IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MASA PANDEMI COVID 19 DI SDN 5 LANGKAI KOTA PALANGKA RAYA

Authors

  • Teti Berliani Universitas Palangka Raya
  • Rina Wahyuni Universitas Palangka Raya
  • Rika Lenny Universitas Palangka Raya
  • Sisillia Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2447

Keywords:

Implementasi, Supervisi Akademik, Profesionalisme Guru, Pandemi Covid 19.

Abstract

Abstak : Secara umum penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang implementasi supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru masa pandemi Covid 19 di SDN 5 Langkai Kota Palangka Raya. Penelitian dilakukan menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara mendalam, dan studi dokumentasi. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan teknik triangulasi (sumber dan teknik/metode), member checks, dan kecukupan bahan referensi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi supervisi akademik dalam rangka peningkatan profesionalisme guru masa pandemi Covid 19 secara keseluruhan sudah berjalan dengan baik. Program supervisi berfokus pada peningkatan dan pengembangan kemampuan serta keterampilan guru dalam pemanfaatan teknologi untuk mendukung proses pembelajaran secara daring. Program supervisi dari kepala sekolah dilakukan secara terjadwal melalui metode observasi kelas dengan memanfaatkan media zoom meeting. Terdapat respon positif dari para guru terhadap program supervisi yang dilakukan oleh kepala sekoalh pada masa pandemi Covid 19 ini.

Abstract : In general, this study aims to describe the implementation of academic supervision in order to increase the professionalism of teachers during the Covid 19 pandemic at SDN 5 Langkai Kota Palangka Raya. The study was conducted using a qualitative approach with a case study design. Data collection techniques using observation, in-depth interviews, and documentation study. Data credibility checks are carried out using triangulation techniques (source and technique / method), member checks, and adequacy of reference materials. The results showed that the implementation of academic supervision in order to increase the professionalism of teachers during the Covid 19 pandemic as a whole has gone well. The supervision program focuses on improving and developing the abilities and skills of teachers in the use of technology to support the learning process online. The supervision program from the principal is carried out on a scheduled basis through the classroom observation method by utilizing the zoom meeting media. There was a positive response from teachers to the supervision program carried out by school heads during the Covid 19 pandemic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Asmani, M. J. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Bafadal, I. (2009). Peningkatan Profesionalisme Guru Sekolah Dasar. Jakarta: Bumi Aksara.

Barnawi., & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Berliani, T., & Wahyuni, R. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2 (2): 124-135.

Berliani, T., & Wahyuni, R. (2020). Supervisi Akademik Berbasis Haroyong di Sekolah Dasar pada Daerah Aliran Sungai Rungan dan Sungai Kahayan. Equity in Education Journal, 2(1): 19-28

Bogdan, R. C., & Biklen, S. K. (1992). Qualitative Research for Education, second edition. USA: Allyn and Bacon.

Burhanuddin., Imron. A., Maisyaroh., Sutopo, H., Supriyanto, A., Bafadal, I., Setyadin, B., Effendi, A.R., Sahertian, P.A., & Sultoni. (2003). Manajemen Pendidikan; Analisis Substantif dan Aplikasinya dalam Institusi Pendidikan (Imron, A., Burhanuddin, & Maisyaroh, Ed). Malang: Universitas Negeri Malang.

Creswell, J. W. (2013). Research Design; Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan Mixed. Penerjemah: Achmad Fawaid. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Daryanto. (2013). Administrasi dan Manajemen Sekolah. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 Terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55-61.

Fatchan, A. (2005). Konsep dan Metode Penelitian Kualitatif. Malang: Prodi Pendidikan Geografi PPs UM.

Ghony, D., & Almanshur, F. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Gunawan, I. (2014a). Analisis Dampak Supervisi Pendidikan terhadap Perkembangan Masyarakat dan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Revitalisasi Manajemen Pendidikan Nasional Menuju Perbaikan Mental, Jurusan Administrasi Pendidikan Universitas Negeri Malang, 8-9 Desember, hlm. 249-269.

Gunawan, I. (2014b). Pengaruh Supervisi Pengajaran dan Kemampuan Guru Mengelola Kelas terhadap Motivasi Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 41(1), 44-52.

Gunawan, I. (2015b). Pengaruh Kepemimpinan Transformasional dan Kepuasan Kerja terhadap Perilaku Kewargaan Organisasi Guru Sekolah Dasar. Premiere Educandum, 5(1), 59-58.

Imron. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniadin, D., & Machali, I. 2014. Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Mantja, W. (2007). Etnografi; Desain Penelitian Kualitatif Pendidikan dan Manajemen Pendidikan. Malang: ELANG MAS.

Masaong, A. K. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Moleong, L. J. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif edisi revisi. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Muslim. (2013). Supervisi Pendidikan Meningkatkan Kualitas Profesionalisme Guru. Bandung: Alfabeta.

Rivai, V., & Murni, S. (2012). Education Management; Analisis teori dan praktik. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Sagala, S. (2011). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung. Alfabeta.

Sagala, S. (2012). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian. (2008). Konsep Dasar & Teknik Supervisi Pendidikan dalam Rangka Pengembangan SDM. Jakarta: Rineka Cipta.

Satori, D., & Komariah, A. (2013). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sonhadji, A., Thoyib, A., Sunyoto, A., Furchan, A., Santoso, M., Arifin, S. M., & Arifin, I. (1996). Penelitian Kualitatif dalam Ilmu-Ilmu Sosial dan Keagamaan (Imron Arifin, Ed). Malang: Kalimasahada Press.

Sonhadji. A. (2013). Manusia, Teknologi dan Pendidikan Menuju Peradaban Baru. Malang: UM Press.

Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N.S. 2013. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sutisna. (1989). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis Untuk Praktek Profesional. Bandung: Angkasa Bandung.

Ulfatin, N. (2014). Metode Penelitian Kualitatif di Bidang Pendidikan: Teori dan Aplikasinya. Malang: Bayumedia Publishing.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, H. (2013). Manajemen; Teori, Praktik dan Riset Pendidikan edisi 4. Jakarta: Bumi Aksara.

Wiyono, B. B. (2007). Metodologi Penelitian (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan Action Research) (Burhanuddin, Ed). Malang: FIP Universitas Negeri Malang.

Downloads

Published

2021-03-20

How to Cite

Berliani, T., Wahyuni, R. ., Lenny, R., & Sisillia. (2021). IMPLEMENTASI SUPERVISI AKADEMIK DALAM RANGKA PENINGKATAN PROFESIONALISME GURU MASA PANDEMI COVID 19 DI SDN 5 LANGKAI KOTA PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(1), 1–10. https://doi.org/10.37304/eej.v3i1.2447