LITERASI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA

Penulis

  • Muhammad Rizaldi Universitas Palangka Raya
  • Pantur Pandiangan Universitas Palangka Raya
  • Muhamad Hamdani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8886

Kata Kunci:

Mathematical literacy, contextual problems, ellipse

Abstrak

Literasi matematis atau yang biasanya dikenal dengan numerasi merupakan topik pendidikan yang menarik karena salah satu kirteria standar kompetensi lulusan. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan literasi matematis mahasiswa dalam mengerjakan masalah kontekstual matematika. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif deskriptif dengan instrumennya adalah tes kemampuan literasi matematis dan wawancara. Penelitian ini dilakukan pada mahasiswa pendidikan matematika semester 3. Hasil dari penelitian ini adalah deskripsi salah satu subjek yang memiliki literasi matematis yang paling baik diantara yang lainnya. Mahasiswa yang memiliki literasi matematis yang baik pada saat mengerjakan masalah kontekstual akan mengidentifikasi dan membuat variable yang diperlukan untuk langkah awal solusi masalah. Kemudian ia dapat menggunakan konsep, fakta, prosedur, dan penalaran secara matematis dengan menggunakan variable yang telah ia buat dan menghubungkannya dengan pengetahuan yang ia miliki. Terakhir ia juga menafsirkan, menerapkan, dan mengevaluasi hasil secara matematis dengan memberikan kesimpulan dari penyelesaian yang telah ia kerjakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Aguilar, M. S., & Castaneda, A. 2021. What mathematical competencies does a citizen needs to interpret Mexico’s official information about the COVID-19 pandemic? Educational Studies in Mathematics, 108(1–2), 227–248. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10082-9

Ammade, S., Mahmud, M., Jabu, B., & Tahmir, S. 2020. TPACK model based instruction in teaching writing: An analysis on TPACK literacy. International Journal of Language Education, 4(1), 129–140. https://doi.org/10.26858/ijole.v4i2.12441

Armstrong, A. 2020. Beginner’s mind and the middle years mathematics student. Research in Mathematics Education, 22(1), 48–66. https://doi.org/10.1080/14794802.2019.1647277

Barrett, G. F., & Riddell, W. C. 2019. Ageing and skills: The case of literacy skills. European Journal of Education, 54(1), 60–71. https://doi.org/10.1111/ejed.12324

Bolstad, O. H. 2021. Lower secondary students’ encounters with mathematical literacy. Mathematics Education Research Journal, 1. https://doi.org/10.1007/s13394-021-00386-7

Creswell, J. W. 2009. Research Design Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Apporoaches. Third Edition. (9th ed.). Yogyakarta: Pustaka Belajar.

Giatman, M., Siswati, S., & Basri, I. Y. 2020. Online Learning Quality Control in the Pandemic Covid-19 Era in Indonesia. Journal of Nonformal Education, 6(2), 168–175. https://journal.unnes.ac.id/nju/index.php/jne

Hoyles, C. 2018. Transforming the mathematical practices of learners and teachers through digital technology*. Research in Mathematics Education, 20(3), 209–228. https://doi.org/10.1080/14794802.2018.1484799

Jablonka, E., & Bergsten, C. 2021. Numbers don’t speak for themselves: strategies of using numbers in public policy discourse. Educational Studies in Mathematics, 108(3), 579–596. https://doi.org/10.1007/s10649-021-10059-8

Jackson, C., Mohr-Schroeder, M. J., Bush, S. B., Maiorca, C., Roberts, T., Yost, C., & Fowler, A. 202). Equity-Oriented Conceptual Framework for K-12 STEM literacy. International Journal of STEM Education, 8(1). https://doi.org/10.1186/s40594-021-00294-z

Kemdikbud. 2022. Peraturan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia Nomor 5 Tahun 2022 Tentang Standar Kompetensi Lulusan Pada Pendidikan Anak Usia Dini, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah.

