Hubungan Kreativitas Belajar dan Interaksi Sosial di Sekolah dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017

Penulis

  • Uminastuti Universitas Palangka Raya
  • Radikasari Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.928

Kata Kunci:

Kreativitas, Interaksi Sosial, Hasil Belajar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) hubungan
kreativitas belajar dengan hasil belajar matematika siswa; (2)
hubungan interaksi sosial di sekolah dengan hasil belajar
matematika siswa; (3) hubungan kreativitas belajar dan interaksi
sosial di sekolah dengan hasil belajar matematika siswa.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP
Negeri 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017 sebanyak 321
siswa dan sampel diambil menggunakan sampel random sampling
sebanya 180 siswa. Angket digunakan untuk digunakan
memperoleh data kreativitas belajar dan interaksi sosial di
sekolah, sedangkan data hasil belajar matematika diambil dengan
menggunakan tes hasil belajar. Seluruh instrumen telah divalidasi
dengan uji coba di kelas VIII-5 SMP Negeri 2 Palangka Raya. Analisis data menggunakan analisis korelasi dan analisis regresi.
Pada penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: 1) Ada
hubungan positif yang signifikan serta ada pengaruh yang
signifikan kreativitas belajar dengan hasil belajar matematika
siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya. 2) Ada hubungan
positif yang signifikan tetapi pengaruh yang tidak signifikan
interaksi social di sekolah dengan hasil belajar matematik siswa
kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya. 3) Ada hubungan
positif yang signifikan dan pengaruh yang signifikan kreativitas
belajar dan interaksi sosial di sekolah dengan hasil belajar
matematika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Palangka Raya.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2018-06-12

Cara Mengutip

Uminastuti, & Radikasari. (2018). Hubungan Kreativitas Belajar dan Interaksi Sosial di Sekolah dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas VIII SMN 3 Palangka Raya Tahun Ajaran 2016/2017. JURNAL PENDIDIKAN, 19(1), 58–66. https://doi.org/10.52850/jpn.v19i1.928