Bimbingan Kelompok Teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) Efektif Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik

Penulis

  • Novia Syapitri Universitas Palangka Raya
  • Romiaty . universitas palangka raya
  • Esty Pan Pangestie universitas Palangka raya

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.9722

Kata Kunci:

Contextual Teaching and Learning, Group Counseling, Self Confidence

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas bimbingan kelompok teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) dalam meningkatkan kepercayaan diri peserta didik kelas VIII-7 di SMP Negeri 2 Palangka Raya Tahun ajaran 2022/2023.

         Pada penelitian ini merupakan jenis penelitian pre-eksperimental dengan desain ‘One Group Pre-Test and Post-Test Design’. Sampel diambil dengan Teknik Purposive Sampling sehingga sesuai dengan kriteria pemilihan sampel, yaitu 6 Peserta Didik dari kelas VIII-7 SMPN 2 Palangka Raya yang ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Alat pengumpul data utama adalah kuesioner. Kemudian, data dianalisis menggunakan statistik parametrik dari Uji Paired Sample T-test (Program SPSS Versi 25).

         Hasil penelitian menunjukkan bahwa perhitungan uji-t dengan menggunakan uji paired sampel t test ini sig. 0,000 < 0,05 dan nilai t hitung dibandingkan dengan nilai t tabel yaitu 39,385 > 2,571, ini juga dibuktikan dengan perhitungan R square untuk mengetahui berapa besar persentase keefektifan penelitian, menggunakan Model Summary ini sebesar 0,422 atau 42%.maka hipotesis nol (H0) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima bahwa layanan bimbingan kelompok teknik contextual teaching and learning (CTL) efektif dalam meningkatkan kepercayaan diri Peserta Didik SMP Negeri 2 Palangka Raya.

Kata Kunci: Bimbingan Kelompok, Contextual Teaching and Learning (CTL), Kepercayaan Diri

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Creswell, W. John. 2019. RESEARCH DESIGN Pendekatan Metode Kualitatif, Kuantitatif, dan Campuran, Pustaka Pelajar, Yogyakarta.

Design, S. T., & Design, S. T. 2007. Bab III Metode Penelitian. 2002, 48–58.

Hidayati, S. R. N., & Savira, S. I. 2021. Hubungan Antara Konsep Diri dan Kepercayaan Diri Dengan Intensitas Penggunaan Media Sosial Sebagai Moderator Pada MahaPeserta Didik Psikologi Universitas Negeri Surabaya. Character: Jurnal Penelitian Psikologi, 8(03), 1–11. Retrieved from https://ejournal.unesa.ac.id/index.php/character/article/view/41122

Husaini Usman, Purnomo S. Akbar 2020. Pengantar Statistika: Cara Mudah Memahami Statistika. PT. Bumi Askara, Jakarta Timur

Mardes, S. (2016). Efektivitas Layanan Informasi Dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning Untuk Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik Dalam Belajar. Jurnal Ilmiah Konseling, 2(Januari), 1–6. Retrieved from http://ejournal.unp.ac.id/index.php/konselor

Mufti, K Wahyu. 2022. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Untuk Meningkatkan Sikap Kepercayaan Diri Di MTS Ma'arif NU 01 Susukan Banjarnegara. Purwakerto: UIN PROF. K.H SAIFUFFIN ZUHRI

M. Nur Ghufron & Rini Risnawita S. 2019. Kepercayaan Diri. Jurnal Penelitian Pendidikan, 5(1), 168–169.

Nurhayati, Y. 2018. “Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok Dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri (Studi Eksperimen di Panti Asuhan Hidayatullah Palembang)”, 101-156.

Octavia, AS. 2019. Sikap dan Kinerja Guru Profesional. CV. BUDI UTAMA, Yogyakarta.

Linda, Durotun Nasihiyyah, 2016. Penggunaan Model Contextual Teaching and Learning (CTL) Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran PKN. Skripsi(S1) thesis, FKIP UNPAS.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Alfabeta, Bandung. 49-233.

Siska. 2020. Penerapan Model Pembelajaran Contextual Teaching & Learning (CTL) untuk Meningkatkan Minat Belajar PAI Kelas IX.2 Peserta Didik SMP Negeri 7 Pinrang, 4(1), 1–23.

Syam, A., & Amri. 2017. Pengaruh Kepercayaan Diri (Self Confidence) Berbasis Kaderisasi Imm Terhadap Prestasi Belajar MahaPeserta Didik (Studi Kasus Di Program Studi Pendidikan Biologi Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan Universitas Muhammadiyah Parepare). Jurnal Biotek, 5, 87–102

Fadilla, Hafifa Dwi. 2022. Pengaruh Bimbingan Kelompok Pendekatan Muhasabah Terhadap Motivasi Berprestasi Siswa di MAN 2 Tanah Datar. Publikasi IAIN Batusangkar. https://ecampus.iainbatusangkar.ac.id/h/batusangkar/AOl2WBNRWhUOgti6FtDHHkEFokXssn.pdf

Rasadi, Dinda Tiara Putri. 2018. Tingkat kepercayaan diri mahaPeserta Didik berprestasi belajar rendah (studi deskriptif pada Program studi Bimbingan dan Konseling, Universitas Sanata Dharma Yogyakarta tahun ajaran 2017/2018). Skripsi thesis Dharma University.

Diterbitkan

2024-02-28

Cara Mengutip

Syapitri, N., ., R., & Pan Pangestie, E. (2024). Bimbingan Kelompok Teknik Contextual Teaching and Learning (CTL) Efektif Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik . JURNAL PENDIDIKAN, 24(2), 125–137. https://doi.org/10.52850/jpn.v24i2.9722

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama