MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL

Penulis

  • Alfrid Sentosa Universitas PGRI Palangka Raya
  • Dedy Norsandi Universitas PGRI Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444

Kata Kunci:

blended learning, flipped learning, hybrid learning, learning model, new normal

Abstrak

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk memberikan gambaran tentang bagaimana pembelajaran tatap muka di era new normal, model pembelajaran seperti apa yang dapat diterapkan guru dalam menghadapi tantangan pendidikan di era new normal.

Penulisan artikel ini menggunakan metode Literature Review. Model pembelajaran merupakan item penting dalam pembelajaran. Guru sebagai orang yang sangat berperan penting dalam proses pembelajaran harus menerapkan model pembelajaran yang tepat agar tujuan pembelajaran dapat tercapai. Beberapa model pembelajaran yang dapat diterapkan pada era new normal antara lain: 1) Model Inquiry Learning, 2) Model Contextual Learning, 3) Model Expository Expository Learning, 4) Model Problem Based Learning, 5) Model Cooperative Learning, 6) Model PAIKEM learning, 7) Model Quantum Learning, 8) Model Integrated Learning, 9) Model Multigrade learning, 10) Model  Structured Task Learning, 11) Model Model Portfolio Pembelajaran , 12) Model Pembelajaran Tematik.

 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Arends, R. 2001. Exploring teaching: An introduction to education. McGraw-Hill.

Adhitiya E.N dkk., 2015. “Studi Komparasi Model Pembelajaran Traditional Flipped Classroom Dengan Peer Instruction Flipped Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah,” Jurnal Unnes Journal of mathematics Education 4

As’ari Abdur Rahman, dkk. 2017. Buku Paket Matematika SMP/MTs Kelas VIII Semester Genap EdisRevisi 2017. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Astri pratiwi, dkk., 2017. Pengaruh Model Flipped Classroom Terhadap Self-Confidence Dan Hasil Belajar Siswa SMAN 8 Pontianak. dalam jurnal nusamba vol 1 no 2

Sianturi, Aprilita, dkk, 2018. Pengaruh Model Problem Based Learning (PBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa SMPN 5 Sumbul. UNION: Jurnal Pendidikan Matematika Vol 6 No 1,

Dewi, W. A. F. 2020. Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Douglas, H. J. 1996. Daya Ingat Super. Jakarta: Pustaka Delaprasata.

Eka Diana, Moh. Rofiki, 2020. Analisis Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Jurnal JRPP, Volume 3 Nomor 2. DOI: https://doi.org/10.31004/jrpp.v3i2.1356

Fatwa, A. 2020. Pemanfaatan Teknologi Pendidikan Di Era New Normal. Indonesian Journal Of Instructional Technology, 1(2), 20–30. Https://Jurnalmahasiswa.Unesa.Ac.Id/Index.Php/Jmtp/Article/Download/18175/16565%0ahttps://Journal.Stiemb.Ac.Id/Index.Php/Mea/Article/View/1236%0ahttps://Journal.Kurasinstitute.Com/Index.Php/Ijit/Article/View/37%0ahttp://Jurnal.Fai.Umi.Ac.Id/Index.Php/Eljo

Fajriah, N., & Sari, D. 2016. Meningkatkan Pemahaman Konsep Matematis Siswa pada Materi SPLDV melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think-Pair-Share di Kelas VIII SMP. EDU-MAT: Jurnal Pendidikan Matematika, 4(1), 68–75.https://doi.org/10.20527/edumat.v4i1.2291

Herry Novis Damayanti dan Sutama, 2016. “Efektivitas Flipped Classroom Terhadap Sikap Dan Keterampilan Belajar Matematika Di SMK Negeri 1 Gedangsari Gunung Kidul Yogyakarta,” Jurnal mangemen pendidikan, volume 11. No. 2.

Harahap, Suryani. 2018. Upaya Peningkatan Hasil Belajar Bangun Ruang Sisi Datar Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Pada Siswa Kelas VIII-G SMP Negeri 13 Tangerang. Indonesian Digital

Isrok’atun, Amelia, R., Bunga, S.F (Ed). 2018. Model-model Pembelajaran Matematika. Bandung: Bumi Aksara.

