PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK MATA KULIAH MANAJEMEN PAUD

Penulis

  • Tini Adiatma Universitas Musamus
  • Paskha Marini Thana

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7731

Kata Kunci:

early education management course, flipbook, interactive digital, instructional media

Abstrak

Manajemen pendidikan anak usia dini harus diperhatikan untuk memastikan proses pendidikan berjalan dengan baik. Pengelolaan pendidikan anak usia dini di Indonesia masih terdapat beberapa permasalahan yang terjadi. Masalah ini juga dapat diatasi dengan menyiapkan sumber daya manusia yang mampu menangani proses manajemen di lembaga pendidikan anak usia dini. Di perguruan tinggi, topik ini menjadi mata kuliah yang harus dikuasai oleh mahasiswa pendidikan guru PAUD. Modul dapat menjadi media yang mendukung proses pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul interaktif digital berbasis flipbook dalam pengelolaan mata kuliah PAUD. Penelitian ini dilakukan dengan metode penelitian dan pengembangan. Hasil dari penelitian ini adalah modul interaktif digital berbasis flipbook pada manajemen pendidikan anak usia dini. Modul ini dikembangkan menggunakan heyzine.com, canva.com, wordwall.net, dan google docs agar modul ini lebih interaktif dan dapat diakses oleh semua orang. Modul ini mendapat respon yang baik dari ahli media, ahli materi, dan pengguna yang merupakan mahasiswa. 

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Bogusevschi, D., Muntean, C., & Muntean, G. M. 2020. Teaching and Learning Physics using 3D Virtual Learning Environment: A Case Study of Combined Virtual Reality and Virtual Laboratory in Secondary School. Journal of Computers in Mathematics and Science Teaching, 39(1), 5–18.

Firmansyah, E. A., & Wardhana, W. 2016. Penguatan Manajemen Lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) di Desa Garawangi dan Desa Rancaputat Kecamatan Sumberjaya Kabupaten Majalengka. JURNAL PENELITIAN, 10(2). https://doi.org/10.21043/jupe.v10i2.1673

Hasanati, A., Supriana, E., Mufti, N., Artikel Abstrak, I., & Hasanati Pendidikan Fisika, A. 2021. Kelayakan dan Pengaruh Modul Digital Usaha dan Energi berbasis Multimedia Interaktif terhadap Penguasaan Konsep. Jurnal Pendidikan : Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(11), 1687–1697. http://journal.um.ac.id/index.php/jptpp/

Herawati, N. S., & Muhtadi, A. 2018. Pengembangan modul elektronik (e-modul) interaktif pada mata pelajaran Kimia kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 5(2), 180–191. https://doi.org/10.21831/jitp.v5i2.15424

Irwandani, I., Latifah, S., Asyhari, A., Muzannur, M., & Widayanti, W. 2017. Modul Digital Interaktif Berbasis Articulate Studio’13: Pengembangan pada Materi Gerak Melingkar Kelas X. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-Biruni, 6(2), 221–231. https://doi.org/10.24042/jipfalbiruni.v6i2.1862

Knowles, M. S., Holton III, E. F., & Swanson, R. A. 2005. The adult learner: the definitive classic in adult education and human resource development. . In The Adult Learner (6th ed., p. 40). Elsevier.

Marlina, L. 2021. Organizing Management of Early Childhood Education Institution: A Case Study at One Raudhatul Athfal in Palembang. Jurnal Pendidikan Islam, 26(1), 2021. https://doi.org/10.19109/tjie.v26i1.6828

Mawarni, S., & Muhtadi, A. 2017. Pengembangan Digital Book Interaktif Mata Kuliah Pengembangan Multimedia Pembelajaran Interaktif untuk Mahasiswa Teknologi Pendidikan. Jurnal Inovasi Teknologi Pendidikan, 4(1), 84–96. http://journal.uny.ac.id/index.php/jitp

Nurhayati, D. 2017. Pengembangan Buku Digital Interaktif Mata Kuliah Pengembangan E-Learning pada Mahasiswa Teknologi Pendidikan FIP UNY. E-Jurnal Prodi Teknologi Pendidikan , VI, 458–473. https://journal.student.uny.ac.id/ojs/index.php/fiptp/article/view/7622

Priwantoro, S. W., Fahmi, S., & Astuti, D. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Kvisoft Flipbook Maker Dipadukan Dengan Geogebra Sebagai Alternatif Media Pembelajaran Mata Kuliah Program Linier. Seminar Nasional Pendidikan Matematika Ahmad Dahlan, 744–757. http://seminar.uad.ac.id/index.php/sendikmad/article/view/1166

Redy Winatha, K., Suharsono, N., & Agustini, K. 2018. Pengembangan E-Modul Interaktif Berbasis Proyek Mata Pelajaran Simulasi Digital. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 15(2), 188. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JPTK/issue/view/851

Siddik, B., & Kholisho, Y. N. 2019. Pengembangan Modul Pembelajaran Perakitan Komputer Berbasis Multimedia Interaktif. EDUMATIC: Jurnal Pendidikan Informatika, 3(1), 13. https://doi.org/10.29408/edumatic.v3i1.1389

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. 2013. Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(2), 264–288. https://doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v2i2.2171

Sugiyono. 2013. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta.

Utami, R. E., Nugroho, A. A., Dwijayanti, I., & Sukarno, A. 2018. Pengembangan E-Modul Berbasis Etnomatematika Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah. Jurnal Nasional Pendidikan Matematika), 2(2), 268–283.

Wahyuni, T., Wahyuni, S., & Yushardi. 2017. Pengembangan Modul Multimedia Interaktif Berbasis E-Learning Pada Pokok Bahasan Besaran dan Satuan di SMA. Jurnal Pembelajaran Fisika, 6(4), 404–410. https://doi.org/10.19184/jpf.v6i4.6234

Yayi FP, & Yuliana A. 2019. Pengembangan Multimedia Pembelajaran dalam Bentuk Buku Digital Interaktif Berbasis Flipbook Bagi Mahasiswa Teknik Mesin. Jupiter (Jurnal Pendidikan Teknik Elektro), 04(02), 1–10. https://doi.org/10.25273/jupiter.v4i2.5161

Zinnurain. 2021. Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA : Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1(1), 132–139.

Diterbitkan

2022-12-31

Cara Mengutip

Adiatma, T., & Thana, P. M. (2022). PENGEMBANGAN MODUL DIGITAL INTERAKTIF BERBASIS FLIPBOOK MATA KULIAH MANAJEMEN PAUD. JURNAL PENDIDIKAN, 23(2), 155–165. https://doi.org/10.52850/jpn.v23i2.7731