PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA KAHOOT TERHADAP HASIL BELAJAR ANIMASI SISWA SMK KARSA MULYA PALANGKA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.37304/jtekpend.v5i1.19229Keywords:
Media Kahoot, Hasil BelajarAbstract
Menjawab tantangan pembelajaran berbasis digital maka diperlukan sebuah media belajar berbasis digital yang dapat meningkatkan performa belajar siswa. Media belajar berbasis multimedia yang menarik dari audio maupun visualnya. Selain audio dan visual yang merangsang panca indra siswa, media belajar tersebut juga harus bersifat interaktif yang mengedepankan kerjasama, komunikasi dan interaksi antar siswa sehingga pembelajaran lebih powerful. Media pembelajaran Kahoot ini dirasa tepat digunakan karena ketika proses belajar berlangsung akan ada dimana siswa merasa tidak tertarik dengan media pembelajaran yang digunakan oleh guru. Biasanya guru hanya melakukan suatu pembelajaran yang monoton sehingga proses belajar yang dialami oleh siswa menjadi jenuh dan akhirnya akan berpengaruh terhadap perolehan hasil belajar siswa. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar animasi siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya.
Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Sampel penelitian ini adalah siswa Kelas XI Multimedia A SMK Karsa Mulya Palangka Raya tahun pelajaran 2023/2024berjumlah 33 orang. Penelitian ini menggunakan instrumen untuk mengumpulkan data, yaitu tes. Teknik analisis data yang digunakan menggunakan uji t Sampel Paired Test.
Berdasarkan hasil penelitian diperoleh bahwa terdapat pengaruh penggunaan media Kahoot terhadap hasil belajar animasi Siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Berdasarkan hasil analisis dengan menggunakan program SPSS diperoleh nilai uji thitung sebesar Sig 0,000 < 0,05. Maka berdasarkan kriteria pengujian dapat dikatakan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima, yang berarti bahwa penggunaan media Kahoot berpengaruh terhadap hasil belajar animasi Siswa SMK Karsa Mulya Palangka Raya.