PENGARUH PENGGUNAAN PERMAINAN LEGO TERHADAP KEMAMPUAN MENGENAL SERIASI UKURAN PADA ANAK KELOMPOK A TK PEMBINA BUKIT RAYA DESA TUMBANG KAJAMEI
Reni Reni & Intan Kamala
DOI:
https://doi.org/10.36873/jph.v18i1.5019Keywords:
Permainan Lego, Kemampuan Mengenal Seriasi UkuranAbstract
ABSTRAK Kemampuan mengenal seriasi ukuran adalah salah satu bagian dari lingkup perkembangan kognitif yang harus dikembangkan oleh anak usia dini. Namun, kemampuan mengenal seriasi ukuran pada anak masih belum berkembang optimal sesuai usianya, seperti anak belum mampu mengurutkan 5 benda berdasarkan ukuran terpanjang sampai pendek atau sebaliknya dan belum mampu mengurutkan 5 benda berdasarkan ukuran terbesar sampai terkecil atau sebaliknya. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh permainan lego terhadap kemampuan mengenal seriasi ukuran pada anak. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif menggunakan metode eksperimental dengan desain ‘One Group Pre-Test and Post-Test Design’. Jadi sampel penelitian ini anak kelompok A TK Pembina Bukit Raya Desa Tumbang Kajamei Kecamatan Bukit Raya Kabupaten Katingan yang berjumlah 16 orang ditetapkan sebagai sampel penelitian ini. Lembar observasi digunakan sebagai instrumen untuk mengumpulkan data yang diperlukan. Kemudian, data dianalisis dengan menggunakan rumus uji t. Ketentuannya bila thitung lebih kecil (<) dari ttabel, maka H0 diterima, dan Ha ditolak, tetapi sebaliknya bila thitung lebih besar (>) dari ttabel maka H0 ditolak, dan Ha diterima. Hasil penelitian menunjukkan bahwa thitung adalah (16,071), dan ttabel dengan taraf signifikansi yaitu 5% (2,131). Dengan thitung 16,071> ttabel 2,131, sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan permainan lego terhadap kemampuan mengenal seriasi ukuran pada anak kelompok A TK Pembina Bukit Raya Desa Tumbang Kajamei Kecamatan Bukit Raya Kabupaten Katingan tahun ajaran 2021/2022.
Kata Kunci: Permainan Lego, Kemampuan Mengenal Seriasi Ukuran