Penerapan Pembelajaran Berdasarkan Masalah Pada Materi Penjumlahan Dan Pengurangan Pecahan Murid Kelas IV Madrasah Ibtidaiyah NU (MIS Nu) Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.879Kata Kunci:
pembelajaran berdasarkan masalah, pecahanAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah dengan mengambil murid kelas IVc Madrasah Ibtidaiyah NU (MIS NU) Palangkaraya sebagai subjek penelitian. Penelitian ini dilakukan pada bulan Maret-April 2019 dengan melaksanakan 2 tindakan pembelajaran. Tindakan I memberikan materi tentang konsep dasar pecahan dan tindakan II memberikan materi tentang operasi penjumlahan dan pengurangan pecahan yang berpenyebut sama. Setiap tindakan yang dilakukan mengikuti alur pelaksanaan penelitian tindakan kelas model kemmis dan Mc.Taggart yang meliputi pernyataan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Data yang terkumpul dari hasil observasi dan evaluasi terhadap proses belajar dianalisis secara kualitatif dengan mendeskripsikan penerapan pembelajaran berdasarkan masalah. Sedangkan data tesm dianalisis secara kuantitatif degan perhitungan menggunakan skor. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) sebagian besar (79,3%) murid menguasai konsep pecahan dan operasi pecahan yang berpenyebut sama; (2) dengan penerapan pembelajaran berdasrkan masalah dapat meningkatkan keaktifan murid.