Focus and Scope

Jurnal Bimbingan dan Konseling (JBKP) merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada publikasi karya akademik yang berkontribusi terhadap pengembangan teori, riset empiris, kebijakan, serta praktik profesional dalam bidang bimbingan dan konseling (BK). Jurnal ini bertujuan memperkuat dan memperluas landasan keilmuan BK melalui diseminasi hasil penelitian orisinal, kajian konseptual dan kritis, serta inovasi metodologis dan praktis yang relevan dengan dinamika individu dan masyarakat yang terus berkembang.

JBKP memandang bimbingan dan konseling sebagai disiplin keilmuan dan praktik profesional yang bersifat lintas perkembangan, lintas setting, dan lintas pendekatan, yang berperan penting dalam mendukung perkembangan perilaku, kesehatan mental, kesejahteraan psikososial, serta penguatan nilai dan karakter individu. Oleh karena itu, jurnal ini menerima naskah yang membahas layanan BK pada berbagai konteks pendidikan formal, non-formal, dan informal, serta pada ranah sekolah, perguruan tinggi, keluarga, komunitas, organisasi, dan masyarakat luas.

JBKP menerbitkan artikel yang telah melalui proses peer-review dan mencakup berbagai pendekatan penelitian, termasuk kuantitatif, kualitatif, mixed methods, studi kasus, penelitian tindakan bimbingan dan konseling, evaluasi program, serta pengembangan model, instrumen, dan intervensi konseling berbasis bukti (evidence-based practice). Jurnal ini juga membuka ruang bagi kajian interdisipliner dan kontekstual, sepanjang memiliki keterkaitan yang kuat dengan bidang bimbingan dan konseling.

Ruang Lingkup Bimbingan dan Konseling

Ruang lingkup JBKP meliputi, tetapi tidak terbatas pada aspek-aspek berikut:

1. Layanan Bimbingan dan Konseling

  • Layanan orientasi, informasi, penempatan dan penyaluran

  • Layanan konseling individual, kelompok, dan klasikal

  • Layanan konsultasi, kolaborasi, dan advokasi

  • Layanan pengembangan pribadi, sosial, belajar, dan karier

  • Layanan pencegahan, intervensi, dan pemulihan masalah psikososial

2. Sasaran Perkembangan dan Setting Pendidikan

  • Bimbingan dan konseling pada PAUD

  • Bimbingan dan konseling pada Sekolah Dasar (SD)

  • Bimbingan dan konseling pada Sekolah Menengah Pertama (SMP)

  • Bimbingan dan konseling pada Sekolah Menengah Atas/Kejuruan (SMA/SMK)

  • Bimbingan dan konseling pada Perguruan Tinggi (mahasiswa)

3. Perilaku dan Perkembangan Peserta Didik

  • Perilaku adaptif dan maladaptif peserta didik

  • Masalah belajar, motivasi, dan penyesuaian diri

  • Kesehatan mental anak, remaja, dan dewasa muda

  • Perilaku berisiko, perundungan, kekerasan, dan adiksi

4. Bimbingan dan Konseling di Luar Sekolah

  • Bimbingan dan konseling keluarga

  • Bimbingan dan konseling komunitas

  • Konseling pada lembaga sosial, keagamaan, dan kemasyarakatan

  • Konseling pada dunia kerja dan organisasi

  • Konseling berbasis masyarakat dan layanan non-formal

5. Pendekatan dan Isu Khusus dalam BK

  • Konseling multikultural, inklusivitas, dan keberagaman

  • Konseling trauma dan intervensi krisis

  • Psikoterapi dan pendekatan konseling berbasis bukti

  • Supervisi, etika profesi, dan pengembangan profesional konselor

  • Teknologi digital, tele-counseling, dan inovasi layanan BK

6. Bimbingan dan Konseling Berbasis Nilai dan Agama

  • Bimbingan dan Konseling berbasis agama dan spiritualitas

  • Integrasi nilai moral, etika, dan religius dalam praktik BK

  • Pendekatan konseling berbasis budaya dan kearifan lokal

Artikel yang diterbitkan di JBKP diharapkan memberikan kontribusi teoretis, empiris, metodologis, dan/atau praktis yang signifikan bagi pengembangan ilmu dan praktik bimbingan dan konseling pada berbagai konteks dan jenjang, baik di tingkat nasional maupun internasional, serta relevan bagi akademisi, praktisi BK, pendidik, pembuat kebijakan, dan komunitas profesional.