Pemahaman Mahasiswa Program Studi Pendidikan Matematika tentang Grup Berdasarkan Teori APOS
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v20i2.888Kata Kunci:
pemahaman, grup, teori APOSAbstrak
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan pemahaman mahasiswa
tentang grup ditinjau dari perbedaan jenis kelamin dan kemampuan
matematika dengan menggunakan analisis dekomposisi genetik berdasarkan
teori APOS (Action, Process, Object and schema).
Subjek dalam penelitian ini adalah 4 orang yang terdiri dari 2
mahasiswa laki-laki dan 2 mahasiswa perempuan yang berkemampuan tinggi
dan rendah.. Adapun data yang dikumpulkan dalam penelitian ini diperoleh
dari tes tertulis serta hasil wawancara yang lebih mendalam dan
komprehensip terhadap 4 subjek penelitian mengenai pemahamannya tentang
grup menurut kerangka teori APOS.
Selanjutnya data divalidasi sebelum dianalisis dengan menggunakan
analisis dekomposisi genetik berdasarkan teori APOS. Selanjutnya
pemahaman setiap subjek penelitian dipetakan ke salah satu level dari triad
perkembangan skema . Hasil penelitian menunjukkan mahasiswa laki-laki dan
mahasiswa perempuan dengan kemampuan tinggi masuk pada level trans
(level 2). Mahasiswa laki-laki dengan kemampuan rendah masuk pada level
intra (level 0), sedangkan mahasiswa perempuan dengan kemampuan rendah
hanya berada pada tahap aksi dan tidak masuk pada level manapun dari
triad.