MODEL INOVASI PENDIDIKAN DASAR DAN MENENGAH UNTUK PENGUATAN PERAN MASYARAKAT MASA PANDEMI COVID-19
DOI:
https://doi.org/10.37304/eej.v4i1.4216Keywords:
Model, Inovasi Pendidikan, Kelas Lapas, Kelas Perahu, Pandemi Covid-19.Abstract
Abstrak: Pendidikan merupakan urusan pemerintahan yang menjadi kewenangan pusat dan daerah. Namun, penyelenggaraan pendidikan tak mudah mencapai keberhasilan tanpa melalui inovasi untuk mengatasi permasalahan tingginya angka putus sekolah per daerah. Oleh karena itu, diperlukan kajian untuk mengetahui model inovasi pendidikan melalui penguatan masyarakat untuk pemerataan kesempatan pendidikan. Metode studi pustaka digunakan untuk mengumpulkan data melalui teknik studi dokumenter kemudian data dianalisis melalui teknik analisis isi dan pengabsahan data melalui teknik triangulasi untuk menarik kesimpulan sebagaimana karakteristik penelitian deskriptif kualitatif. Hasil kajian menemukan 2 (dua) model inovasi pendidikan untuk penguatan penguatan peran masyarakat, yaitu: (1) model inovasi kelas perahu, dan (2) model inovasi kelas lapas (lembaga pembinaan khusus anak); terdiri dari dimensi inisiatif, tujuan, penerapan, manfaat, dampak dan diseminasi telah berhasil mengatasi permasalahan pendidikan, menekan angka putus sekolah untuk pemerataan kesempatan pendidikan; kemudian inovasi lanjutan masa pandemi Covid-19 dilakukan melalui pendidikan jarak jauh dan blended-learning dengan protokol kesehatan.
Abstract: Education is a government affair that is under the authority of the central and regional governments. However, the implementation of education is not easy to achieve success without going through innovations to overcome the problem of the high dropout rate per region. Therefore, a study is needed to find out the model of educational innovation through community strengthening for equal distribution of educational opportunities. The literature study method was used to collect data through documentary study techniques and then the data were analyzed through content analysis techniques and data validation through triangulation techniques to draw conclusions as characteristic of qualitative descriptive research. The results of the study found 2 (two) educational innovation models to strengthen community roles, namely: (1) boat class innovation model, and (2) prison class innovation model (special child development institutions); consisting of the dimensions of initiative, purpose, implementation, benefits, impact and dissemination have succeeded in overcoming educational problems, reducing dropout rates for equal distribution of educational opportunities; Then further innovation during the Covid-19 pandemic was carried out through distance education and blended-learning with health protocols.
Downloads
References
Ardinda, A. A., & Salomo, R. V. (2019). Analisis Faktor-faktor Penyelenggaraan Kebijakan Sekolah Filial bagi Anak Didik Pemasyarakatan di LPKA Palembang. Publikauma: Jurnal Administrasi Publik Universitas Medan Area, 7(1). Doi: https://doi.org/10.31289/publika.v7i1.2465.
Dinas Pendidikan. (2020). Selfi (Sekolah Filial Layanan Pendidikan Formal Narapidana Anak di LPKA Klas I Palembang. Diterima dari: http://portal.disdik.palembang.go.id/SELFI_ Sekolah-Filial_LPKA-KLAS-I-Palembang.
Febrianty., Hadiwijaya, H., & Ocatafian, D. T. (2021). Measurement of e-school User Experience, Does it Support Blended Learning during the Covid-19 Pandemic? (Case Studies at Three Parent Schools LPKA Class I Palembang). Sinkron: Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, 5(2), 282-293. Doi: https://doi.org/10.33395/sinkron.v5i2.10783.
Febryanti., & Torro, S. (2021). Mekanistik Penilaian Pembelajaran Kelas Perahu di Wilayah Pesisir Kabupaten Pangkep. Pinisi Journal of Sociology Education Review, 1(3).
JIPP Sumsel. (2019, 22 Mei). Proposal Selfi (Sekolah Filial Layanan Pendidikan Formal Narapidana Anak) di LPKA Klas I Palembang. Diterima dari: http://jipp.sumselprov.go.id/download?file=1576542878-PROPOSAL%20SELFI%20LPKA %20(edit).pdf&type=pdf.
Kompak. (2020, 5 Agustus). Menghadapi Covid-19: Kelas Perahu Mendukung Pembelajaran Jarak Jauh. Diterima dari: https://kompak.or.id/id/article/kelas-perahu-mendukung-pembelajaran-jarak-jauh.
