Rancang Bangun Aplikasi Aktivitas Komunitas Belajar Satuan Pendidikan Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Provinsi Kalimantan Tengah Berbasis Website

Authors

  • Ezra Janitra Haridjaya Jurusan Teknik Informatika, Univesitas Palangka Raya
  • Widiatry Widiatry
  • Viktor Handrianus Pranatawijaya

DOI:

https://doi.org/10.47111/jointecoms.v4i1.13113

Keywords:

Komunitas Belajar, Upload Konten, Website

Abstract

Kendala yang dihadapi saat ini, dalam tahapan publikasi masih diunggah secara terpisah di masing-masing Instagram Komunitas Belajar dan dikumpulkan secara manual untuk selanjutnya di publikasikan ulang dalam wadah publikasi bersama oleh BPMP Provinsi Kalimantan Tengah. Hal ini menjadi kekurangan pada proses tahapan publikasi, karena masih diperlukan proses duplikasi konten untuk ditayangkan ulang di wadah publikasi bersama, serta adanya kesulitan dalam melakukan pemantauan untuk mengetahui berapa banyak aktivitas yang telah dilakukan oleh masing-masing Komunitas Belajar. 

Perlu dibangun suatu Rancang Bangun Aplikasi Aktivitas Komunitas Belajar Satuan Pendidikan dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Provinsi Kalimantan Tengah Berbasis Website untuk mengoptimalisasikan proses publikasi kegiatan Komunitas Belajar. Website Aktivitas Komunitas Belajar yang telah dirancang melalui tahapan perancangan sistem dengan dilakukan pembuatan Data Flow Diagram (DFD) itu terdiri DFD level 0, level 1 dan level 2. Tahapan pengkodean dengan bahasa pemrograman yang digunakan yaitu php dan MySQL. 

Hasil dari penelitian ini yaitu website ini dapat memantau aktivitas dari masing masing komunitas belajar dapat terkontrol, terutama mengenai jumlah upload konten, yang dapat menjadi penilaian apakah komunitas belajar tersebut aktif atau tidak. Sehingga sekelompok guru, tenaga kependidikan, dan pendidik lainnya yang memiliki semangat dan kepedulian untuk berbagi informasi dengan mengupload konten kegiatan pembelajarannya, berdiskusi serta menyelesaikan berbagai macam masalah pembelajaran yang dihadapi saat implementasi kurikulum merdeka. 

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-03-31