UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU DI MASA PANDEMI COVID-19

Authors

  • Rukayah SMAN 2 Kahayan Hilir

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3129

Keywords:

Kepala Sekolah, Disiplin Guru, Pembelajaran Daring, Pandemi Covid-19, SMAN 2 Kahayan Hilir.

Abstract

Abstrak: Penelitian deskriptif kualitatif ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang upaya kepala sekolah dalam meningkatkan kedisiplinan guru dalam pelaksanaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada SMAN 2 Kahayan Hilir. Sumber data pada penelitian ini adalah para guru dan peserta didik di SMAN 2 Kahayan Hilir. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara dan penyebaran kuisioner melalui google form, berisikan pertanyaan-pertanyaan tentang berbagai upaya yang dilakukan kepala sekolah untuk meningkatkan kedisiplinan guru dalam melaksanakan pembelajaran daring, serta dokumen-dokumen terkait. Analisis data dilakukan melalui tahapan: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data penelitian ini menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa berbagai upaya yang dilakukan kepala sekolah efektif dalam meningkatkan kedisiplinan guru sekaligus mengatasi berbagai kendala yang dihadapi dalam pelaksanaaan pembelajaran daring di masa pandemi Covid-19 pada SMAN 2 Kahayan Hilir. 

Abstract: This qualitative descriptive study aims to describe the principal's efforts in improving teacher discipline in the implementation of online learning during the Covid-19 pandemic at SMAN 2 Kahayan Hilir. Sources of data in this study were teachers and students at SMAN 2 Kahayan Hilir. Collecting data using interview techniques and distributing questionnaires via google form, containing questions about the various efforts made by school principals to improve teacher discipline in carrying out online learning, as well as related documents. Data analysis was carried out through stages: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Validation of this research data using triangulation of sources and methods. The results showed that the various efforts made by the principal were effective in improving teacher discipline as well as overcoming various obstacles faced in implementing online learning during the Covid-19 pandemic at SMAN 2 Kahayan Hilir.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Cahyani, A., Listiana, I. D., & Larasati, S. P. D. (2020). Motivasi Belajar Siswa SMA pada Pembelajaran Daring di Masa Pandemi Covid-19. IQ (Ilmu Al-qur’an): Jurnal Pendidikan Islam, 3(01), 123-40. Doi: https://doi.org/10.37542/iq.v3i01.57.

Daresh. (1989). Supervison as Approactive Process. New Jersey: Longman.

Glickman, C. D., Gordon, S. P., & Ross-Gordon, J. M. (2007). Supervision and Instructional Leadership a Development Approach. Seventh Edition. Boston: Perason.

Hadi, A., & Haryono. (2005). Metodologi Penelitian Tindakan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Haryadi, L. F. & Safinah. (2021). Peran Kepala Sekolah dalam Meningkatkan Kedisiplinan Guru di SMP Islam Plus Darul Hukumaini Jonggat. An-Nahdlah: Jurnal Pendidikan Islam, 1(1), 19-27. Doi: https://doi.org/10.51806/an-nahdlah.v1i1.10.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2010). Menjadi Kepala Sekolah Profesional. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Prawiyogi, A. G., Purwanugraha, W., Fakhry, G., & Firmansyah, M. (2020). Efektifitas Pembelajaran Jarak Jauh terhadap Pembelajaran Siswa di SDIT Cendekia Purwakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1). Doi: https://doi.org/10.21009/10.21009/JPD.081.

Sergiovanni, T. J., Burlingame, M., Coombs, F. D., & Thurston, P. W. (1987). Educational Governance and Administration. Englewood Cliffs, N.J.: Prentice-Hall, Inc.

Sopian, A. (2016). Tugas, Peran, dan Fungsi Guru dalam Pendidikan. Raudhah Proud to Be Professionals, 1(1). Doi: https://doi.org/10.48094/raudhah.v1i1.10.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: PT. Alfabeta.

Surat Edaran Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 4 Tahun 2020 tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19).

Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Downloads

Published

2021-11-08

How to Cite

Rukayah. (2021). UPAYA KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN KEDISIPLINAN MENGAJAR GURU DI MASA PANDEMI COVID-19 . Equity In Education Journal, 3(2), 143–148. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3129