ANALISIS KEEFEKTIFAN APLIKASI GOOGLE CLASSROOM SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN DALAM PEMBELAJARAN SELAMA PANDEMU COVID 19 DI SMKN 3 PALANGKA RAYA TAHUN AJARAN 2021/2022
Hernana , Drs. Orbit Thomas. M.Pd , Winda Lestiani. S.Pd M.Pd
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v2i2.4767Keywords:
Aplikasi Google Classroom, Pandemi Covid 19Abstract
Aplikasi Google Classroom adalah aplikasi yang dikhususkan untuk media pembelajaran daring atau istilahnya adalah kelas online sehingga dapat memudahkan guru dalam membuat, membagikan serta mengelompokkan setiap tugas tanpa menggunakan kertas lagi. Kegiatan ini membuat pembelajaran menjadi lebih efektif terlebih lagi guru dan siswa bisa setiap saat bertatap muka melalui kelas online Aplikasi Google Classroom. Dan juga siswa nantinya dapat belajar, menyimak, membaca, mengirim tugas, dari jarak jauh. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui keefektifan penggunaan aplikasi google classroom sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran selama pandemi Covid 19 di SMKN 3 Palangka Raya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kuantitatif. Sampel penelitiannya adalah siswa kelas XI di SMKN 3 Palangka Raya tahun pelajaran 2021/2022 sebanyak 340 yang berjumlah 62 orang. Data diperoleh dengan menggunakan angket penelitian. Teknik analisis data menggunakan uji persentase.
Berdasarkan hasil penelitian maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran selama pandemi covid 19 sudah efektif dengan 39 siswa kelas XI di SMKN 3 Palangka Raya tahun pelajaran 2021/2022 atau sebesar 63,0% setuju bahwa penggunaan google classroom sebagai media pembelajaran dalam pembelajaran selama pandemi covid 19 sudah efektif digunakan.