Kusnadi. (2017, 3 Mei). Rukmini, Inisiator Program Literasi Kelas Perahu. Diterima dari: https://infopublik.id/kategori/nusantara/200648/rukmini-inisiator-program-literasi-039kelas-perahu-039#.
Moleong, L. J. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 tentang Standar Nasional Pendidikan.
Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 22 Tahun 2020 tentang Rencana Strategis Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Tahun 2020-2024.
Kemendikbud. (2019). Neraca Pendidikan Daerah: Rekomendasi Kebijakan. Jakarta: Pusat Analisis dan Sinkronisasi Kebijakan. Diterima dari: https://npd.kemdikbud.go.id/? appid=rekomendasiv2&indikator=3&km=11.
Rusdiana, A. (2014). Konsep Inovasi Pendidikan. Bandung: Pustaka Setia.
Said, K., & Torro, S. (2020). Kontribusi Kelas Perahu dalam Mengurangi Angka Putus Sekolah di Pulau Salemo Kecamatan Liukang Tupabbiring Utara, Kabupaten Pangkep. Jurnal Sosialisasi 7(3). Doi: https://doi.org/10.26858/sosialisasi.v0i2.14793.
Saparita, R., Dyah, S., Abbas, A., & Hidayat, E. W. (2015). Membangun Sistem Inovasi untuk Kesejahteraan Masyarakat. Jakarta: LIPI Press.
Sari, D. (2019). Analisis Inovasi Pelayanan Publik “Kelas Perahu” Kabupaten Pangkajene dan Kepulauan. SAP: Susunan Artikel Pendidikan, 3(3). Doi: http://dx.doi.org/10.30998/ sap.v3i3.3596.
Sugiyono. (2012). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta.
Sukmadinata, N. S. (2005). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Surono, A. (2020, 19 Agustus). 8 Program Kemendikbud Masa Pandemi. Diterima dari: https://akurat.co/8-program-kemendikbud-masa-pandemi.
Darwin, B. K. M (2019, 14 Juni). Kelas Perahu Pangkep Raih Penghargaan PBB. Diterima dari: https://www.ujungjari.com/2019/06/14/kelas-perahu-pangkep-raih-penghargaan-pbb/.
Umrah., Torro, S., & Arifin, Z. (2020, 7-8 November). Contribution of Boat Classes to Improving the Quality of Education in Pangkajene and Islands Areas. Paper presented at the International Conference on Science and Advanced Technology (ICSAT). Retrieved from: https://ojs.unm.ac.id/icsat/article/view/17934.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah.
Wiryanto, W. (2014). Inovasi Pengembangan Kapasitas Sumber Daya Manusia. Jakarta: Pusat Inovasi Kelembagaan dan Sumber Daya Aparatur Lembaga Administrasi Negara (LAN).
Wiryanto, W. (2019a, 17 Oktober). Manajemen Penerapan Teknologi Teknologi Tepat Guna dalam rangka Pengembangan Inovasi Desa. Makalah dipresentasikan pada Seminar Nasional Inovasi, Teknologi dan Aplikasi (Senitia) 2019, Universitas Bengkulu. Diterima dari: http://senitia.ft.unib.ac.id/wp-content/uploads/2019/11/SeNITiA-2019_paper_33-Wisber.pdf
Wiryanto, W. (2019b). Replikasi Model Inovasi Pelayanan Administrasi Kependudukan di Indonesia. INOBIS: Jurnal Inovasi Bisnis dan Manajemen Indonesia, 3(1), 27-40. Doi: https://doi.org/10.31842/jurnal-inobis.v3i1.118.
Wiryanto, W. (2020a, 11 November). Population Administration Service Innovation in Indonesia During the Covid-19 Pandemic. Paper presented at IAPA Annual (Virtual) International Conference 2020. Retrieved from: https://iapa.or.id/ejournal/proceedings/article/view/425/ 252. Doi: https://doi.org/10.30589/proceedings.2020.425.
Wiryanto, W. (2020b). Initiative and Implementation of The Public Service Innovation by Regional Government in Indonesia. Journal of Governance and Local Politics (JGLP), 2(2). Doi: https://doi.org/10.47650/jglp.v2i2.134.
Wiryanto, W. (2021). The Development of Public Service Innovation Typology. Inovasi, 18(1), 21-34. Doi: https://doi.org/10.33626/inovasi.v18i1.302.
Zed, M. (2008). Metode Penelitian Kepustakaan. Jakarta: Yayasan Obor Indonesia.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2022 Wisber Wiryanto
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.