MANAJEMEN LABORATORIUM OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMKN 2 PALANGKA RAYA

Authors

  • Sahidah FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Piter Joko Nugroho FKIP, Universitas Palangka Raya
  • Sumarnie FKIP, Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3202

Keywords:

Manajemen, Laboratorium, Ototatisasi dan Tata Kelola Perkantoran.

Abstract

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan tentang Manajemen Laboratorium Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMKN 2 Palangka Raya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan rancangan studi kasus. Sumber data meliputi: Kepala Sekolah, Waka. bidang Sarana dan prasarana, Ketua Program Keahlian dan Kepala Laboratorium. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Analisis data menggunakan pola interaktif data, meliputi: pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Pengabsahan data menggunakan teknik triangulasi sumber dan metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengelolaan laboratorium otomatisasi dan tata kelola perkantoran yang dilaksanakan dengan mendasarkan pada prinsip dasar manajemen dan mengacu pada standar pengelolaan sarana dan prasarana pendidikan menjadikan laboratorium berfungsi secara efektif dalam mendukung proses dan hasil belajar siswa secara optimal.

Abstract: This study aims to describe the Automation and Office Management Laboratory at SMKN 2 Palangka Raya. This study used a qualitative approach with case study design. Data sources include: Principal, Deputy Principal for Infrastructure, Head of Expertise Program and Head of Laboratory. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation studies. Data analysis used an interactive pattern of data, including: data collection, data reduction, data presentation, and drawing conclusions. Validation of data using triangulation of sources and methods. The results of this study showed that the Automation and Office Management Laboratory which is carried out based on the basic principles of management and refers to the management standards of educational facilities and infrastructure makes the laboratory function effectively in supporting the process and student learning outcomes optimally.

 

Downloads

Download data is not yet available.

References

Bafadal, I. (2014). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Jakarta : PT Bumi Aksara.

Barnawi & M. Arifin. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Jogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Creswell, J. W. (2014). Research Design: Qualitative, Quantitative and Mixed Methods Approaches: Fourth edition. Thousand Oaks, CA: Sage Publications.

Danim, S., & Danim, Y. (2011). Administrasi Sekolah dan Manajemen Kelas. Bandung: Pustaka Setia.

Green, A., Little, A. W., Kamat, S. G., Oketch, M., & Vickers, E. (2007). Education and Development in a Global Era: Strategies for ‘Successful Globalisation’. London: University of London.

Heizer, J., & Render, B. (2011). Manajemen Operasi. Jakarta: Salemba Empat.

Julitriarsa, D., & Suprihanto, J. (2001). Manajemen Umum: sebuah Pengantar. Yogyakarta: BPFE.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud). (2017). Revitalisasi SMK untuk Produktivitas dan Daya Saing Bangsa. Diterima dari https://www.kemdikbud.go.id/main/blog/2017/05/revitalisasi-smk-untuk-produktivitas-dan-daya-saing-bangsa.

Lindayani. (2018). Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium terhadap Prestasi Belajar Peserta Didik pada Mata Pelajaran Kearsipan Kompetensi Keahlian Otomatisasi dan Tata Kelola Perkantoran di SMK Negeri 1 Barru. Skripsi tidak Dipublikasikan. Makassar: Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Sosial.

Manullang, M. (2008). Dasar-Dasar Manajemen. Yogyakarta: Penerbit Gadjah Mada University Press.

Meillani, P., & Murwatiningsih. (2016). Pengaruh Pemanfaatan Laboratorium Hasil Belajar Siswa Program Keahlian Perkantoran di SMK. Economics Education Analysis Journal, 5(1).

Miles, M. B., & Huberman, A. M. (2008). Analisis Data Kualitatif: Buku Sumber tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: UI Press.

Mirnawati. (2019). Peran Laboratorium Perkantoran pada Mata Pelajaran Kearsipan Kelas X Kompetensi Keahlian Administrasi Perkantoran di SMK Nasional Makassar. Skripsi tidak Dipublikasikan. Makassar: Universitas Negeri Makassar, Fakultas Ilmu Sosial.

Moleong, L. J. (2012). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Muhammad, C. I., Santoso, M. B., & Zainudin, M. (2018). Penetapan Struktur Organisiasi dan Tata Kerja pada Organisasi Pelayanan Sosial Rumah Cemara Kota Bandung. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 4(3), 424-432.

Muthohar, A. (2020). Pengelolaan Laboratorium Administrasi Perkantoran sebagai Penunjang Perkuliahan. Skripsi tidak Dipublikasikan. Semarang: Universitas Negeri Semarang, Fakultas Ekonomi, Jurusan Pendidikan Ekonomi.

Ngestiyani, R. (2015). Pengelolaan Laboratorium Administrasi Perkantoran di SMK Muhammadiyah 1 Wates. Skripsi tidak Dipublikasikan. Yogayakarta: Universitas Negeri Yogyakarta, Fakultas Ekonomi, Program Studi Administrasi Perkantoran.

Nurabadi, A. (2013). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Malang: Penerbit Universitas Negeri Malang.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional (Permendiknas) Nomor 40 Tahun 2008 tentang Standar Sarana dan prasarana SMK/MAK

Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Rahmafitri, M., & Afriansyah, H. (2019). Administrasi Sarana dan Prasarana Pendidikan. Diterima dari https://osf.io/preprints/inarxiv/jra8x/.

Rahman, F. (2015). Manajemen Organisasi dan Pengorganisasian dalam Perspektif Al-Qur’an dan Hadith. Ulumuna: Jurnal Studi Keislaman, 1(2).

Sitorus, M., & Sutiani, A. (2013). Pengelolaan dan Manajemen Laboratorium Kimia. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sudirman, D. W. (2011). Pengelolaan Laboratorium Pendidikan Administrasi Perkantoran. Efisiensi, XI(2). Doi: https://doi.org/10.21831/efisiensi.v11i2.3992.

Suliyarti, R. (2019). Manajemen Pemeliharaan Sarana dan Prasarana Pendidikan untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan. Diterima dari https://osf.io/preprints/inarxiv/qj3x4/download.

Susilo, B. (2018). Manajemen Laboratorium dalam Upaya Mewujudkan Prestasi Belajar IPA. Media Manajemen Pendidikan, 1(2).

Downloads

Published

2021-10-20

How to Cite

Sahidah, Nugroho, P. J., & Sumarnie. (2021). MANAJEMEN LABORATORIUM OTOMATISASI DAN TATA KELOLA PERKANTORAN DI SMKN 2 PALANGKA RAYA. Equity In Education Journal, 3(2), 118–123. https://doi.org/10.37304/eej.v3i2.3202

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>