STRATEGI PEMBINAAN GURU BERBASIS HAKADOHOP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID 19

Authors

  • Teti Berliani Program Studi Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Palangka Raya
  • Tommy Prayitno BKKBN Provinsi Kalimantan Tengah
  • Rina Wahyuni FKIP Universitas Palangka Raya
  • Rika Lenny Program Studi Manajemen Pendidikan, FKIP Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.4030

Keywords:

Pembinaan, Guru, Hakadohop, DAS Kahayan, Covid 19.

Abstract

Abstrak: Hakadohop adalah istilah dalam Bahasa Dayak Ngaju yang berarti tolong menolong, sebagai salah satu nilai budaya yang meyakini dalam kehidupan bermasyarakat setiap orang saling membutuhkan satu sama lain. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang fenomena pembinaan guru berbasis hakadohop dalam meningkatkan kompetensi profesional mengajar pada masa pandemi Covid 19 di sekolah-sekolah yang berada pada Daerah Aliran Sungai (DAS) Kahayan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi multisitus. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola interaktif dari Miles, Huberman, dan Saldana. Pengecekan kredibilitas data dilakukan dengan triangulasi dan member checks. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembinaan guru berbasis hakadohop pada era new normal sudah berjalan cukup baik. Hal ini terlihat dari mekanisme pembinaan guru berbasis hakadohop yang sudah memberikan dampak positif dalam proses pembelajaran yang dilakukan guru secara daring. Dukungan pihak sekolah serta pelibatan orangtua dalam mendampingi proses belajar anak dari rumah menjadi faktor penunjang kelancaran pembelajaran daring; namun demikian tidak dapat dipungkiri permasalahan jaringan internet masih menjadi hambatan dalam pelaksanaan pembelajaran daring tersebut.

Abstract: Hakadohop is a term in the Ngaju Dayak language which means help, as one of the cultural values that believes in social life everyone needs each other. This study aims to describe the phenomenon of Hakadohop-based teacher development in improving teaching profesional competence during the Covid 19 pandemic in schools located in the DAS Kahayan. This study uses a qualitative approach with a multi-site study design. Data collection techniques using observation, interviews, and documentation studies. Data analysis used interactive patterns from Miles, Huberman, and Saldana. Checking the credibility of the data is done by triangulation and member checks. The results of the study indicate that the development of Hakadohop-based teachers in the new normal era has been going quite well. This can be seen from the Hakadohop- based teacher development mechanism which has had a positive impact on the online learning process by teachers. The support of the school and the involvement of parents in assisting the child's learning process from home are factors that support the smoothness of online learning; However, it is undeniable that internet network problems are still an obstacle in the implementation of online learning.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Ali, M., & Erihadiana, M. (2021). Manajemen Sumber Daya Manusia dalam Pengembangan Kompetensi Guru. Thawalib: Jurnal Kependidikan Islam, 2 (1): 1-14.

Arikunto, S., & Yuliana, L. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media Yogyakarta.

Asmani, M. J. (2012). Tips Efektif Supervisi Pendidikan Sekolah. Jogjakarta: DIVA Press.

Berliani, T., & Wahyuni, R. (2017). Implementasi Supervisi oleh Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Jurnal Manajemen dan Supervisi Pendidikan, 2 (2): 124-135.

Berliani, T., & Wahyuni, R. (2021). Implementasi Supervisi Akademik dalam Rangka Peningkatan Profesionalisme Guru masa Pandemi Covid 19 di SDN 5 Langkai Kota Palangka Raya. Equity in Education Journal, 3 (1): 1-10.

Dewi. (2020). Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. EDUKATIF: Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1): 55-61.

Dharmawan, dkk., (2016). Model Pembinaan ‘In House Training’ sebagai Upaya untuk Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Penelitian dan Penulisan Karya Ilmiah. Jurnal Udayana Mengabdi, 15 (2): 74-81.

Imron, A. (2011). Supervisi Pembelajaran Tingkat Satuan Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Kurniati, dkk. (2020). Analisis Peran Orang Tua dalam Mendampingi Anak di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5 (1): 241.

Ma’mur, A. J. (2009). Manajemen Pengelolaan dan Kepemimpinan Pendidikan Profesional. Yogyakarta: Diva Press.

Masaong, A. K. (2013). Supervisi Pembelajaran dan Pengembangan Kapasitas Guru. Bandung: Alfabeta.

Miles, M. B., Huberman, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis A Methods Sourcebook. United States of America: SAGE Publications Inc.

Mulyasa, E. (2013). Manajemen & Kepemimpinan Kepala Sekolah. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rohiat. (2012). Manajemen Sekolah. Bandung: PT. Refika Aditama.

Sagala, S. (2012). Administrasi Pendidikan Kontemporer. Bandung: Alfabeta.

Sagala, S. (2013). Kemampuan Profesional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sepmiwawalma, dkk. (2017). Kamus Populer Bahasa Indonesia-Bahasa Ngaju. Palangka Raya: PT. Sinar Bagawan Khatulistiwa.

Setiyani, R. (2010). Pemanfaatan Internet Sebagai Sumber Belajar. Dinamika Pendidikan, 5 (2): 117–133.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, H. (2013). Manajemen; Teori, Praktik dan Riset Pendidikan (Edisi 4). Jakarta: Bumi Aksara.

Downloads

Published

2022-03-20

How to Cite

Berliani, T. ., Prayitno, T., Wahyuni, R., & Lenny, R. (2022). STRATEGI PEMBINAAN GURU BERBASIS HAKADOHOP DALAM MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONAL MENGAJAR SAAT PANDEMI COVID 19. Equity In Education Journal, 4(1), 1–9. https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.4030