Identifikasi Kesalahan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Lingkaran di Kelas VIII MTS Islamiyah Palangka Raya
DOI:
https://doi.org/10.52850/jpn.v19i2.917Kata Kunci:
identifikasi, kesalahan, soal lingkaranAbstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk: 1) mendeskripsikan kesalahan
yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran kelas VIII MTs
Islamiyah Palangka Raya 2) mendeskripsikan faktor yang menyebabkan
kesalahan yang dilakukan siswa dalam menyelesaikan soal lingkaran kelas
VIII MTs Islamiyah Palangka Raya.
Penelitian dilaksanakan pada semester ganjil 2018/2019 di kelas VIII
MTs Islamiyah Palangka Raya pada materi lingkaran. Pendekatan dalam
penelitian ini adalah kualitatif dengan jenis penelitian deskriptif. Penelitian
dilakukan dikelas VIII MTs Islamiyah Palangka Raya sebanyak 38 siswa.
Subjek dipilih 4 siswa yang paling dominan/sering melakukan kesalahan
ditinjau dari 4 aspek kesalahan. Instrumen yang digunakan yaitu tes
sebanyak 4 soal, yang sebelumnya telah ditelaah oleh tiga orang rater yaitu
dua teman sejawat Program Studi Pendidikan Matematika dan satu guru
Matematika MTs Islamiyah Palangka Raya. Metode pengumpulan data
yang digunakan adalah tes dan wawancara. Analisis data dilakukan dengan
reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh kesimpulan sebagai berikut:
a) kesalahan fakta yaitu siswa tidak teliti menuliskan apa yang diketahui
dan ditanyakan, b) kesalahan konsep yaitu siswa kurang mampu memahami
bentuk soal sehingga siswa tidak mampu menyimpulkan rumus untuk
penyelesaian, c) kesalahan operasi yaitu siswa tidak mampu menyimpulkan
konsep matematika dari soal tersebut sehingga siswa tidak mampu
menyelesaikan operasi hitung dengan benar, d) kesalahan prinsip yaitu
siswa tidak memahami soal dengan baik sehingga berdampak pada saat
siswa menyimpulkan rumus tersebut. Faktor penyebab siswa melakukan
kesalahan yaitu a) siswa tidak teliti dalam membaca soal, b) kelemahan
dalam menghitung, dan c) kesulitan dalam mentransfer pengetahuan.