ARTIKEL JURNAL HUBUNGAN ANTARA KARAKTERISTIK BELAJAR DENGAN PRESTASI BELAJAR INFORMATIKA PADA SISWA KELAS X SMK NEGERI 4 PALANGKA RAYA TAHUN PELAJARAN 2022/2023

Tan Juan Charolina 1), Nani Setiawati 2), Beta Centauri 3)

Authors

  • Tan Juan Charolina Universitas Palangka Raya
  • Beta Centauri Universitas Palangka Raya
  • Nani Setiawati Universitas Palangka Raya

DOI:

https://doi.org/10.37304/jtekpend.v3i1.7724

Abstract

Karakteristik belajar merupakan faktor yang cukup penting bagi keberhasilan seorang siswa dalam proses pembelajaran. Serta karakteristik belajar inilah yang menentukan apakah siswa tersebut menjadi siswa yang baik atau sebaliknya. Siswa yang memiliki kepribadian yang tidak baik, misalnya sering terlambat masuk kelas, kurang aktif dalam proses pembelajaran, tidur ketika guru menyampaikan materi, biasanya memiliki prestasi belajar yang kurang baik. Karakteristik belajar merupakan salah satu faktor yang berpengaruh pada prestasi belajar siswa yang berasal dalam diri siswa. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara karakteristik belajar dengan prestasi belajar Informatika pada siswa Kelas X SMK Negeri 4 Palangka Raya tahun pelajaran 2022/2023.

Penelitian ini merupakan metode deskriptif dengan jenis korelasional. Sampel penelitiannya adalah siswa Kelas X SMK Negeri 4 Palangka Raya sebanyak 65 orang siswa. Data didapatkan dari angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis korelasi.

Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa ada hubungan antara karakteristik belajar dengan prestasi belajar Informatika pada siswa Kelas X SMK Negeri 4 Palangka Raya tahun pelajaran 2022/2023, yang ditunjukkan oleh koefisien korelasi sebesar 0,730 lebih besar dari nilai rtabel 0,244. Hal ini menunjukkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara karakteristik belajar dengan prestasi belajar Informatika. Artinya semakin baik karakteristik belajar siswa semakin tinggi prestasi belajar Informatika yang diperoleh oleh siswa.

Downloads

Download data is not yet available.

Downloads

Published

2023-01-25

Most read articles by the same author(s)