Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Brain Gym pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 6 Palangka Raya Tahun Ajaran 2023/2024

Authors

  • Indah Sari
  • Suhartono Universitas Palangka Raya
  • Theo Jhoni Hartanto Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/bpjps.v5i2.11920

Keywords:

Pendekatan Saintifik, Metode Brain Gym, Keterampilan Psikomotor, Hasil Belajar Kognitif

Abstract

Penelitian ini menggunakan Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Brain Gym. Tujuan penelitian ini mengetahui: (1) keterampilan psikomotor siswa, (2) ketuntasan hasil belajar kognitif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian pre-experimental dengan desain one shot case study. Populasi penelitian ini adalah seluruh kelas VIII SMP Negeri 6 Palangka Raya. Sampel penelitian sebanyak satu kelas dengan teknik random sampling. Instrumen yang digunakan adalah lembar pengamatan keterampilian psikomotor dan tes hasil belajar kognitif siswa dengan jumlah 28 soal. Hasil analisis data menunjukkan bahwa keterampilan psikomotor dalam proses pembelajaran dari 28 siswa yang mengikuti tes, diperoleh 9 siswa (31,14%) dengan katergori sangat baik, 11 siswa (46,43%) dengan kategori baik, dan 6 siswa (21,43%) dengan kategori cukup baik. Hasil belajar kognitif siswa dari 28 siswa yang mengikuti tes diperoleh 22 siswa tuntas dan 6 siswa tidak tuntas. Ketuntasan klasikal tuntas karena diperoleh 78,57% siswa tuntas dan mencapai standar ketuntasan klasikal yang ditetapkan yaitu ≥75%. TPK yang tuntas sebanyak 17 TPK dari 21 TPK yang digunakan dengan persentase TPK 80,95%.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

29-05-2024

How to Cite

Sari, I. ., Suhartono, & Hartanto, T. J. (2024). Penerapan Pendekatan Saintifik Berbantuan Metode Brain Gym pada Materi Getaran dan Gelombang di Kelas VIII Semester I SMP Negeri 6 Palangka Raya Tahun Ajaran 2023/2024. Bahana Pendidikan: Jurnal Pendidikan Sains, 5(2), 53–60. https://doi.org/10.37304/bpjps.v5i2.11920

Most read articles by the same author(s)

<< < 1 2