PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SMKN-1 PALANGKA RAYA

Authors

  • Sumarnie FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Setiawan FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Riko FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2743

Keywords:

Pelaksanaan, Penguatan Pendidikan Karakter, Pandemi Covid 19, SMKN-1 Palangka Raya.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan Pelaksanaan Penguatan Pendidikan Karakter di masa pandemik covid 19 pada SMKN-1 Palangka Raya mulai dari perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Metode Penelitian ini adalah menggunakan pendekatan kualitatif yang menghasilkan data deskriptif berupa kata-kata tertulis atau lisan dari orang-orang dan perilaku yang dapat diamati. Dalam rangka memperoleh data yang sahih (terpercaya) Teknik pengumpulan antara lain, teknik wawancara, observasi dan analisis studi dokumen. Hasil penelitian dalam perencanaan  sekolah sudah sudah cukup baik penguatan Pendidikan karakter terintegrasi dengan mata pelajaran serta melalukan sosialiasi, pelaksanaan  sistem  daring pada pembelajaran cukup baik, namun kurang efektif pada kegiatan kokurikuler dan ektrakurikuler untuk penguatan Pendidikan karakter, dalam evaluasi sudah cukup baik untuk mengukur ketercapaian pembelajaran dan penguatan pendidikan karakter di Masa Pandemi Covid-19.

Abstract: This study aims to describe the Implementation of Strengthening Character Education during the Covid 19 pandemic at SMKN-1 Palangka Raya starting from planning, implementation and evaluation. This research method is to use a qualitative approach that produces descriptive data in the form of written or spoken words from people and observable behavior. In order to obtain valid (reliable) data collection techniques include interview techniques, observation and analysis of document studies. The results of research in school planning are good enough to strengthen character education integrated with subjects and carry out socialization, the implementation of online systems in learning is quite good, but less effective in co-curricular and extracurricular activities to strengthen character education, in evaluation it is good enough to measure learning achievement and strengthening character education during the Covid-19 Pandemic.

Downloads

Download data is not yet available.

References

Aedi, N. (2016). Dasar-Dasar Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Gosyen Publishing.

Arikunto S., & Safruddin C. (2013). Evaluasi Program Pendidikan. Edisi Kedua. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Kemendibud. (2016). Panduan Pembinaan dan Pengembangan Sekolah Rujukan Tingkat Sekolah Menengah Pertama. Jakarta: Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Pertama.

Kemendikbud. (2016). Panduan Penilaian Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kemendikbud

Kemendikbud. (2016). Konsep dan Pedoman Penguatan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia

Kemendiknas. (2011). Panduan Pendidikan Karakter. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Kebukuan Kemendiknas.

Kemendiknas. (2011). Pedoman Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta: Kementerian Pendidikan Nasional Badan Penelitian dan Pusat Kurikulum dan Perbukuan.

Kurniadin D., & Machali I. (2013). Manajemen Pendidikan Konsep dan Prinsip Pengelolaan Pendidikan. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2008). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Moleong, L. J. (2008). Metodologi Penelitian Kualitatif. Cet. XVII. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan Pendidikan Oleh Satuan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Peraturan Presiden Nomor 87 Tahun 2017 tentang Penguatan Pendidikan Karakter.

Permedikbud Nomor 20 Tahun 2016 tentang Standar Kompetensi Lulusan Pendidikan Dasar dan Menengah.

Satori, D., & Komariah, A. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Usman H., & Raharjo, N. E. (2012). Model Pendidikan Karakter Kewirausahaan Di Sekolah Menengah Kejuruan. Yogyakarta: Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2), 140-147. Doi: https://doi.org/10.21831/jptk.v21i2.2940.

Wibowo, A. (2013). Manajemen Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Sumarnie, Setiawan, & Riko. (2021). PELAKSANAAN PENGUATAN PENDIDIKAN KARAKTER (PPK) DI MASA PANDEMI COVID 19 PADA SMKN-1 PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 89–95. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.2743

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>