Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Dalam Tarian Kalimantan Tengah Terhadap Kemampuan Saintifik Anak Kelompok B Tk Santo Yosef Palangka Raya

Septy Theresia Lelony, Rayne Praticia, Rusmaladewi Rusmaladewi

Authors

  • septy septy Universitas Palangka Raya
  • Rayne Praticia
  • Rusmaladewi

DOI:

https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15039

Keywords:

Guided Discovery Learning, Tarian Kalimantan Tengah, Kemampuan Saintifik

Abstract

Guided discovery learning adalah model pembelajaran, dimana guru membimbing siswa melalui kegiatan-kegiatan open ended untuk mendorong siswa menemukan suatu konsep. Tari tradisional merupakan suatu tarian yang berkembang di suatu daerah tertentu yang berpedoman luas dan berpijak pada adaptasi kebiasaan secara turun temurun yang dipeluk/dianut oleh masyarakat, salah satunya tarian tradisional Kalimantan Tengah yang sampai sekarang masih dilestarikan oleh masyarakat suku Dayak. Kemampuan saintifik adalah suatu proses pembelajaran yang dirancang sedemikian rupa sehingga siswa secara aktif mengonstruk konsep, hukum, atau prinsip melalui pendekatan ilmiah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh metode guided discovery learning dalam tarian Kalimantan Tengah terhadap kemampuan saintifik anak kelompok B TK Santo Yosef Palangka Raya.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimen dengan desain penelitian ‘One Group Pre-Test And Post-Test Design’. Dengan populasi anak kelompok B di TK Santo Yosef Palangka Raya yang berjumlah 20 orang anak yang ditetapkan sebagai sampel dalam penelitian ini. Lembar observasi digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Ketentuan bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel maka Ho diterima Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka Ho ditolak Ha diterima.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung adalah (2,737), dan ttabel dengan taraf signifikan yaitu 5% adalah (2,0930), dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode guided discovery learning dapat meningkatkan kemampuan saintifik anak kelompok B di TK Santo Yosef Palangka Raya.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2024-08-07

How to Cite

septy, septy, Rayne Praticia, & Rusmaladewi. (2024). Pengaruh Metode Guided Discovery Learning Dalam Tarian Kalimantan Tengah Terhadap Kemampuan Saintifik Anak Kelompok B Tk Santo Yosef Palangka Raya: Septy Theresia Lelony, Rayne Praticia, Rusmaladewi Rusmaladewi . Jurnal Pendidikan Dan Psikologi: Pintar Harati, 20(1). https://doi.org/10.36873/jph.v20i1.15039