Kurniawati, I., & Kurniasari, I. 2019. Literasi Matematika Siswa Dalam Menyelesaikan Soal Pisa Konten Space and Shape Ditinjau Dari Kecerdasan Majemuk. MATHEdunesa, 8(2), 441–448.

Mairing, J. P., Sidabutar, R., Lada, E. Y., & Aritonang, H. 2021. Synchronous and asynchronous online learning of advanced statistics during Covid-19 pandemic. JRAMathEdu (Journal of Research and Advances in Mathematics Education), 6(3), 191–205. https://doi.org/10.23917/jramathedu.v6i3.13477

Mallart, A., Font, V., & Diez, J. 2018. Case study on mathematics pre-service teachers’ difficulties in problem posing. Eurasia Journal of Mathematics, Science and Technology Education, 14(4), 1465–1481. https://doi.org/10.29333/ejmste/83682

Mansur, N. 2018. Melatih Literasi Matematika Siswa dengan Soal PISA. Prisma, 1, 140–144. https://journal.unnes.ac.id/sju/index.php/prisma/%0AMelatih

Masfufah, R., & Afriansyah, E. A. 2021. Analisis Kemampuan Literasi Matematis Siswa melalui Soal PISA. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 10(2), 291–300. https://doi.org/10.31980/mosharafa.v10i2.825

Meilinda, H., Prayitno, B. A., & Karyanto, P. 2017Student’s Environmental Literacy Profile Of Adiwiyata Green School In Surakarta, Indonesia. Journal of Education and Learning (EduLearn), 11(3), 299–306. https://doi.org/10.11591/edulearn.v11i3.6433

Moleong, L. J. 2016. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Rosda.

NCTM. 2000. Principles and Standarts for School Mathematics. National Council of Teachers of Mathematics.

OECD. 2018. PISA for Development Assessment and Analytical Framework. In OECD Publishing. https://www.oecd-ilibrary.org/education/pisa-for-development-assessment-and-analytical-framework_9789264305274-en

Rahmawati, & Mahdiansyah. 2014. Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional dengan Konteks IndonesiaRahmawati, and Mahdiansyah. “Literasi Matematika Siswa Pendidikan Menengah : Analisis Menggunakan Desain Tes Internasional Dengan Konteks. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 20, 452–469.

Reiter, C. 2022. Changes in Literacy Skills as Cohorts Age. Population and Development Review, 48(1), 217–246. https://doi.org/10.1111/padr.12457

Rizaldi, M., Hidayanto, E., & Rahardi, R. 2021. Berpikir Kritis Siswa Melalui Aktivitas Problem Posing dengan Konteks Masalah yang Tidak Masuk Akal. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 6(2), 191–198.

Suryaman, M., Cahyono, Y., Muliansyah, D., Bustani, O., Suryani, P., Fahlevi, M., Pramono, R., Purwanto, A., Purba, J. T., Munthe, A. P., Juliana, & Harimurti, S. M. 2020. COVID-19 pandemic and home online learning system: Does it affect the quality of pharmacy school learning? Systematic Reviews in Pharmacy, 11(8), 524–530. https://doi.org/10.31838/srp.2020.8.74

Wilkins, J. L. M. 2015. Standards-based mathematics curricula and the promotion of quantitative literacy in elementary school. International Journal of STEM Education, 2(1). https://doi.org/10.1186/s40594-015-0032-x

Yuliani, M., Simarmata, J., Susanti, S. S., Mahawati, E., Sudra, R. I., Dwiyanto, H., Irawan, E., Ardiana, D. P. Y., Muttaqin, & Yuniwati, I. 2020. Pembelajaran daring untuk pendidikan: Teori dan penerapan. Yayasan Kita Menulis.

Diterbitkan

2023-06-01

Cara Mengutip

Muhammad Rizaldi, Pandiangan, P., & Hamdani, M. (2023). LITERASI MATEMATIS MAHASISWA DALAM MENGERJAKAN MASALAH KONTEKSTUAL MATEMATIKA . JURNAL PENDIDIKAN, 24(1), 46–60. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i1.8886