Pengembangan Media Buku 3 Dimensi (POP UP) Sebagai Alat Bantu Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini

Penulis

  • Sophia Oktavia Balimulia Universitas Palangka Raya
  • Ignatia Imelda Fitriani Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.940

Kata Kunci:

buku pop up 3 dimensi, media alat bantu

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media alat
bantu yang memberikan kemudahan bagi pendidik (guru dan
orangtua) untuk menanamkan nilai karakter pada anak khususnya
pada anak usia dini.
Penilaian efektifitas penggunaan media buku pop up 3 dimensi
didasarkan atas penilaian dinamika peningkatan karakter anak
berdasarkan indikator amatan. Data akan dianalisis menggunakan
uji statistik anava satu jalur. Pengambilan data dilakukan untuk
sebanyak tiga kali yakni sebelum penggunaan media setelah stimulasi
berjarak 2 minggu dan setelah stimulasi berjarak 4 minggu. Data
akan dianalisis menggunakan uji statistik anava satu jalur.
Fhitung menunjukan hasil 260,005 lebih besar dari Ftabel
3,22 pada tingkat signifikansi 5%. Jadi hipotesis yang berbunyi
ada perbedaan nilai karakter anak setelah penggunaan media buku
pop up 3 dimensi, dapat diterima.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Diterbitkan

2017-12-10

Cara Mengutip

Sophia Oktavia Balimulia, & Ignatia Imelda Fitriani. (2017). Pengembangan Media Buku 3 Dimensi (POP UP) Sebagai Alat Bantu Penanaman Nilai Karakter Pada Anak Usia Dini. JURNAL PENDIDIKAN, 18(2), 141–146. https://doi.org/10.52850/jpn.v18i2.940