/29215/12883
Sholehah, M., Wisudaningsih, E. T., & Lestari, W. 2022. Analisis kesulitan siswa SMA dalam menyelesaikan soal asesmen kompetensi minimum numerasi berdasarkan teori Polya. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 65-73. doi:10.31004/jpdk.v4i4.5163
Widiastuti, E. R., & Kurniasih, M. D. 2021. Pengaruh Model Problem Based Learning Berbantuan Software Cabri 3d v2 Terhadap Kemampuan Literasi Numerasi Siswa. Jurnal Cendekia: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2), 1687–1699. https://doi.org/10.31004/cendekia.v5i2.690
Winata, A., Widianti, I. S., & Cacik, S. 2021. Analisis Kemampuan Numerasi dalam Pengembangan Soal Asesmen Kemampuan Minimal pada Siswa Kelas XI SMA untuk Menyelesaikan Permasalahan Science. Educatio, 7(2), 498–508. https://doi.org/10.31949/educatio.v7i2.1090
Yustinaningrum, B. 2021. Deskripsi Kemampuan Literasi Numerasi Siswa Menggunakan Polya Ditinjau dari Gender. Jurnal Sinektik, 4(2), 129–141. https://doi.org/10.33061/js.v4i2.6174
Yusuf, R. M., & Ratnaningsih, N. 2022. Analisis Kesalahan Numerasi Peserta Didik dalam Menyelesaikan Soal Assesmen Kompetensi Minimum. Jurnal Paedagogy: Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan, 9 (1), 24–33. https://doi.org/10.33394/jp.v9i1.4507
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Jackson Pasini Mairing, Dita Monita, Dony Apriatama, Wiyogo
Artikel ini berlisensi Creative Commons Attribution-NonCommercial-NoDerivatives 4.0 International License.