MANAJEMEN SISTEM NASKAH DINAS ELEKTRONIK (SINDE) PADA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH

Authors

  • Winda Sinta Dewi Universitas Palangka Raya
  • Slamet Winaryo FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Sumarnie FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3078

Keywords:

Manajemen, SINDE, Administrasi Persuratan dan Kearsipan, LPMP Provinsi Kalimantan Tengah.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen SINDE pada LPMP Provinsi Kalimantan Tengah. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data meliputi: Kasubbag. TU, Koordinator Persuratan, dan Operator SINDE. Pengumpulan data menggunakan: observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data melalui tahapan pengumpulan data, reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data melalui teknik triangulasi sumber dan teknik. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan dilakukan dengan dari mengatur susunan SOP, melakukan rapat koordinasi menyusun SOP yang memperhatikan persiapan, penilaian kebutuhan SOP, pengembangan SOP, penerapan SOP, serta Monev SOP; (2) Pengorganisasian dilakukan dengan membentuk struktur organisasi serta tugas dan tanggungjawab personil pengelola SINDE; (3) Pengawasan dan Evaluasi melalui penilaian terhadap pegawai yang aktif dalam menggunakan SINDE; dan (4) Faktor penghambat: keterbatasan jumlah operator SINDE, dan minimnya kecakapan operator SINDE, serta kendala tekniks lainnya. Solusi untuk mengatasi kendala tersebut melalui bimbingan dan pelatihan intensif serta kerjasama dengan pihak terkait.

Abstract: This study aims to describe the SINDE Management at LPMP Central Kalimantan Province. This research is a qualitative research. Sources of data include: Head of Subsection. TU, Mailing Coordinator, and SINDE Operator. Collecting data using: observation, interviews, and documentation. Data analysis through the stages of data collection, data reduction, data presentation and drawing conclusions. Validation of data through source and technique triangulation techniques. The results of the study indicate that: (1) Planning is carried out by arranging the composition of SOP, conducting coordination meetings to prepare SOPs that pay attention to preparation, assessment of SOP needs, SOP development, SOP implementation, and SOP Monev; (2) Organizing is done by establishing an organizational structure as well as the duties and responsibilities of SINDE management personnel; (3) Supervision and Evaluation through assessment of employees who are active in using SINDE; and (4) inhibiting factors: the limited number of SINDE operators, and the lack of skills of SINDE operators, as well as other technical obstacles. The solution to overcome these obstacles is through intensive guidance and training as well as collaboration with related parties.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Akdon. (2006). Strategic Management for Educational Management (Manajemen Strategik untuk Manajemen Pendidikan). Bandung: Alfabeta.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Arumsari, N. R. (2017). Penerapan Planning, Organizing, Actuating, dan Controlling di UPTD DIKPORA Kecamatan Jepara. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Kontemporer, 3(2).

Barnaw., & Arifin, M. (2014). Manajemen Sarana & Prasarana Sekolah. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Handoko, T. H. (2014). Manajemen (Edisi 2). Yogyakarta: BPFE-Yogyakarta.

Kurniadin, D., & Machali, I. (2014). Manajemen Pendidikan Konsep & Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Jogjakarta: AR-RUZZ MEDIA.

Margono, S. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Citapustaka Media.

Margono. (2009). Kumpulan Pendapat menurut Para Ahli. Diterima dari https://www.cryptowi.com/pengertian-penelitian/.

Musfah, J. (2012). Peningkatan Kompetensi Guru Melalui Pelatihan dan Sumber Belajar Teori dan Praktik. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenegpan-RB) Nomor 5 Tahun 2017 tentang Pedoman Tata Naskah Dinas Di Lingkungan Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia.

Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permengpan-RB) Nomor 6 Tahun 2011 tentang Pedoman Umum Tata Naskah Dinas Elektronik.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbu) Nomor 2 Tahun 2019 tentang Petunjuk Pelaksanaan Tata Naskah Dinas Elektronik Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Permendikbud) Nomor 74 Tahun 2015 tentang Tata naskah dinas di Lingkungan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Sawitri, D. (2006). Profesi Perencana dalam Perencanaan Partisipatif Suatu Kajian Teori dan Praktek Perencanaan. Vol 22 (No.1):22

Sedarmayanti. (2012). Manajemen dan Komponen Terkait Lainnya. Bandung: Refika Aditama

Strauss, A., & Corbin, J. (1990). Metodologi Penelitian Kualitatif. (Cetakan ke-5). BandungL Citapustaka Media.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Alfabet, Bandung

Sutisna, O. (1989). Administrasi Pendidikan Dasar Teoritis untuk Praktek Profesional. Bandung: ANGKASA.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Dewi, W. S., Winaryo, S., & Sumarnie. (2021). MANAJEMEN SISTEM NASKAH DINAS ELEKTRONIK (SINDE) PADA LEMBAGA PENJAMINAN MUTU PENDIDIKAN PROVINSI KALIMANTAN TENGAH. Equity In Education Journal, 3(2), 155–162. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3078