Ifrianti, S. 2015. Implementasi Metode Bermain dalam Meningkatkan Hasil Belajar IPS di Madrasah Ibtidaiyah. Terampil Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Dasar, 2(2), 150–169. http://www.ejournal.radenintan.ac.id/index.php/terampil/article/view/ 1289/1015

Johnson, R. L., Johnson, P. C., McWhorter, D. B., Hinchee, R. E., & Goodman, I. 1993. An overview of in situ air sparging. Groundwater Monitoring & Remediation, 13(4), 127–135.

Kurniasih Eka dkk, 2022. Metode Pembelajaran Efektif Di Era New Normal. Bandung: Widina Bhakti Persada.

Lie, A. 2002. Cooperative learning: Implementing cooperative learning in the classroom. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Lefudin, 2014. Belajar Dan Pembelajaran, Yogakarta: CV. Budi Utama.

Lu’luil Maknun1 , Hana Kamila, 2022. Model Pembelajaran dalam Rangka Menghadapi Pembelajaran Tatap Muka di Era New Normal pada Tingkat Sekolah Dasar/ Madrasah Ibtidaiyah. Jurnal Bacisedu. Volume 6 Nomor DOI: https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2004

Musfiroh, T. 2008. Cerdas melalui bermain. Jakarta: Grasindo.

Pedak, M. 2009. Potensi Kekuatan Otak Kanan dan Otak Kiri. Jogjakarta: Diva Press.

Paloloang, M. F. B. 2014. Penerapan Model Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Panjang Garis Singgung Persekutuan Dua Lingkaran di Kelas Viii Smp Negeri 19 Palu. Jurnal Elektronik Pendidikan Matematika Tadulako, 2(1), 67-77.

Putra, Tomi Tridaya, dkk. 2012. Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa dengan Pembelajaran Berbasis Masalah. Jurnal Pendidikan Matematika, Part 3. Vol. 1 No.1.

Pratiwi, Alifah Anggun., Adi, Wahyu., & Octoria, Dini. 2014. Pengaruh Model Problem Based Learning Dan Cooperative Learning Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Akuntansi Ditinjau Dari Motivasi Belajar. (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 1 Surakarta Tahun Ajaran 2013/2014). Jupe UNS. 2 (3), 338-353

Qoriawati, U. 2021. Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran Daring Bagi Peserta Didik Mi/Sd Pada Masa Pandemi Covid-19. Jemari (Jurnal Edukasi Madrasah Ibtidaiyah), 3(1), 10–17. Https://Doi.Org/10.30599/Jemari.V3i1.769

Rahayu, T., Syafril, S., Wekke, I. S., & Erlinda, R. 2019. Teknik Menulis Review Literatur Dalam Sebuah Artikel Ilmiah. September. Https://Doi.Org/10.31227/Osf.Io/Z6m2y

Rusman, R. 2014. Meningkatkan Prestasi Belajar IPA Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Think-Pairs Share (TPS). PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 3(1), 67. https://doi.org/10.21070/pedagogia.v3i1.58

Rusman. 2017. Belajar dan Pembelajaran :Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Cetakan Pertama. Jakarta:PT. Kharisma Putra Utama.

Siahaan, M. 2020. Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Dunia Pendidikan. Jurnal Kajian Ilmiah, 1(1), 73– 80. Https://Doi.Org/10.31599/Jki.V1i1.265

Shohib dan Yeni Anistyasari, 2017. Pengaruh Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Rancang Bangun Jaringan Di Smk Negeri 3 Buduran Sidoarjo. Jurnal IT – Edu Volume 02 Nomor 02

Sihaloho, dkk., 2017. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom Pada Materi Implus Dan Momentum. Jurnal Edu Matsains Voumel 2. No. 1.

Trianto Ibnu Badar al-Tabany. 2017. Mendesain Model Pembelajaran Inovatif, Progesif, dan Konstekstual, Jakarta: Kencana.

Yusuf, B. B. 2017. Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran Dan Keilmuan, Vol. 1, pp. 13–20

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Alfrid Sentosa, & Norsandi, D. . (2022). MODEL PEMBELAJARAN EFEKTIF DI ERA NEW NORMAL. JURNAL PENDIDIKAN, 23(2), 125–139. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7444