Effectiveness of Using LKPD Based on Realistic Mathematic Education (RME) to Improve the Mathematical Communication Skills of High School Students

Penulis

  • Reza Setiawati Universitas Lampung
  • Pixyoriza . Universitas Nahdlatul Ulama Lampung

DOI:

https://doi.org/10.52850/jpn.v25i1.14042

Kata Kunci:

LKPD, Realistic Mathematic Education, Mathematical Communication Skills

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah mengetahui efektifitas penggunaan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education dalam meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas X SMA Negeri 2 Natar Tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode Quasi Eksperimentasl Design dan desain Pretest-Posttest Control Group Design. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini meliputi wawancara, observasi dan tes kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis yang digunakan adalah statistik deskripsi dan uji-t. Berdasarkan hasil uji-t terhadap peningkatan kemampuan komunikasi matematis 0.00 < 0.005, dan dengan perolehan N-gain sebesar 0,69 sehingga memenuhi kategori cukup efektif. Maka dapat disimpulkan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education efektif meningkatkan kemampuan komunikasi matematis sehingga membuat peserta didik lebih aktif selama pembelajaran menggunakan LKPD berbasis Realistic Mathematic Education pada materi fungsi di kelas X MIPA.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Andita, C. D., & Widaswari, D. (2023). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistik Matematik Education (RME) pada Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Matematika: Judika Education, 5(2), 112–120.

Febriana, N., Mairing, J. P., & Sugiharto. (2024). Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa pada Fungsi Eksponensial Kelas X SMA. Jurnal Pendidikan, 24(2), 125–137.

Febriana, R. (2023). Implementasi Pendekatan RME untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Siswa. Pedagogy, 8(1), 73–86.

Filahanasari, E., Fitriyani, N. H., & Putri, S. R. (2022). Pengembangan LKPD Berbasis Realistic Mathematics Education pada Materi Bangun Datar di Kelas IV SDN 03 Tiumang. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 6(2), 133–142.

Juliawan, R., Haris, A., Salahuddin, M., & Sari, I. P. (2022). Meningkatkan Kemampuan Siswa dalam Memahami Konsep Matematika Menggunakan Pendekatan Realistic Matematika Education (RME). Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(3), 2605–2611.

Maulyda, M. A., Umar, U., Rosyidah, A. N. K., Fauzi, A., & Hidayati, V. R. (2023). Pengembangan LKPD Berbasis RME untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Sekolah Dasar. AKSIOMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 12(2), 2400–2414.

Melawati, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Realistic Mathematics Education Untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis Menggunakan Lembar Kerja Siswa. Jurnal PEKA (Pendidikan Matematika), 3(2), 44–49.

Naseha, S. D., Karjiyati, V., & Agusdianita, N. (2021). Pengembangan Lembar Kerja Peserta Didik Berbasis Realistic Mathematics Education Untuk Membangun Pemahaman Konsep Matematika. Juridikdas, 4(2), 264–275.

Nur Purnama, A., Agus, I., & Halistin. (2023). Efektivitas Pendekatan Pembelajaran Realistic Mathematic Education (RME) dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Penelitian Pembelajaran Matematika Sekolah (JP2MS), 7(1), 1–9.

Pixyoriza, Netriwati, & Sugiharta, I. (2019). Pengembangan Media Pembelajaran Digital Book Menggunakan Kvisoft Flipbook Berbasis Problem Solving. APOTEMA: Jurnal Program Studi Pendidikan Matematika, 5(1), 31–39.

Sugiyono. (2016). Metode Peneliian & Pengembangan (Research and Development). Alfabeta: Bandung

Unduhan

Diterbitkan

2024-07-13

Cara Mengutip

Setiawati, R. ., & ., P. (2024). Effectiveness of Using LKPD Based on Realistic Mathematic Education (RME) to Improve the Mathematical Communication Skills of High School Students. JURNAL PENDIDIKAN, 25(1), 1–9. https://doi.org/10.52850/jpn.v25i1.14042